Home PC Review Microsoft Windows 10 Insider Preview Build 11102

Review Microsoft Windows 10 Insider Preview Build 11102

windows10build11102_1

Setelah berselang kurang lebih 10 hari semenjak rilisnya Build 11099 ke Fast Ring Insider. Kemarin Microsoft kembali merilis build baru untuk branch ‘Redstone’ ke Fast Ring, yakni Build 11102 dan dihari yang sama pula Microsoft juga merilis Office Insider untuk MacOS.

Nah kembali ke Build Redstone ini, jika dilihat dari jarak buidnya yang hanya berbeda 3 nomor build saja. Tentunya kita tidak perlu ekspektasi berlebihan, mengingat untuk saat ini Microsoft hanya menargetkan untuk peningkatan struktur OneCore saja untuk beberapa build kedepan, sebelum nantinya akan terlihat perubahan yang cukup mencolok (bisa saja fitur baru atau tampilan baru).

Tetapi terdapat 1 fitur yang ditambahkan pada Build ini adalah pada bagian Microsoft Edge yang telah ditambahkan fitur untuk melihat daftar sites yang telah kita kunjungi sebelumnya dengan cara klik kanan pada bagian back atau forward button.

windows10build11102_2

Kemudian untuk menu ‘Hub‘, ‘Web Note‘ dan ‘Share‘ tidak akan muncul pada opsi menu settings ketika ukuran jendela Microsoft Edge dikecilkan (hingga ketiga opsi tersebut hilang dari address bar).

windows10build11102_3

Lalu terdapat opsi menu baru pada Explorer pada start menu ketika berada di Tablet Mode yang menampilkan lebih banyak opsi.

windows10build11102_4

Selebihnya masih sama dengan build sebelumnya, dan meskipun begitu namun nyatanya Gabe aul mengatakan bahwa terdapat 1200 perubahan yang tidak terlihat antara build 11099 dan 11102.

Selain perubahan tersebut, pada blognya Microsoft juga memberikan daftar known issue pada build ini, diantaranya.

  • Beberapa game akan mengalami crash ketika berpindah dari window mode ke full screen karena terdapat bug pada Windows graphic. Beberapa game yang diketahui mengalaminya adalah The Witcher 3, Fallout 4, Tomb Raider, Assassin’s Creed, dan Metal Gear Solid V.
  • Untuk kategori aplikasi pembantu seperti Narrator, Magnifier ataupun aplikasi pihak ketiga lainnya. Pada build ini mungkin akan mengalami crash. Jadi jika kamu bergantung pada aplikasi tersebut, tidak disarankan untuk menggunakan build ini dan tunggu perbaikannya pada build selanjutnya.
  • Pada Build ini ketika login mungkin akan muncul pop-up WSClient.dll error. Microsoft masih melakukan perbaikian untuk ini, jadi sementara untuk menghilangkannya buka Command prompt as Admin lalu ketikan ‘schtasks /delete /TN “\Microsoft\Windows\WS\WSRefreshBannedAppsListTask” /F‘.
  • Ketika melakukan update ke build ini, sistem mungkin akan memberikan pesan bahwa Wireless Card tidak kompatible dengan Windows 10. Untuk menyelesaikan masalah, kunjungi support page dari PC atau Wireless Card untuk menginstall driver versi terbaru.
  • Opsi ‘Connect‘ pada build ini tidak muncul pada Action Center.

Nah itu dia sekilas review mengenai build 11102 ini, memang tidak banyak fitur yang hadir pada build ini mengingat Gabe aul mengatakan bahwa kriteria fast ring sekarang lebih mencondong kepada Internal Ring, jadi akan lebih banyak known issue yang muncul.

Jadi bagaimana dengan kamu? apakah sudah mencoba build ini? Let us know! :D

 

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.