Home Editorial Review Internet : MyRepublic – Harga, Kecepatan, dan Stabilitas

Review Internet : MyRepublic – Harga, Kecepatan, dan Stabilitas

review-internet-myrepublic-harga-kecepatan-dan-stabilitas-1

Dikarenakan penggunaan MiFi Andromax-M2Y yang sangat intens pada Laptop dan perangkat Mobile (Lumia 535 dan iPhone 5s), membuat saya berfikir untuk upgrade ISP yang lebih mempuni.

Alhasil berhubung daerah saya baru-baru ini sudah tercover dengan koneksi Fiber, tentunya saya tidak melewatkan kesempatan ini untuk langsung coba berlangganan. Sebenarnya saya diberikan 2 pilihan yaitu IndiHome dan MyRepublic, tetapi karena testimoni dari beberapa teman yang menggunakan MyRepublic, membuat saya menjatuhkan pilihan ke MyRepublic.

Nah setelah beberapa minggu penggunaan, tiba saatnya bagi saya untuk melakukan testimoni/review MyRepublic ke reader WinPoin.

Pendaftaran

Seperti biasa, untuk pendaftaran sendiri bisa mengunjungi cabang MyRepublic terdekat. Tetapi berhubung daerah saya baru tercover MyRepublic, maka mereka melakukan promosi dengan membangun booth didepan komplek. Alhasil pendaftaran bisa dilakukan dengan mudah.

Hanya perlu mencantumkan alamat rumah, nomor NIK KTP, dan nomor yang bisa dihubungi. Maka hanya tinggal menunggu teknisi datang.

Harga Paket MyRepublic

Terdapat 5 paket yang ditawarkan, masing-masing tentunya memiliki kecepatan download dan upload yang berbeda-beda. Diantaranya:

  1. BASIC : Dengan 50Mbps download dan 25Mbps upload.
  2. GAMERX : Dengan 50Mbps download dan 50Mbps upload.
  3. NOVA : Dengan 100Mbps download dan 50Mbps upload.
  4. GAMER : Dengan 150Mbps download dan 150Mbps upload.
  5. SUPERNOVA : Dengan 300Mbps download dan 150Mbps upload.

review-internet-myrepublic-harga-kecepatan-dan-stabilitas-2

Saya sendiri mengambil paket Nova, dengan pertimbangan memang hanya saya saja dirumah yang akan menggunakannya. Dan juga mereka juga menawarkan promo gratis Smart TV selama 6 bulan.

Pemasangan / Paket yang Didapat

Setelah 2 hari menunggu (terhitung saya daftar pada Sabtu sore), akhirnya teknisi MyRepublic datang ke rumah. Isi paket sendiri diantaranya adalah, Access Point dan HD Entertainment Box.

review-internet-myrepublic-harga-kecepatan-dan-stabilitas-5

Pemasangannya pun dilakukan secara cepat dan ringkas. Jadi kurang lebih sekitar 45 menit, maka semua perangkat yang ada sudah terpasang dan koneksi Internet sudah bisa dinikmati. Tapi itupun tergantung pada kondisi interior rumah, jika semakin kompleks keadaan interior rumah (seperti tata letak perabotan, dinding dan posisi dimana access point ingin diletakan) maka pemasangan juga akan lama.

Ohh yaa jika kamu menanyakan tentang biaya pemasangan, kebetulan saya tidak mendapatkan pungutan biaya sama sekali (mungkin bisa memberikan tip, minumuan, kopi ataupun gorengan pada teknisi seperti yang saya lakukan sebagai tanda terima kasih). Jadi nantinya kamu hanya diperlukan untuk langsung membayar tagihan bulan pertama, dengan nominal sesuai dengan paket yang dipilih.

Kecepatan & Stabilitas

review-internet-myrepublic-harga-kecepatan-dan-stabilitas-4

Karena menggunakan kabel Fiber, tentunya kecepatan yang diberikan sangat memuaskan dan sesuai dengan apa yang tertera pada penawaran paket.

review-internet-myrepublic-harga-kecepatan-dan-stabilitas-3

Browsing, streaming, dan download tentunya juga terasa sangat cepat. Misalnya saja ketika saya download Build Windows 10 terbaru atau saat update iOS yang hanya memakan waktu sekitar 10-15 menit saja.

MyRepublic Entertainment Bundle

Seperti yang saya katakan tadi, bahwa saya juga mendapatkan paket bundling berupa gratis menikmati channel luar selama 6 bulan sejak pemasangan. Tetapi setelah promo 6 bulan habis, kamu diberikan pilihan untuk ingin melanjutkan langgangan SmartTV atau tidak.

review-internet-myrepublic-harga-kecepatan-dan-stabilitas-2

Jadi kamu bisa tidak melanjutkannya jika tidak ingin. Seperti saya yang akhirnya jadi berdampingan antara MyRepublic dan Indovision. Meskipun sebenarnya kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik karena menggunakan kabel HDMI.

Metode Pembayaran

Ada beberapa metode pembayaran yang bisa kamu pilih, bisa lewat mini market seperti Indomaret, Alfamart atau Ceriamart. Atau bisa juga dengan melalui Virtual Account BCA atau Mandiri.

Jika melalui mini market, kamu hanya perlu bilang “Mba/mas, saya ingin membayar tagihan internet MyRepublic” (atau semacamnya, itukan cuman contoh :3), selanjutnya tinggal perlu menunjukan nomor customer ID yang tertera pada surat serah terima perangkat.

review-internet-myrepublic-harga-kecepatan-dan-stabilitas-4

Coverage Area

Sayangnya untuk coverage area, MyRepublic belum mencakup banyak daerah. Alasannya tentu karena jaringan kabel Fiber yang belum merata dan hal ini juga dialami pada ISP lain yang juga berbasis FTTH seperti IndiHome, Biznet, First Media, dll.

Jadi jika kamu tertarik untuk menggunakan MyRepublic, hal pertama yang perlu dipastikan adalah cek apakah daerah kamu tercover apa tidak. Caranya cukup kunjungi halaman ini, lalu masukan alamat kamu.

Kesimpulan

Kesimpulannya jika kamu pengguna internet yang intens dan daerah kamu sudah tercover jaringan fiber, merupakan langkah yang tepat untuk mencoba berlangganan koneksi fiber seperti MyRepublic.

Meskipun begitu disamping MyRepublic, saya pribadi juga masih membutuhkan MiFi Andromax-M2Y jika sedang berada diluar rumah. Kenapa?, karena yaa tentu kebebasan kita browsing dengan koneksi cepat ini hanya sebatas dirumah saja, jika sudah diluar rumah…, yaa tentunya kita harus menggunakan koneksi lain yang menunjang. Maka dari itu Andromax masih saya pertahankan, karena juga memiliki coverage yang mendukung di sebagian besar daerah di Indonesia.

Ohh yaa, jika kamu sudah menggunakan MyRepublic, kamu bisa membagian pengalaman kamu dibawah ini atau juga bisa sedikit ‘pamer’ koneksi internet hehe.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.