Home Review Review Windows 10 Mobile Preview Build 10166 pada Lumia 640 XL dan...

Review Windows 10 Mobile Preview Build 10166 pada Lumia 640 XL dan Lumia 520

reviewwindows10mobilebuild10166_8

Beberapa waktu yang lalu Microsoft merilis Windows 10 Mobile Preview build 10166 ke pengguna Fast ring. Dan WinPoin yang tentunya tidak mau ketinggalan untuk langsung mereview build ini lebih cepat dari “tetangga lainnya” hehe.

Alhasil setelah mencoba dan melakukan review ini, sang reviewer yang menggunakan device Lumia 730 yakni mas Febian mengambil kesimpulan bahwa “build ini makyus!”.

Dan itu membuat saya secara pribadi penasaran dengan build ini langsung mengupdatenya dari Windows Phone 8.1. kali ini untuk melakukan testing build, saya menggunakan device Lumia 640 XL dan Lumia 520 sebagai perwakilan device range mid-end dan low-end.

Berikut saya berikan pengalaman menggunakan Windows 10 Mobile Build 10166 di Device Lumia 640 XL dan Lumia 520.

 

Proses Installasi

Karena aku melakukan update device 640 XL dan 520 secara bersaman. Jadi bisa diketahui mana yang tercepat diantara kedua device tersebut. Lumia 640 XL memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan 520 lebih lama 20 menit atau lebih tepatnya memakan waktu sekitar 1 jam 50 menit.

reviewwindows10mobilebuild10166_1

Meskipun sebenarnya saya melakukan installasi pertama kali pada Lumia 520, tetapi mengalami masalah bootloop pada proses installasi yang membuat saya harus rollback terlebih dahulu ke Windows Phone 8.1. Sebelum akhirnya melakukan installasi lagi bersama dengan Lumia 640 XL.

reviewwindows10mobilebuild10166_2

 

Migrasi data

Keanehan terjadi kembali pada proses migrasi data di Lumia 640 XL. Dimana sama seperti pada build sebelumnya, ketika selesai proses installasi maka akan langsung masuk ke app list dan tile pada startscreen kosong. Jika kamu mengalaminya juga, maka yang harus kamu lakukan adalah melakukan restart phone. Dengan begitu progres migrasi data akan muncul.

reviewwindows10mobilebuild10166_3

Dan hal ini berlawanan dengan lumia 520 yang mana setelah proses installasi, maka akan langsung menuju ke proses migrasi data tanpa mengalami masalah seperti di Lumia 640 XL.

 

Tampilan

Tampilan pada build ini tidak banyak perubahan yang terlihat, sebagian besar hanya minor update pada tampilan UI agar lebih smooth. Contohnya saja pada Icon indikator batrai yang diperbesar, dibandingkan dengan build sebelumnya yang sangat kecil.

reviewwindows10mobilebuild10166_4

Serta pada volume yang diupdate dengan memberikan tepian yang lebih halus pada bagian toggle bar, dibandingkan dengan build sebelumnya yang terlihat kotak.

reviewwindows10mobilebuild10166_5

 

Kualitas Kamera

Banyak yang mempertanyakan kualitas kamera di Preview Windows 10 Mobile ini. Saya sendiri juga pribadi demikian, dari Build-build sebelumnya kualitas kamera yang dihasilkan belum maksimal mungkin ini terjadi karena belum singkronnya perangkat kamera dengan sistem Windows 10 Mobile.

Tetapi pada build ini, kualitas kamera yang dihasilkan sudah lebih baik dari build sebelumnya meskipun belum dikatakan seimbang dengan kualitas pada Windows Phone 8.1. Tetapi perlu diingat kembali bahwa, kualitas gambar yang dihasilkan tergantung pada lensa device yang digunakan dan tempat/kondisi pengambilan jika indoor shoot dengan minim pencahayaan maka akan menghasilkan lebih banyak noise.

Lumia 640 XL Photo Sample

Lumia 520 Photo Sample

Daya Tahan Baterai

Untuk ketahanan baterai sendiri di Lumia 640 XL untuk menggunakan sosial media yang intens, maka akan bertahan 15 jam, sedangkan dalam keadaan standby maka akan bertahan lebih dari 18 jam.

reviewwindows10mobilebuild10166_6

Dan untuk Lumia 520, mungkin tidak bisa saya bilang hemat atau tidak karena saya tidak menggunakan baterai bawaan Nokianya lagi sehingga jadi lumayan boros. Tetapi jika dibandingkan dengan build sebelumnya, management baterai pada build ini sudah sangat bagus.

 

Perfoma

Sejauh menggunakan build ini selama 2 hari. Untuk Lumia 640 XL, saya tidak menemukan kendala yang berarti dan animasi pun juga berjalan sangat smooth, semua aplikasi yang saya install berjalan mulus. Sedangkan untuk Lumia 520, masih terasa kaku ketika scrolling di Apps list dan Microsoft Egde.

reviewwindows10mobilebuild10166_10

 

Permasalahan yang ditemukan

Meskipun build ini tergolong lancar, tetapi tetap saja ada muncul permasalahan meskipun sedikit. Ada sedikit permasalahan ketika membuka Store yang tampilan logo Storenya melenceng dari layar (yang mana seharusnya berada di tengah-tengah), ini terjadi baik pada Lumia 640 XL ataupun Lumia 520.

reviewwindows10mobilebuild10166_7

Dan khusus untuk Lumia 520, saya menemukan sedikit masalah pada beberapa aplikasi settings yang ketika di buka langsung throw back ke startscreen (force close). Jadi jika kamu mengalami masalah ini solusinya adalah melakukan Hardreset.

Selebihnya untuk bug-bug yang muncul pada build sebelumnya seperti Action center yang berkedip-kedip tidak muncul lagi pada build ini. Dan aplikasi sosial media yang bermasalah seperti BBM pada build sebelumnya yang tidak bisa mengganti DP (Display Picture), kini sudah bisa pada build ini.

reviewwindows10mobilebuild10166_1

Nah itu mungkin yang bisa saya review untuk device Lumia 640 XL dan Lumia 520. Tentunya mengingat bahwa pengalaman yang dialami setiap orang akan berbeda-beda. Jadi buat kamu menggunakan Lumia 640 XL dan Lumia 520 yang menginstall build ini, kamu bisa bagikan pengalaman kamu disini!.

  Headline: iPhone Dual SIM, macOS Dark Mode, iOS 12, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.