Home PC Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)

Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)

Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)

Secara mengejutkan Microsoft mengumumumkan bahwa browser Microsoft Edge yang sebelumnya tersedia eksklusif hanya di Windows 10 dan Windows 10 Mobile, bakal diusung juga ke iOS dan Android. (Resmi: Microsoft Edge Segera Dirilis ke iOS dan Android)

Saat ini versi preview nya sudah dirilis, dan bagi kamu yang penasaran seperti apa Microsoft Edge di iOS dan Android, apa saja fitur, dan bagaimana performanya dibandingkan Chrome dan Safari, inilah detail review Microsoft Edge Preview.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai tips dan info menarik seputar teknologi lainnya

Rendering Engine Microsoft Edge

Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)

Perlu kamu ketahui bahwa rendering engine Microsoft Edge di iOS dan Android berbeda dari rendering engine Microsoft Edge di Windows 10 PC dan Windows 10 Mobile.

Di Windows 10 PC dan Mobile, rendering engine Microsoft Edge adalah EdgeHTML yang memang dikembangkan oleh Microsoft sendiri. Tetapi di Android, Microsoft Edge menggunakan Blink, rendering engine yang sama seperti yang dipakai oleh Google Chrome. Dan di iOS Microsoft Edge menggunakan webkit, rendering engine milik Safari.

Digunakannya webkit di Microsoft Edge untuk iOS bisa dipahami, karena Apple memang tidak memperbolehkan rendering engine pihak lain digunakan di iOS. Tetapi digunakannya Blink di Microsoft Edge untuk Android, nampaknya merupakan upaya agar proses development bisa jauh lebih cepat, efisien, dan kompatibilitas web bisa lebih luas, dibandingkan dengan mengusung EdgeHTML langsung ke Android.

Desain & Tampilan

Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)

Meskipun menggunakan rendering engine yang berbeda, tetapi user interface Microsoft Edge di Android dan iOS dibuat sangat mirip. Di halaman depan kamu akan mendapati homepage dengan logo Microsoft, address bar yang sekaligus menjadi search bar di bagian tengah, dan disusul oleh barisan daftar website. Website yang sering kamu kunjungi nantinya akan tampil disini sehingga memudahkan kamu mengaksesnya di kemudian hari.

Di bagian bawah kamu bisa scroll dan akan tampil news feed yang berisi deretan berita trending dari MSN.com. Di versi preview kali ini news feed hanya tampil di versi Android, tetapi saya yakin di iOS segera ditambahkan mengingat sudah ada opsi pengaturannya di halaman settings. Jadi news feed ini bisa kamu matikan jika memang tidak menginginkannya.

Keunggulan Utama Edge Android / iOS

Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)

Lalu apa saja fitur dan keunggulan utama browser Microsoft Edge di iOS dan Android ini? Mari kita bedah satu per satu.

Pertama, sekaligus yang terpenting. Microsoft Edge di Android dan iOS akan otomatis terhubung dengan Windows 10 PC yang kamu miliki, dimulai dari versi Windows 10 terbaru Fall Creators Update.

Semua daftar favorites beserta susunan foldernya, begitu juga reading list, saling tersinkronisasi. Jadi apa yang kamu simpan di PC, akan tersimpan juga di smartphone, dan begitu juga sebaliknya, apa yang kamu simpan di smartphone akan tersimpan pula di PC. Tetapi khusus untuk history, tidak saling tersinkronisasi, jadi history yang ada di Edge PC terpisah dengan history yang ada di Edge iOS dan Android.

Terlihat juga ada juga tab “Read on the go” yang masih coming soon baik di iOS ataupun Android, tab ini akan berisi deretan buku digital yang kamu dapatkan dari Microsoft Store. Dan ada pula tab download, yang untuk sementara ini hanya ada di Edge Android tetapi belum ada di Edge untuk iOS.

Beralih ke keunggulan kedua, melalui Microsoft Edge di iOS dan Android, kamu bisa melanjutkan aktivitas browsing dari smartphone ke PC, dengan mengirimkan tab yang kamu buka, ke Windows 10 PC. Kamu bisa mengirimkannya secara langsung, dan tab akan otomatis dibuka sekarang juga di Windows 10 PC. Atau memanfaatkan opsi Continue later, dan tab akan tersimpan di Action Center agar bisa kamu akses di kemudian waktu.

Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)

Berbeda dengan fitur send to tab di Firefox, di Microsoft Edge pengiriman tab berlangsung satu arah, jadi hanya dari smartphone ke PC, dan tidak bisa dari PC ke smartphone. Mungkin saja fitur tersebut baru akan ditambahkan kedepannya, tetapi untuk saat ini, kamu hanya bisa mengirimkan tab dari smartphone ke Windows 10 PC saja.

Keunggulan Minor Lainnya

Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)

Dua fitur unggulan utama Microsoft Edge di Android dan iOS sudah kita bahas, kini kita masuk ke beberapa keunggulan minornya.

Pertama, disamping address bar, ada icon barcode, jika kamu tap, maka kamu bisa scan barcode atau QR code langsung dari dalam browser edge. Disampingnya ada opsi Camera untuk memudahkan kamu mencari gambar yang mirip dengan hasil foto. Misalkan saja saat kamu jepret foto laptop, maka akan ditampilkan juga berbagai foto lain yang mirip dengan foto laptop tersebut. Disampingnya ada lagi tab gallery, yang sama seperti fitur sebelumnya, hanya saja foto diambil langsung dari galeri.

Di versi preview kali ini, tab camera dan gallery hanya ada di Edge untuk iOS, sedangkan di Android hanya ada QR Code scanner saja.

Untuk mesin pencari default, meskipun pengaturan awalnya adalah Bing, tetapi kamu bisa mengubahnya melalui Settings. Di Edge untuk iOS kamu bisa mengubahnya ke Google ataupun Yahoo, sedangkan di Edge untuk Android ada lebih banyak lagi opsi mesin pencari, termasuk juga Ask dan AOL.

Performa

Secara performa, Microsoft Edge untuk iOS dan Android sudah sangat sangat lancar saat digunakan browsing. Bahkan meskipun masih berstatus preview, browser ini sudah layak untuk kamu gunakan sehari-hari.

Terlepas dari berbagai fitur utama diatas, fitur dasar browser mobile sudah ada semua di Microsoft Edge, mulai dari InPrivate Tabs untuk browsing secara private, fitur menyimpan password, pengisian form otomatis, serta fitur pop up blocker.

Experience browsing sangat mulus, buka banyak tab sekaligus tidak masalah, dan navigasi dari satu tab ke tab lain juga berlangsung lancar.

Benchmark: Edge iOS vs Safari / Edge Android vs Chrome

Kini kita beralih ke segmen terakhir di review kali ini, yaitu hasil benchmark Microsoft Edge versus Chrome dan Safari.

Benchmark Microsoft Edge vs Safari saya lakukan di iPhone 7, dan hasilnya Microsoft Edge unggul di pengujian basemark web 3.0, tapi masih kalah tipis di 5 uji benchmark lainnya.

Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)

Sedangkan benchmark Microsoft Edge versus Google Chrome saya lakukan di smartphone Android Le Max 2, dan hasilnya Edge cuma menang tipis di uji MotionMark, serta seri di HTML5Test, tetapi masih kalah di 4 uji benchmark lainnya. Kekalahan Edge untuk Android paling telak terjadi di benchmark ARES-6, yang merupakan uji kecepatan eksekusi browser terhadap fitur javascript terbaru.

Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)

Tetapi satu hal yang perlu kamu ingat bahwa di pengujian ini Microsoft Edge masih berstatus preview, yang artinya masih ada peluang terjadinya peningkatan performa begitu versi finalnya dirilis nanti.

Diluar hasil benchmark tersebut secara penggunaan sehari-hari Microsoft Edge untuk Android dan iOS berjalan sangat lancar, dan bagi kamu yang tertarik bisa menginstallnya sendiri dengan cara yang sudah saya bagikan sebelumnya. (Baca: Pengen Install Microsoft Edge Preview untuk iOS dan Android? Ini Caranya!)

Nah itulah dia gaes review Microsoft Edge di iOS dan Android. Pastikan kamu subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai tips dan info menarik seputar teknologi lainnya, termasuk berbagai video seri Kepoin Windows dari WinPoin.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.