Home Phone Refleksi Status Windows Mobile – Daftar Hal yang Perlu Dilakukan Penggemar Windows...

Refleksi Status Windows Mobile – Daftar Hal yang Perlu Dilakukan Penggemar Windows Mobile

Setelah Joe Belfiore mengakui bahwa Windows Mobile tidak lagi menjadi prioritas bagi Microsoft, dan beberapa hari setelahnya, Satya Nadella mempertegas pernyataan itu dengan menyatakan bahwa Microsoft akan tetap dapat bersaing meskipun tanpa platform mobile, mungkin kebanyakan pengguna harap-harap cemas akan nasib perangkat yang masih dipilihnya untuk digunakan. Saya menggunakan kata-kata tersebut, karena saya yakin teman-teman sekalian yang masih menggunakan Windows Mobile bertahan sebagian besar memang karena masih mencintai OS ini – dengan satu atau lain alasan – sehingga ‘memilih’ untuk tetap memakainya. Saya terinspirasi oleh tulisan Steve Litchfield yang membahas to-do list untuk Windows Phone enthusiast, sehingga saya ingin membagikannya kepada teman-teman sekalian.

Artikel ini dibuat dengan dilandasi oleh pemikiran realistis berdasarkan fakta yang ada: pertama, Windows 10 Mobile tidak akan mendapatkan pengembangan dan fitur baru; kedua, support akan berakhir pada tahun 2020. Untuk mempersiapkan diri jika kamu masih ‘memilih untuk menggunakan perangkat windows 10 mobile’ untuk saat ini, maka inilah daftar hal yang perlu dilakukan oleh penggemar Windows Mobile seperti kita:

Jaga Perangkat Windows 10 Mobile Kamu

Entah kamu ingin menyimpan perangkat Windows 10 Mobile kamu sebagai koleksi dan kenangan atau kamu ingin menjualnya nanti kepada kolektor, kamu harus mulai memikirkan perlindungan terhadap perangkat kamu. Percayalah, saya sering melakukan jual beli barang second dan satu dent.. satu goresan saja.. Bisa menurunkan harga barang yang kamu jual sebesar 100-200 ribu rupiah! Memasang case atau skin untuk melindungi perangkat Windows 10 Mobile kamu adalah hal wajib. Belilah sekarang jika kamu tidak memilikinya, sebelum tidak ada lagi yang menjual case atau pelindung lain untuk tipe perangkat kamu.

 

Cari Toko yang sedang Obral atau Individu yang Menjual Second di wilayahmu

Tips ini diperuntukkan untuk penggemar yang mungkin belum memiliki perangkat Windows 10 Mobile. Kadang kamu baru sadar bahwa itu cinta, setelah semuanya terlambat. Setelah Microsoft mengumumkan tidak akan ada lagi pengembangan dan Windows 10 Mobile akan disupport hanya sampai 2020, maka kamu mulai merasakan keinginan untuk memiliki, maka arahkan pandang ke depan. Ke arah toko-toko yang menggeber diskon untuk menghabiskan stok tersimpan! Maka kamu berpeluang untuk mendapatkan dengan harga yang murah tak terkirakan!

 

Cari spare part penting, terutama baterai dan charger

Jika masih ada toko baik offline maupun online yang menjual spare part penting, maka yang utama perlu kamu miliki adalah baterai dan charger cadangan. Baterai ada kemungkinan rusak dalam jangka pemakaian panjang dan charger seringkali hilang. Kamu perlu mempersiapkan cadangan!

 

Pastikan kamu memilih ‘ring’ yang tepat untuk mendapatkan update

Ingat fakta bahwa tidak ada penambahan dan pengembangan fitur. Menurut saya tidak ada manfaatnya bagi kamu terburu-buru ingin menikmati rilisan terbaru dari Insider, baik slow ring dan fast ring. Lebih baik kamu berada di jalur ‘normal’ alias production. Saya khawatir Build di insider berdampak buruk pada perangkat kamu (karena bug dan seringnya terjadi permasalahan saat instal build dari insider), dan ini tentu saja tidak sesuai dengan ‘cita-cita’ kamu untuk memegang perangkat tersebut dalam waktu yang panjang.

 

Perkaya wawasan tentang platform lain yang mungkin cocok untuk kamu

Mungkin menyelidiki apakah perangkat lain kompatibel dengan Continuum Dock milikmu?

Meskipun masih lama, tidak ada salahnya kamu iseng-iseng mencari wawasan tentang platform lain. Mana kira-kira yang lebih cocok bagi kamu guna menggantikan perangkat kamu jika sudah tidak dapat digunakan lagi. Sesuatu mungkin terjadi (kerusakan perangkat, dan sebagainya) – Dan mungkin kamu akan kesulitan mendapatkan perangkat yang sama karena Microsoft sudah memutuskan untuk ‘tidak meneruskan’ proyek Windows 10 Mobile. Jika demikian, maka pilihan yang tersisa adalah beralih platform. Nah, dalam hal ini penting untuk memiliki wawasan tentang platform lain. Temukan apa yang mungkin sesuai, atau cocok untuk kamu gunakan.

 

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu lakukan jika kamu memilih untuk masih menggunakan perangkat Windows 10 Mobile hingga masa supportnya berakhir. Meskipun semakin sulit, dengan persiapan yang baik maka kamu bakal bisa ‘memegangnya’ semakin lama – Hingga mungkin saat kamu harus berpisah dengannya.

Punya saran untuk dilakukan pengguna Windows 10 Mobile yang masih ingin menggunakan perangkatnya untuk saat ini? Tuangkan pendapat brilian kamu di kolom komentar!

  Pake PopBox Locker, Enak Nggak Sih?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta