Lenovo-Windows-Phone

Pada artikel sebelumnya tentang kerjasama Microsoft dengan Xiaomi untuk pengujian Windows 10, WinPoin sempat menyinggung rumor bahwa Asus dan Lenovo dikabarkan tertarik untuk membuat perangkat Windows Phone. Untuk Lenovo, hal ini bukan lagi sekedar rumor karena Vice President dari Grup Lenovo sekaligus General Manager, Fuyao Tong, menyatakan bahwa perangkat Windows Phone Lenovo akan tersedia pada pertengahan tahun 2015 ini.

Dalam wawancaranya dengan China Mobile, Fuyao Tong menyatakan, “Sebagai pemimpin di bidang manufaktur PC seluruh dunia, kami senang bermitra dengan Microsoft dan dengan bangga akan menghadirkan Windows 10 kepada pelanggan kami berdua. Kami juga sangat senang mengumumkan bahwa Lenovo akan bergabung dengan ekosistem Windows Phone dengan perangkat pertama kali di pertengahan 2015 ini.”

Microsoft memang akhir-akhir ini tampak mendekati dan memanjakan Cina. Seolah menutup mata bahwa di negara tersebut OS Windows paling banyak dibajak, Microsoft justru mengumumkan akan memberikan upgrade secara legal dan gratis kepada pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 di Cina.

Sikap ‘memanjakan’ Microsoft juga tampak pada upaya Microsoft bekerjasama dengan Xiaomi untuk melakukan pengujian Windows 10 di ROM khusus Android yang nantinya dapat digunakan oleh para fans loyal Xiaomi. Selain itu, Microsoft juga memperkenalkan teknologi terbaru yang nantinya akan digunakan di Windows 10, Microsoft Hello, yaitu sistem autentikasi pengguna secara biometrik melalui wajah, retina, dan sidik jari – Untuk pertama kalinya adalah pada perangkat Lenovo ThinkPad Yoga 15.

Ini menunjukkan bahwa daratan Tiongkok memang memiliki posisi spesial dalam hubungan bisnis dengan Microsoft.  Kemitraan dengan Lenovo dan Xiaomi ini kemungkinan juga bisa diikuti oleh perusahaan lainnya, karena memang Microsoft tengah berupaya memperluas jaringan OEM miliknya, terutama melalui produsen-produsen smartphone di Cina yang memang memiliki posisi teratas di tingkat dunia.

Oh, mungkin saatnya Huawei untuk menjilat ludah dan kembali bermitra dengan Microsoft? :D

 

 

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.