Sekitar lebih dari satu bulan ini saya mulai menggunakan Chromium Browser versi yang Ungoogled, dimana versi ini adalah versi yang tidak membawa layanan Google didalamnya, termasuk sync dan fitur lainnya, namun untuk fitur utamanya masih sama dan saya rasa ini adalah browser tercepat yang pernah saya gunakan hingga sekarang.

Nah jika kamu penasaran, mari silahkan disimak review dan ulasan singkat saya mengenai Chromium Browser Versi Ungoogled ini.

Instalasi

Untuk Instalasinya, kamu bisa mendownload versi Installer atau Archive, saya sendiri lebih suka menggunakan versi Archive yang portable sehingga kita bisa menyimpan file Chromium browser di Drive terpisah.

Untuk link download Chromium Browser, kamu bisa masuk ke Link berikut. Disana nanti akan ada dua versi, yaitu Sync yang berisi layanan Google didalamnya, dan Ungoogled yang benar benar sangat mendukung privacy pengguna.

Fitur

Fitur yang dihadirkan sendiri kurang lebih untuk versi Ungoogle ini lebih simle, dimana tidak banyak fitur yang dihadirkan, dan kurang lebih fitur yang diberikan Google sendiri di Chromium browser dapat dikatakan tidak ada.

Dengan hal tersebut, tentu menjadikan browser ini lebih cepat dan lebih minimalis dalam hal penggunaan resource perangkat.

Namun secara keseluruhan, browser ini dapat digunakan sehari hari, baik untuk bekerja, belajar, dan lainnya. Satu saja kekurangan browser ini menurut saya, dimana kita tidak bisa melakukan share screen ketika kita melakukan Google Meet, jika selain itu aman aman saja kok dan saya tidak mendapati keluhan apapun.

Performa

Untuk performanya, jika dibandingkan dengan Microsoft Edge dan Firefox, untuk performa rasanya cukup terasa banget perbedaannya, dimana Chromium Browser Ungoogled ini rasanya lebih cepat ketika dibuka dengan penggunaan resource yang seminimal mungin.

Ketika artikel ini ditulis, saya sedang membuka 20 tab, dengan 5 ekstensi aktif, dimana dengan itu Chromium Browser ini hanya memakan sekitar 1.8 Gb saja.

Selain itu satu hal yang sangat saya suka dari Chromium Browser Ungoogled ini, dimana ketika kita membuka Video Youtube secara full screen, animasi perpindahan ke Full Screen tersebut tidak terasa laggy dan lambat seperti di Google Chrome (setidaknya di Laptop saya ya).

Dukungan Ekstensi

Kamu bisa mendownload dan menginstall ekstensi di Chromium Browser versi Ungoogled ini, namun instalasi / update harus kamu lakukan secara manual, dimana kamu bisa mendownload ekstensi dari https://chrome.google.com/webstore/category/extensions, kemudian drag n drop file crx / file ekstensi yang telah didownload sebelumnya ke url chrome://extensions/.

Kelebihan Utama

Yang pasti, Chromium Browser versi Ungoogled ini menawarkan privacy yang lebih baik, karena ini benar benar Chromium Browser sejati, bukan dengan embel embel Based on chromium browser seperti Google Chrome dan Microsoft Edge Chromium.

Selain itu, tidak ada service update update yang berjalan di Background dan Services seperti Google Chrome yang menjadikan browser ini tidak membuat lambat system pengguna. Jika kamu pengguna Google Chrome, kamu mungkin mengetahui bahwa ada service Google Update yang hadir ketika kamu menginstal Google Chrome, dan tidak semua pengguna suka dengan hal tersebut, karena memang service tersebut dalam sedikit mengurangi performa perangkat, terlebih ketika proses Startup berlangsung.

Secara umum, kelebihan Chromium Browser Ungoogled ini menawarkan Privacy, Control dan Transparansi yang lebih baik.

Kekurangan

Selain kekurangan yang telah saya sebutkan diatas, dimana kita tidak bisa melakukan share screen ketika sedang melakukan Google meet, terkadang Chromium browser juga dianggap browser virus, karena memang browser ini adalah browser Open Source dan sering kali versi yang didownload pengguna diluar dari situs resminya berisi malware yang telah dimasukkan kedalam browser.

Sehingga dengan itu, ada baiknya pengguna memperhatikan dimana pengguna mendapatkan Chromium Browser tersebut, apakah bawaan dari Installer aplikasi yang menawarkan Chromium Browser, atau dari situs resminya, jika itu Chromium browser tersebut adalah malware, biasanya browser tersebut sulit dihapus.

Selain itu, karena browser ini tidak memiliki fitur auto update, kita juga harus mendownload versi terbaru secara manual dan mereplace seluruh file browser yang telah kita gunakan sebelumnya. Tenang kok, data browser tidak akan hilang karena memang user data akan tersimpan di C:\Users\gylan\AppData\Local\Chromium\User Data.

Dan jika kamu ingin melakukan sync history, password dan lainnya, sayangnya versi Ungoogled ini tidak mendukung hal tersebut, namun jika kamu masih bersikeras ingin menggunakan Chromium Browser dibandingkan Google Chrome, menggunakan versi Sync dapat kamu coba sebagai alternatif.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan singkat saya diatas, selama lebih dari 1 bulan ini saya menggunakan Chromium Browser versi Ungoogled ini, semuanya berjalan normal tanpa ada masalah, bahkan saya sangat suka, karena browser ini lebih cepat dibandingkan browser lain yang pernah saya coba sebelumnya.

Selain kekurangan yang telah saya sampaikan, saya tidak mendapati keluhan apapun dengan browser ini, bahkan artikel yang saya tulis sejak bulan Maret 2022 kemarin, saya tulis di Chromium Browser versi Ungoogled ini.

Lalu untuk siapa browser ini?

Nah jika kamu ingin menggunakan Google Chrome yang lebih ramah privacy dan lebih cepat, maka kamu bisa menggunakan Chromium Browser Ungoogled ini, namun tentu pastikan kamu mendownload Chromium Browser ini dari sumber aslinya, agar mendapatkan keamanan yang maksimal, kamu bisa mendownload Chromium Browser dari halaman berikut.

Oh iya, browser ini juga tersedia versi Stable builds, Development atau beta builds, Canary builds, dan Development builds (official repository), selain itu browser ini juga tersedia untuk Windows, Linux, Mac dan Android, jadi silahkan saja kamu coba guys.

Beberapa pembaca WinPoin juga ternyata ada cukup banyak yang menggunakan Chromium Browser, sebut saja Reno sifana paksi dan James, selain itu apakah kamu juga pengguna Chromium Browser? komen dibawah guys.

Catatan : Artikel ini hanya berdasarkan pendapat saya selama menggunakan Browser ini, jika ada perbedaan pendapat dan hal lainnya, semuanya boleh berkomendat dibawah guys. Terima kasih.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.