Project Astoria: Membuat Aplikasi Windows dari Android Apps

Microsoft menggemparkan developer dengan memberikan tools untuk memporting aplikasi Android ke Windows Store, dan tools ini dinamakan dengan “Project Astoria”.

 

Untungnya Bagi Developer Android…

Project Astoria memungkinkan developer Android untuk memporting aplikasi Android mereka menjadi Universal Apps dengan sangat mudah. Microsoft menjamin bahwa aplikasi yang diporting hanya memerlukan sedikit saja perubahan code dan seminimal mungkin effort dari developer.

Bagi developer ini akan memperluas pangsa pasar aplikasi mereka, apalagi Windows 10 bakal berjalan di semua jenis device mulai dari PC, laptop, tablet, smartphone, IoT, Hololens, hingga Xbox.

Aplikasi mereka pun berpotensi laris manis mengingat pengguna Windows bisa membeli aplikasi di Windows Store dengan mudah melalui sistem potong pulsa.

 

Untungnya bagi pengguna Windows…

Project Astoria: Membuat Aplikasi Windows dari Android Apps

Setelah Windows 10 dirilis dan banyak developer berbondong-bondong memporting aplikasi mereka ke Windows Store, maka gap aplikasi antara Windows dan Android berakhir sudah.

Tidak ada lagi cibiran “Windows Phone minim aplikasi, store nya kosong melompong…” seperti yang sering dilontarkan oleh pengguna OS lainnya terhadap kita.

 

Seperti inilah Project Astoria..

Lihat saja video teaser Project Astoria berikut ini, kamu bakal menemukan bahwa aplikasi Android bisa berjalan dengan experience yang sama di Windows Phone. Proses porting dari Android Apps ke Windows Universal Apps juga bisa dilakukan dengan sangat simple:

 

Bye-bye App Gap…

Project Astoria: Membuat Aplikasi Windows dari Android Apps

Dengan kombinasi antara Windows 10 dan Project Astoria ini, maka bisa dipastikan app gap (selisih jumlah aplikasi antara Windows Phone dan Android / iOS) bakal berangsur-angsur menghilang. Yup, tidak lama lagi jumlah aplikasi di Windows Store bakal melimpah seperti yang dimiliki oleh store OS lainnya.

Congrats buat semua pengguna Windows dan Windows Phone device!

via project astoria

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.