Home Review Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

Kalau mimin sebelumnya sudah membagikan pengalamannya bersama Lumia 730 dengan Windows 10 Mobile. Mimin yang kali ini akan membagikan pengalamannya bersama Lumia 620 dengan Windows 10 Mobile. Buat kamu pengguna Lumia 620 yang ragu mau nyobain Windows 10 Mobile Preview Build 10149, baca artikel ini dulu.

Beberapa hari yang lalu saya coba menginstall Windows 10 Mobile di Lumia 620, sayangnya beberapa aplikasi seperti settings tidak ada. Sehingga saya harus melakukan rollback ke Windows Phone 8.1, kemudian menginstallnya kembali dengan Windows 10 Mobile.

 

Proses Installasi Lama

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

Seperti yang sudah disinggung di artikel Lumia 730 dengan Windows 10 Mobile, proses installasi Windows 10 Mobile Build 10149 di Lumia 620 juga berlangsung sangat lama. Butuh waktu kira-kira 3 sampai 4 jam untuk menginstall Windows 10 Mobile di Lumia 620.

 

UI

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

Karena Lumia 620 memiliki layar yang kecil, saya merasa kesulitan untuk menjelajahi fitur Windows 10 Mobile. Selain itu text dari tile aplikasi juga terbilang sangat kecil dan halus di Start. Swipe ke kiri kita akan melihat App List, disini kamu juga akan melihat daftar aplikasi yang diinstall menggunakan text kecil dan halus. Tapi untuk text di dalam aplikasi seperti messaging, alarm, note, kita masih bisa memperbesar ukurannya di Settings>Ease of Access dan pilih More options.

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

Untuk masalah tampilan lainnya, di Build ini saya tidak bisa mengganti gambar Lock Screen. Sudah empat sampai lima kali saya mencoba untuk mengganti gambar Lock Screen dari Settings, tapi gambar tetap tidak mau ganti. Sedangkan gambar di Start, saya bisa bebas menggantinya.

 

Performa

Windows 10 Mobile berjalan cukup lancar di Lumia 620 yang menggunakan RAM 512MB, walaupun ada beberapa keadaan dimana ia akan sedikit lag. Ketika kamu membuka aplikasi seperti BBM, Path, Instagram, Camera, ia berjalan dengan lancar dan mulus. Tapi ketika kamu mencoba mengambil foto dengan Windows Camera dan melihat hasil foto di Photo, disitu kamu harus menunggu sedikit lama sampai foto terbuka.

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

Di sini kamu juga akan melihat browser Microsoft Edge yang bisa dibilang belum sempurna. Ketika saya mencoba browsing, saya harus berkali-kali menekan enter untuk membuka website. Selain itu kamu harus bersabar untuk berinteraksi dengan website, karena Microsoft Edge agak lemot. Tapi untuk proses download atau save gambar, Microsoft Edge mampu melakukannya, kamu juga bisa memilih tempat dimana kamu menaruh download file tersebut.

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

Untuk kinerja baterai dengan keadaan full charge, Lumia 620 dengan Windows 10 Mobile bisa bertahan sampai 18 jam. Dalam percobaan ini, WinPoin menghubungkan Lumia 620 dengan Wi-Fi selama 8 jam. Setelah itu Lumia 620 tidak terhubung sama sekali dengan koneksi internet, mampu bertahan selama 10 jam. Cukup boros memang, tapi karena sistem operasi ini masih preview jadi maklum lah. Selain itu baterai juga cepat panas, padahal Lumia 620 tidak dipakai sama sekali.

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

 

Install Apps di Windows Store atau Windows Store Beta

Ada beberapa aplikasi yang memang bisa diinstall di Windows Store Beta dan Windows Store lama. Seperti misalnya BBM, WhatsApp, Instagram dan sebagainya bisa saya install dari Windows Store Lama. Sedangkan seperti aplikasi Alarm & Clock, Calculator, Camera, File Explorer, Music dan aplikasi khas Windows 10 Mobile lainnya bisa saya install dari Windows Store Beta.

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

Selain itu proses download di Windows Store Beta juga masih lama, entah ini karena bug atau hal lain. Tapi saat saya mencoba menginstall di Windows Store lama berjalan dengan lancar dan cepat. Jadi jika kamu gagal install aplikasi di Windows Store Beta, coba install aplikasi dari Windows Store lama.

 

Microsoft Camera Bisa Kenali Wajah

Aplikasi Microsoft Camera disini bisa mengenali wajah kamu. Saat kamu ingin berselfie, Microsoft Camera akan mendeteksi wajah kamu dengan kamera depan.

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

 

Cortana Tidak Bisa Diaktifkan

Pada Windows 10 Mobile Build 10149 di Lumia 620, Cortana tidak bisa diakftifkan dan macet di tengah proses untuk mengaktifkannya.

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

 

Kesimpulan

Untuk Pengguna Lumia 620 yang ingin mencoba Windows 10 Mobile Preview Build 10149, versi ini bisa kamu gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Walaupun ada sedikit lag, tapi itu jarang terjadi. Jadi buat SMS, BBM, WhatsApp, Browsing, Selfie masih memumpuni lah.

Review Lumia 620 Ketika Menggunakan Windows 10 Mobile Preview

 

Itulah pengalaman saya ketika menggunakan Lumia 620 dengan Windows 10 Mobile Preview Build 10149. Buat kamu pengguna Lumia 620 yang udah mencoba, bisa kamu tambahkan pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini. Siapa tahu teman-teman Lumia 620 lain yang takut mencoba Windows 10 Mobile bisa diberikan keteguhan hati dengan komentar kalian.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.

  • ZAY

    -_- sayang gak ada bricknya

    • Whyu Wa

      setelah hard reset gmn hasilnya om,,pnya ane malah gk tak HR karna ini jg udah stabil + enak dipake sehari2

      • Mochammad Reza

        Kalo ane 730 update langsung HR,lebih ringan gan

        • Whyu Wa

          sip dh,,pnya sya gk di HR nh karna disara udh stabil jd gk di hard reset,,

  • yoko

    Kalo lumia 625 gimana??

  • Reowijaya

    Sama nih Bar navigasi Path nya merah jadi biru, 6tag juga asalnya biru jadi orange :(

  • Gibran

    Blum coba takut gk lncar,aslinya pngen ngrasain pngalamn windows10mobile

  • Whyu Wa

    yg blom nyoba, blom laki #wkwkw

  • malka sarief firdauz

    Masih banyak bung takut ngk lancar nunguin build slanjutnya moga lebih baik lagi

  • dayatazzidik

    Review 625 dong om

  • Bisa buka path di build ini ?
    Saya kok ga bisa ya ? L535

  • perbedaan saya dan orang lain :
    orang lain : nunggu build yang stabil
    saya : nunggu punya WP :'(

  • tepy

    L 640 lte error tsk biaa pembaruan nongolnya “kami mencoba menggunakan kartu sd card anda untuk melakukan pembaruan,namun terjadi kesalahan(801882c1),,,,tolong dibantu….

    • IMIEN COVER BOY

      Anda insider bukan

  • YanDhika

    mana nih si randy surya sugandroid tabung ijo :v ?
    masih bilang BBM beta di WP :v ??

    • Whyu Wa

      mungkin lagi sibk nyari lumia di fjb wkwk

    • Masih jaga stand di PRJ :D

  • ahmad faiz

    bbrpa hari yg lalu ane instal wp 10 build 10149 ini gan d 620 ane, lag nya krasa bangt gan, geser dari startscreen k menu aja krasa bgt lag nya, , bukak kamera lamaa, pas capture+save distu ada stuck nya,

    • Muhamad Farhan Abi Karami

      Kalo Ane justru di lumpia 520 Ane lancar bgt gan pergerakan enak smooth

      • ahmad faiz

        iy gan, banyak review 520 katanya lancar gan, kalo d 620 ane entah knpa krasa banget lag nya,

        • Muhamad Farhan Abi Karami

          Tenang aja gan semua indah pada waktunya wkwk

          • ahmad faiz

            hahahah, oke gan :D

        • Ryan Morre

          wah L520 anegak bruntung, instal pagi udah senang2. mlamnya hape gak brenti2 restart.

      • ryanmorre

        520 ane stelah update build ini mlah minta restart trus. Restart karena slesai update. Pdahal ane gak update apa2.

        • Muhamad Farhan Abi Karami

          Ane juga pernah gt tapi pas Build ini udh engga lagi gan

          • Ryan Morre

            Solusinya gmn? Harus rollback lg y?

  • Samm Synystergates

    Saya Kemaren Udah Nyoba install Build ini, tapi pas proses download selesai > Preparing To Install… eh malah Need 1.17 Gb, padahal sebelumnya udah mindahin semua aplikasi ke SD Card, memory masih kurang, ada yang punya solusi? terima kasih

  • rio

    Seru ya menjadi bagian dari program insider, ngerasa seneng, takjub, kesel, gemes, marah, campur lah. disitu kita bisa tau dimana kekurangan dan kelemahan suatu OS mobile. Hanya windows yang begini :)
    Sebagai pengguna lumia 620, saya ikut insider dari awal. Instal preview, gak kuat bugsnya, rollback wp 8.1, kemudian ada build baru, saya instal lagi, bugsnya masih ada dan krusial bagi saya (sharing internet bermasalah), saya rollback lagi. Sekarang pas mau install build 10149 pun saya nekat kalo mau tau mah, tuh hape dah kaya apa tau. ngebrick-ngebrick dah. soalnya hape utama. Satu-satunya.
    Ternyata lama banget instalnya, 4 jam an. Pas selesai, hm takjub bener. keren dah. tampilan lebih bersih, jernih, font nya gak menyakitkan mata. Transisi dan gesture buka aplikasi smooth dan lembut. ya walaupun kadang ada lag nya, tapi gak parah. Analisa setelah pake seminggu :
    a. tanggal dan waktu lockscreen lama muncul, PIN transparan dan kadang ngeblink, berkedip. gak terlalu bermasalah. #new dan #bug
    b. Tampilan startscreen keren, bersih, dan menyenangkan lah kalo diliat. bisa transparan. #new
    c. Icon Quite Hours di action center on terus. berkedip, #bug
    d. BBM, gak bisa ganti foto profil, masalah dari aplikasi foto windows. buka aplikasi pun lama.. #bug
    e. Buka GALERI foto, loading nya lama. memeriksa dulu #bug
    F. Kamera lumayan lebih baik dari build sebelumnya, tapi belum sebaik wp 8.1 #bug
    g. Nulis pesan bisa wordflow bahasa indonesia, ini yang keren menurut saya, walaupun udah ada dari build awal. yang keren lagi, saya nulis swipe bahasa sunda (gak semua) bisa tepat prediksinya. mungkin karena sering nulis itu kali ya. #new
    h. Terpenting, internet sharing sudah normal. build sebelumnya masih error. tiba-tiba putus koneksi. Ini alasan utama dulu saya rollback. #new
    i. Cortana diganti search, tau kenapa diganti, mungkin build selanjutnya berubah lagi #new
    j. Pengaturan perangkat ada pilihan ‘mouse’. gak tau ya ini gimana maksudnya, apa nanti hape ini bisa jadi mouse gitu.. #new
    k. Nada notifikasi, baik sms, whatsapp tidak bisa diubah, kecuali nada dering.. #new
    l. ada opsi pengembang (develop) di pengaturan. #new
    m. Multitasking masih belum tepat (saat kita menutup aplikasi, aplikasi yg sebelah kiri tidak tepat ke tengah). gak terlalu bermasalah. maaf gak ada screenshoot..#bug
    m. Word excel, powerpoint, Outlook, Onenote, Kalender, semua didownload dari Store beta. minimal 100 MB per aplikasi. tampilan dan fitur bikin takjub, #new
    n. Masih ada fitur lain, makanya coba sendiri :)
    Kesimpulan saya, saya akan bertahan dengan build ini. Terlepas dari bug bug kecil, gak terlalu fatal. Buat temen temen yang mau coba, sok download aja. jangan takut, takut sebelum mencoba adalah kesalahan. hehe.

    • Mochammad Reza

      Haha..*sama

  • Whyu Wa

    bagi yg udah punya om tapi malah takut nyoba update hehe

  • Restu

    Nunggu Review Lumia 625 lah ..

  • nug0205

    Sudah nyoba gan, tapi di L535Dual, masih ada bug. Sulit ngirim sms, harus direstart dulu baru bisa ngirim. Selain itu, nav bar g bisa di hide. Adakah yg sudah menemukan solusinya?

  • ryanmorre

    Minta reviewnya buat WP 10 Mobile build 12684.

  • LB Pramono

    Saya make L625 build 10149 masalahnya masih sama, data seluler ga bisa di aktifkan, kirim/terima sms ga bisa.., buka foto masih nglag.. Hp cepat panas, malam baterai di cas full paginya tinggal 19% padahal ga dipake apa². Hard reset selalu gagal muncul ikon “:-(” terus…

  • bawas

    Saya tidak perlu roll back, tapi saya pakai format ulang. Akhirnya bisa juga Instal build 10149. Microsoft edge lancar. Cepat

  • Sant Budi

    Apakah ada yang tahu cara mematikan efek di Main/Home, seperti ketika mau menjalankan aplikasi seolah tile – tile seperti pecah dan melayang menurut saya malah seperti pusing di kepala. (WP10 10149). Terima kasih