Home Accessories Review : Andromax M3Y (Kecepatan, Stabilitas, dan Biaya)

Review : Andromax M3Y (Kecepatan, Stabilitas, dan Biaya)

1 tahun sudah berlalu dan sayapun sudah mulai bosan dengan ketiga modem smartfren saya seperti Andromax M2P, Andromax M2Y, serta Andromax M2S yang terlihat mulai loyo dengan aktifitas saya selama 24 jam tanpa henti.

Akhirnya hari Rabu kemarin tepatnya pada tanggal 27 Juli 2016 Smartfren merilis MIFI terbarunya yaitu Andromax M3Y dan M3Z. Kedua MIFI ini sudah dijual secara resmi di seluruh galeri Smartfren yang ada di Indonesia. Jadi jika kalian ingin mendapatkannya silahkan beli ke galerinya tanpa menunggu spanduknya terbit.

Kebetulan saat ini yang saya dapatkan adalah Andromax M3Y, bukan karena saya tidak mau membeli yang Andromax M3Z tapi memang hanya itu yang tersedia di galeri Smartfren daerah Sunset Road, Bali.

 

Paket Pembelian Andromax M3Y

Review : Andromax M3Y (Kecepatan, Stabilitas, dan Biaya)

Hampir sama dengan paket pembelian seri MIFI generasi sebelumnya, paket pembelian dari Andromax M3Y ini masih sama seperti charger, kabel data, buku panduan, garansi, dan separangkat MIFI.

Tapi ada yang berbeda dari seri sebelumnya dimana kabel datanya berbentuk pipih seperti bentuk kwetiau kesukaan saya, lalu ditambah bobot perangkatnya yang terasa agak berat dibanding generasi sebelumnya.

Untuk spesifikasinya bisa dilihat detailnya :

  • Modem WiFi LTE Cat4
  • Chipset Qualcomm MDM 9307
  • Mendukung WiFi 2.4 Ghz
  • Mendukung sampai dengan 32 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan
  • Mendukung Mobile WiFi App untuk penyetelan lebih ringkas
  • Fungsi Wireless Storage, berbagi musik, video dan file lainnya melalui koneksi WiFi
  • MicroSD slot, support up to 32GB
  • Baterai 3000mAh

Perbedaan Andromax M3Y maupun M3Z dengan Andromax MIFI generasi sebelumnya hanya terletak di kapasitas baterai dan penggunaan chipset yang katanya lebih bagus dibanding generasi sebelumnya.

Kecepatan & Stabilitas

speedtest-andromaxm3y1

Sesuai dengan apa yang saya perkirakan, meskipun spesifikasi penggunaan chipset Andromax M3Y berbeda dengan generasi sebelumnya. Tetap saja kecepatan yang diterima oleh MIFI ini masih sama dengan MIFI saya yang sebelumnya.

Namun terdapat sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan Andromax M2P & Andromax M2S dalam hal stabilitas, dimana koneksi yang dibawa oleh Andromax M3Y ini jauh lebih stabil dibanding Andromax M2P & Andromax M2S.

Tetapi saya belum berani mengatakan bahwa ini benar karena menurut pengalaman menggunakan kedua MIFI tersebut stabilitasnya akan berkurang jika modem telah digunakan dalam waktu yang cukup lama atau kurang lebih diatas 3 bulan.

 

Biaya Pembelian Andromax M3Y & Paket Terbaru

Jika kamu membeli Andromax M3Y maupun seri Andromax lainnya, kamu diharuskan untuk membeli paket terbaru seharga Rp.300.000 yang berisi paket data 30GB selama 1 bulan. Setelah itu kamu bisa mendapatkan modem ini secara gratis, ya gratis cuman paketnya aja yang bayar.

Sisanya ya tetap kamu akan membeli Paket Volume Based seperti biasa yang tarifnya kurang lebih seperti dibawah ini :

Review : Andromax M3Y (Kecepatan, Stabilitas, dan Biaya)

Jika kamu ingin membeli paket seharga Rp. 300.000 tersebut, kamu bisa membelinya dengan langsung datang ke galeri smartfren atau lewat ATM menggunakan pulsa, maka kamu akan mendapatkan kuota 18GB + 12GB internet malam untuk download film dengan masa aktif 30 hari.

 

Kesimpulan

Menurut saya sebagai pengguna smartfren yang sebenarnya terpaksa menggunakannya karena tidak adanya jaringan telkom maupun biznet yang lewat dirumah saya, Andromax M3Y ini bisa dibilang layak untuk di beli meskipun paketnya agak mahal.

Terlebih jaringan 4G smartfren di Indonesia hampir merata meskipun tentu ada blank spot di beberapa titik karena kondisi geografis di daerah kita yang sangat bervariasi.

Bagaimana, apakah kamu tertarik membelinya atau malah terpaksa membelinya karena alasan yang sama seperti saya?

Bagikan pendapat kamu disini

Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.