Keren — Inilah Review Windows 10 Mobile Preview Terbaru Build 10166

Setelah berkelana berbulan-bulan menggunakan Windows 10 Mobile Preview yang kurang memuaskan, akhirnya untuk kali ini saya harus mengakui: Good Job, Microsoft!

Windows 10 Mobile Preview Build 10166 yang dirilis ke Fast Ring tadi pagi berjalan dengan sangat lancar, smooth, tanpa error yang berarti didalamnya. Tentu penilaian saya ini berdasarkan pada pengalaman menggunakan Windows 10 Mobile Preview Build versi yang sebelumnya.

Berikut ini adalah review Windows 10 Mobile Preview Build 10166 secara umum. (karena nanti akan kita publish juga review spesifik untuk setiap fiturnya dalam artikel tersendiri)

 

Instalasi Cepat

Beberapa pengguna rupanya sempat menyatakan proses download yang stuck dan lama. Tetapi dari pengalaman saya melakukan instalasi di Lumia 730, proses download dan install berjalan dengan sangat cepat.

 

Performa Ringan

Dibandingkan Build 10149 kemarin, performa Windows 10 Mobile kali ini jauh lebih mulus. Memang kedepannya mungkin Microsoft bakal menjadikannya lebih mulus lagi, tetapi sepanjang menggunakan sejak pagi tadi, saya belum menemui lag sama sekali.

 

Animasi Halus

Sejak build sebelumnya, ketika membuka apps kita akan disuguhi dengan animasi. Di build 10149 lalu animasi ini masih kasar dan laggy, tetapi di build ini sudah lancar dan halus.

Untuk Lumia 730, sebelumnya Action Center ketika selesai di drop kebawah sesekali agak susah ditarik lagi keatas. Untuk saat ini hal itu sudah tidak terjadi lagi.

 

Tidak Ada Error Aplikasi Lagi

Ini nih permasalahan yang paling bikin saya gak betah di Windows 10 Mobile Preview build sebelumnya. Bagaimana bisa betah kalau aplikasi favorit pada banyak yang tidak bisa diinstall?

Rasanya jadi kayak di rumah tetangga, ada ini itu tapi pengen pake gak bisa.

Tetapi di build 10166 ini SEMUA aplikasi favorit saya sudah bisa terinstall. WinPoin Apps, BBM, WhatsApp, HERE Maps dan HERE Drive, MixRadio, Evernote, semuanya berjalan mulus di build ini. Yiiha!

 

Tampilan UI Menawan

Keren — Inilah Review Windows 10 Mobile Preview Terbaru Build 10166

Dulu sempat pada awal mula kemunculannya, Windows 10 Mobile memiliki tampilan yang blurry, baik di icon maupun live tile. Lalu di build kemarin meskipun sudah bagus tetapi di Action Center sering kedap-kedip. Warna kecerahan layar juga terkadang berubah-ubah sendiri.

Kini di Build 10166 Windows 10 Mobile memiliki tampilan yang nyaris sempurna. Icon dan Live Tile terlihat tajam, warna cerah, dan tidak ada error perubahan kecerahan layar secara tiba-tiba.

Beberapa tampilan yang sebelumnya tampak aneh, misalnya saja icon baterai yang kekecilan, kini juga sudah dibesarkan.

Intinya secara tampilan, Windows 10 Preview terbaru ini maknyus!

 

Baterai Awet, Tidak Cepat Panas

Jika kamu menggunakan Build 10149 atau sebelumnya, mungkin kamu akan merasakan kondisi dimana Lumia kamu menjadi cepat panas dan boros baterai.

Di build kali ini Lumia sudah tidak lagi cepat panas meskipun digunakan, dan baterai jadi lebih awet dibandingkan build sebelumnya.

 

Groove dan Movie & TV

Sebelumnya kita sudah mengabarkan bahwa Microsoft telah memutuskan untuk membranding ulang Xbox Music sebagai Groove dan Xbox Video sebagai Movie & TV. Di build ini keduanya sudah tampil dengan branding baru tersebut.

 

Tidak Roll-Back ke Windows Phone 8.1 Lagi

Melihat kualitas build Windows 10 Mobile yang semakin bagus ini, maka saya memutuskan tetap menggunakan build ini dan tidak melakukan roll-back ke Windows Phone 8.1.

Hal ini karena aplikasi favorit sudah berjalan, performa sudah ringan, dan fitur-fitur Windows 10 Mobile sudah layak digunakan untuk aktivitas keseharian.

 

Galeri Windows 10 Mobile Build 10166

 

Pengalaman Kamu?

Bagaimana dengan kamu, adakah diantara kamu yang sudah menginstall Windows 10 Mobile Preview Build 10166 ini? Bagikan pengalaman kamu menggunakan Windows 10 Mobile Preview Build 10166 disini, dan kita akan berdiskusi bersama dengan Windows 10 lovers yang lainnya.

 

NB: Review ini berdasarkan pengalaman menggunakan Windows 10 Mobile Preview terbaru di Lumia 730. Lumia seri lainnya mungkin berbeda, pastikan membaca obrolan di kolom komentar untuk melihat sharing pengalaman dari teman-teman pengguna seri Lumia lainnya yang sudah melakukan upgrade.

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.