Home Phone Review Kamera Lumia 930

Review Kamera Lumia 930

Mungkin review ini sudah basi karena Lumia 930 sudah sangat lama dirilis dan sudah terlalu banyak review yang beredar terhadap kamera Lumia 930 ini. Namun berhubung saya baru diberi Lumia 930 beberapa waktu yang lalu, saya ingin mereview sesuai dengan pengalaman saya.

Review Kamera Lumia 930

Lumia 930 bisa disebut sebagai smartphone dengan kamera terbaik saat ini jika dilihat dari berbagai sisi. Review ini murni dari pengalaman saya dalam menggunakan Lumia 930 untuk keperluan fotografi mobile. Akan ada beberapa yang saya review, diantaranya spesifikasi, kinerja, hingga hasil akhir foto atau video yang dihasilkan.

Spesifikasi dan Hardware

Diambil dari situs Microsoft, spesifikasi dari kamera Lumia 930 adalah sebagai berikut

Review Kamera Lumia 930

Dari gambar tersebut terlihat bahwa secara teori, kualitas kamera Lumia 930 sangat bagus. Resolusi 20MP, Ukuran sensor 1/2.5 inchi, bukaan f/2.4, dual LED, stabilisasi optik, dan teknologi PureView membuatnya patut diperhitungkan sebagai smartphone kamera papan atas. Tidak ketinggalan juga dengan kualitas kamera depan dan rekaman video yang mampu merekam video dengan kualitas tinggi.

Kinerja

Lumia 930 dilengkapi dengan prosesor Quadcore 2.2 Ghz dan RAM 2GB. Untuk sebuah perangkat Windows Phone, spesifikasi ini termasuk yang terbaik di kelasnya. Buktinya, kamera di Lumia 930 bisa terbuka dengan cepat. Berbeda dengan Lumia 620 saya yang jadul, menekan tombol kamera selalu ada acara “Loading” dulu. Di Lumia 930, sekali tekan tombol kamera, maka kamera langsung terbuka seketika itu juga.

Unit pemroses gambarnya juga terbilang cepat. Berbeda dengan Lumia 1020 yang (katanya) lambat dalam memproses gambar yang sudah diambil, Lumia 930 memproses gambar dengan sangat cepat. Bahkan gambar bisa diproses di latar belakang. Jadi kita bisa mengambil banyak gambar tanpa harus menunggu proses suatu gambar selesai terlebih dahulu.

Fokus berkelanjutan

Fitur yang satu ini adalah fitur yang cukup unik. Fokus yang terus berkelanjutan ini sangat praktis. Kita tidak perlu mengatur titik fokus dengan sentuhan, atau menggunakan fokus manual. Fitur ini sangat praktis dan berguna untuk merekam video dengan objek yang jaraknya selalu berubah-ubah. Namun kecepatan dalam mengatur fokus sedikit lambat, dan jika dibandingkan dengan iPhone 6, maka Lumia 930 ini jauh kalah cepat.

Setting Auto

Setting auto yang diberikan oleh pengaturan kamera hanya pengaturan Flash dan Rich Capture. Dengan kombinasi rich capture dan flash, kita bisa mengambil gambar dan pada akhirnya bisa diedit. Bila flash menyala, maka mode edit adalah Dynamic Flash. Bila flash mati, maka mode edit adalah HDR. Setting auto cocok untuk mengambil gambar secara cepat dan praktis, serta editing yang cepat dan mudah dengan rich capture.

Review Kamera Lumia 930

Setting Manual

Untuk mengambil gambar dengan teknik tertentu, seperti bulb dan low light, maka gunakan setting manual untuk mendapatkan hasil terbaik. Setting manual dalam kamera Lumia bisa dibilang sangat bagus. Kita bisa mengatur banyak sekali pengaturan manual mulai dari Brightness, Shutter Speed, ISO, Fokus, White Balance, dan Flash secara langsung dan cepat. ISO yang didukung adalah 100 hingga 3200. Shutter speed yang didukung adalah hingga 4 detik. Dengan demikian, mengambil gambar Bulb bisa dilakukan dengan mudah.

Review Kamera Lumia 930

Foto

Hasil Foto yang dihasilkan oleh Lumia 930 dengan settingan Auto cenderung natural. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, aktifkan Rich Capture. Kita bisa mengedit gambar dengan Rich Capture. Misalnya mengambil gambar pemandangan, kita bisa menggunakan mode HDR untuk menghasilkan gambar yang lebih baik.

Review Kamera Lumia 930

Untuk setting manual, hasilnya tentu sangat beragam. Hal ini karena kita yang memegang kontrol kamera secara penuh, sehingga bisa menentukan sendiri hasil gambarnya. Misalnya pemandangan pagi hari yang kekuningan namun mengambilnya dengan white balance tungsten, tentu hasilnya akan berbeda dari kenyataannya.

wp_ss_20160208_0010

Review Kamera Lumia 930

Namun secara keseluruhan, hasil gambar dari Lumia 930 adalah warnanya natural, detail tinggi, dan rendah noise.

Video

Video yang dihasilkan dari Lumia 930 juga luar biasa. Dengan update Denim terbaru, kita akan langsung mendapatkan fitur untuk merekam video dengan resolusi 4K. Dengan video 4K, selain warna yang lebih natural, juga tentu akan menampilkan detil yang sangat tinggi. Ditambah lagi dengan adanya stabilisasi optik, membuat video yang direkam menjadi sangat stabil. Jadi secara keseluruhan, video yang dihasilkan Lumia 930 sangat natural, detil tinggi, dan stabil.

Gimana menurutmu?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia