Home Accessories Review Lofree Dot — Keyboard Mekanik Bluetooth Bergaya Vintage

Review Lofree Dot — Keyboard Mekanik Bluetooth Bergaya Vintage

Opsi bluetooth yang langka pada sebuah keyboard mekanik

Saya pernah membahas tentang apa itu keyboard mekanik serta mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakannya, selain itu saya juga pernah memberikan berbagai tips tentang keyboard mekanik. Nah, karena banyak digunakan untuk gaming, salah satu ciri khas keyboard mekanik beberapa tahun yang lalu adalah: pasti berkabel. Alasannya, kabel dapat lebih ‘pasti’ mengantarkan sinyal listrik sehingga memastikan akurasi tombol yang kamu tekan. Dengan alasan yang sama, sebagian besar mouse gaming berkualitas bagus juga berkabel. Namun seiring perkembangan teknologi, para produsen mulai memiliki ‘keberanian’ (yang sama dengan sebuah perusahaan teknologi raksasa meniadakan headphone jack) untuk mencoba membuat keyboard mekanik yang tetap akurat dan nyaman digunakan, meskipun menggunakan koneksi Bluetooth.

Lofree adalah salah satu manufaktur yang dengan berani ‘mengawinkan’ portabilitas keyboard Bluetooth dengan kenyamanan dan rasa khas keyboard mekanik. Mengawali produksinya melalui sebuah proyek di Indiegogo, Lofree kini tidak hanya memproduksi keyboard mekanik, tapi juga beberapa produk lain seperti audio dengan sentuhan vintage. Klasik dan vintage nampaknya menjadi kata kunci bagi produsen yang satu ini untuk produk-produknya.

Tertarik akan keunikan produk Lofree, saya mencoba membeli satu keyboard mekanik bluetooth Lofre Dot, dan berikut kesan-kesan saya terkait periferal ini.

 

Layout dan Switch

Pertama kali membuka keyboard ini, kesan unik dan vintage langsung terpancar. Inspirasi Lofree dalam membuat keyboard tersebut memang adalah mesin ketik yang membawa kita pada nostalgia masa lalu, saat mesin ketik masih menjadi bagian perangkat kantor sehari-hari. Keycaps milik Lofree didesain bulat (mirip dengan keycaps mesin ketik) terpasang di atas board yang terkesan premium. Bahan dasarnya sebenarnya adalah polycarbonate, namun didesain dengan aksen lapisan gelas yang menjadikannya terlihat sangat indah.

Untuk lebih mengukuhkan kesan ‘mesin ketik’, Lofree memasangkan Gateron blue switch yang memiliki suara khas seperti mesin ketik zaman dulu. Saya pribadi adalah penggemar Cherry MX switch, namun sepertinya saya tidak keberatan dengan citarasa gateron yang lebih ringan saat ditekan dibandingkan Cherry MX Blue yang sering saya gunakan.

Untuk pengguna Mac, sepertinya kamu akan cepat familiar dengan keyboard ini karena layout dasarnya adalah seperti keyboard milik Mac. Ciri khas layout ini adalah tombol fn yang terletak di sudut kiri bawah – Pengguna Windows pasti seringkali kagok dan jari seringkali ‘mengira’ bahwa itu adalah tombol Ctrl. Meskipun demikian, Lofree Dot Keyboard ini support nyaris semua OS: Windows, Windows 10 Mobile, MacOS, iOS, dan Android. Bahkan salah satu fiturnya adalah memudahkan kamu beralih dengan cepat hingga tiga perangkat dalam situasi di mana kamu memiliki tiga perangkat dan menggunakannya bergantian dengan satu keyboard ini.

 

Koneksi dan Fitur

Seperti yang sempat saya singgung, keyboard ini dapat terkoneksi dengan tiga perangkat sekaligus. Kamu dapat meregister Lofree Dot Keyboard ke perangkat menggunakan tombol fn+1, fn+2, atau fn+3, dan kemudian juga beralih memanfaatkan tombol ini. Di sisi kanan keyboard juga terdapat tombol untuk beralih antara OS Windows, MacOS, iOS, dan Android, serta tombol untuk menyalakan atau mematikan Bluetooth. Mematikan Bluetooth pun, keyboard ini masih dapat digunakan karena Lofree memiliki kabel tipe detachable yang memungkinkan kamu menyambungkan Lofree dengan PC jika ingin menjadikannya sebagai ‘keyboard berkabel’. Praktis bukan?

Lofree Dot Keyboard juga memiliki backlight dengan tiga tingkat kecerahan yang dapat kamu atur dengan menekan tombol F5 (mengurangi backlight) dan F6 (menambah terang backlight). Sangat membantu jika kamu bermain game di tempat yang temaram dan belum begitu hafal dengan layout keyboard ini.

Keistimewaan lain dari Lofree adalah fitur AutoSleep. Dalam jangka waktu 5 menit jika kamu tidak melakukan apa pun di atas keyboard ini, maka backlight akan mati dan keyboard masuk ke posisi sleep. Tapi jangan khawatir: tombol apa pun yang kamu tekan akan langsung mengaktifkan kembali keyboard ini. Fitur ini sangat bermanfaat untuk menjaga baterai tetap awet untuk penggunaan jangka panjang. Oya, Lofree mengklaim bahwa sekali charging dan tanpa pernah menggunakan backlight, maka kamu dapat menggunakan keyboard ini selama 6 bulan! Saya memerlukan waktu pengujian lebih lama untuk membuktikan klaim tersebut. Dengan baterai sebesar 4000 mAh, toko tempat saya membeli keyboard ini mengatakan bahwa saya memerlukan waktu sekitar 6-8 jam untuk charging dari posisi baterai nol. Cara chargingnya seperti ponsel, cukup menggunakan kabel yang disertakan dalam pembelian, dan disambungkan dengan adapter ponsel.

 

Kesan saat Pemakaian

Sebelumnya saya sudah menonton beberapa review tentang Lofree Dot Keyboard di Youtube, dan saya perlu mengakui satu hal yang ditekankan hampir semua reviewer: Layoutnya terasa janggal saat digunakan! Yang saya maksudkan di sini bukan tipe layout Windows atau MacOS yang menjadi landasan pembuatan keyboard ini, akan tetapi presisi jarak dibandingkan keyboard pada umumnya. Gambarannya kurang lebih seperti ini: Jika kamu meletakkan tangan pada posisi standar mengetik dengan telunjuk kiri di F dan telunjuk kanan di J, maka jika ingin menekan tombol angka 1, maka otomatis jari kelingking kamu akan merentang ke atas – Nah, di sini kamu akan kecele, karena angka 1 tersebut berada pada posisi lebih ke kanan dari keyboard umum. Ini berlaku terhadap beberapa tombol lain, terutama yang terletak pada baris angka. Kamu yang sering mengetik pasti nanti dapat memahami maksud saya.

Namun selain kekurangan tersebut, yang mungkin bisa hilang dengan membiasakan diri menggunakan keyboard ini, secara umum Lofree Dot Keyboard nyaman digunakan. Selama pemakaian, saya tidak menemukan lag sama sekali. Rasanya mulus seperti saya menggunakan keyboard berkabel biasa. Meskipun saya tidak menyarankan, sepertinya keyboard Bluetooth ini cukup memadai untuk digunakan bermain game yang memiliki tuntutan akurasi tinggi.

Lofree memang sukses menghadirkan feel retro pada keyboard ini. Untuk kamu yang pernah menggunakan mesin ketik di masa kecil, maka ini akan terasa seperti nostalgia. Suara yang ditimbulkan, bentuk keyboard, serta umpan balik yang terasa di ujung jari saat menekan tombol. Ini perasaan yang sukar diungkapkan dengan kata-kata. Sebuah kenikmatan tersendiri saat mengetik.

Dan untuk kamu yang menggunakan Windows 10 Mobile, Lofree juga kompatibel dengan perangkat kamu dan sangat nyaman digunakan dalam mode Continuum.

 

Kesimpulan

Lofree Dot Keyboard merupakan alternatif bagi kamu jika kamu adalah penggemar keyboard mekanik yang menginginkan setup lebih manis (tanpa kabel) atau periferal portabel yang dapat dibawa ke mana-mana. Jika kamu adalah penggemar item vintage, maka bentuk Lofree Dot Keyboard pasti akan menarik hatimu.

Jika tidak dapat memperolehnya di toko komputer lokal, kamu bisa memanfaatkan toko online. Saya melihat beberapa toko online menyediakan keyboard ini. Untuk keterangan lebih lengkap terkait spesifikasi dan proyek Indiegogo Lofree, kamu bisa mengunjungi laman Indiegogo milik Lofree.

Punya keyboard semacam ini? Bagikan wawasan kamu di kolom komentar!

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta