via Pocket-lint

Saat ini Qualcomm bukan hanya fokus untuk mengembangkan chip di smartphone saja, karena beberapa tahun ke belakang mereka juga mulai menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk menyediakan chip bagi laptop Windows.

Nah, ketika event Qualcomm Summit 2021 berlangsung, mereka meresmikan dua varian chip baru yakni satu chip kelas flagship yang mereka namai Snapdragon 8cx Gen 3 dan satunya lagi adalah chip kelas midranger yakni Snapdragon 7c+ Gen 3.

Qualcomm tampaknya masih malu-malu untuk mengungkapkan detail dari chip Snapdragon 8cx Gen 3. Hanya saja mereka menjelaskan bahwa ini merupakan chip 5 nm pertama di dunia untuk perangkat Windows — 8cx Gen 1 dan Gen 2 merupakan chip 7 nm. Gak cuma itu, chip baru ini kabarnya menawarkan peningkatan besar-besaran hnigga 85% dalam kinerja multi-core dibandingkan dengan pendahulunya, beserta peningkatan sebesar 60% dalam kinerja GPU. Selain itu, NPU juga sudah ditingkatkan dan sekarang menawarkan 29 TOPS atau tiga kali lipat dari apa yang dapat dikelola oleh generasi chip sebelumnya.

Snapdragon 8cx Gen 3 juga memanfaatkan banyak kemajuan yang dibuat dalam chip smartphone, termasuk modem yang sudah mendukung koneksi 5G. Agar sektor konektivitas makin mantap, Qualcomm juga kabarnya memberikan dukungan Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E di chip Snapdragon 8cx Gen 3.

Sedangkan untuk Snapdragon 7c+ Gen 3, ini merupakan chip yang ditujukan untuk laptop Windows yang terjangkau. Dibuat dengan proses 6 nm, chip ini menawarkan peningkatan kinerja yang terbilang signifikan dibandingkan dengan pendahulunya — CPU 60% lebih cepat dan GPU 70% lebih cepat. Sedangkan untuk untuk NPU, Qualcomm hanya memberikan 6,5 TOPS atau hanya peningkatan minor jika dibandingkan pendahulunya yang memperoleh 5 TOPS.

Sama halnya seperti chip Snapdragon 8cx Gen 1, chip ini juga sekarang sudah mendukung koneksi 5G dengan modem X53, yang mana dapat memberikan kecepatan downlink hingga 3,7 Gbps serta sudah mendukung Wi-Fi 6E juga loh!

Menurut informasi yang disampaikan langsung oleh Qualcomm, laptop Windows 11 pertama dengan Snapdragon 8cx Gen 3 dan 7c+ Gen 3 setidaknya baru akan keluar pada paruh pertama tahun 2022.

So, untuk informasi yang lebih lengkap, mari kita nantikan saja beberapa waktu ke depan dan pastikan kamu nantikan informasi lengkapnya cuma di WinPoin.

  ⚡️ 1 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy A03 RESMI Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.