Kembalinya “Si Anak Hilang” — Pengalaman Menggunakan Windows Phone 8.1 Lagi Setelah Berbulan-bulan Memakai Windows 10 Mobile

Lega. Itulah rasanya bisa kembali menggunakan Windows Phone 8.1 setelah sebelumnya berbulan-bulan memakai Windows 10 Mobile.

Yup, sejak pertama kali dirilisnya Windows 10 Mobile saya memang sudah menggunakan OS tersebut dan tidak pernah kembali lagi ke Windows Phone 8.1. Sejak saat itu bugs, error, dan performa yang berat menjadi sahabat sehari-hari sampai akhirnya terbiasa. (Baca juga: Pengalaman Saya Menggunakan Windows 10 Mobile Build 10149 di Lumia 730)

Sampai pada suatu titik dimana saya telah lupa bagaimana experience menggunakan Windows Phone 8.1.

Entah apa yang menyebabkan tetapi tiba-tiba saja tadi rasanya pengen melakukan roll-back dan kembali lagi ke Windows Phone 8.1. Tanpa ba-bi-bu dan perpikir panjang langsung saja saya melakukan rollback, — dan hasilnya ternyata sungguh di luar dugaan.

Setelah terbiasa menggunakan Windows 10 Mobile Preview lalu kembali menggunakan Windows Phone 8.1 rasanya seperti lama berjalan di padang gurun dan menemukan danau beriklim tropis. Maknyuss..seger…luar biasa! Hehe.

 

Tidak Ada Lagi Apps Error & Gagal Terinstall

Kembalinya “Si Anak Hilang” — Pengalaman Menggunakan Windows Phone 8.1 Lagi Setelah Berbulan-bulan Memakai Windows 10 Mobile

Apps error dan gagal terinstall adalah permasalahan klasik di Windows 10 Mobile Preview. Beberapa apps yang dulu hampir setiap hari saya gunakan seperti Dropbox, OneDrive, bahkan Twitter tidak bisa terinstall.

Setelah menggunakan Windows Phone 8.1, saya bisa memakai aplikasi itu lagi sepuasnya. Mantab dah!

 

Performa Ngebut

Windows 10 Mobile Preview build terbaru kemaren sudah terbilang mulus dan cepat, padahal sebelumnya saya menggunakan build sebelumnya yang teramat sangat lambat dan berat.

Namun kembali ke Windows Phone 8.1 ternyata masih jauh lebih cepat lagi. Rasanya seperti habis berjalan lama lalu mendapatkan tumpangan Ninja. Wazz wuzz broh..!!

Windows Phone 8.1 memang berjalan lancar dan ringan di Lumia 730 saya. No lag. Gak heran karena OS ini pun bisa berjalan lancar bahkan di device low-end dengan RAM 512 MB saja.

 

Browsing Nyaman

Di Windows 10 Mobile bahkan tampilan menu WinPoin acak adut. Hal yang sama juga terjadi di beberapa website favorit yang sering saya kunjungi. Hal ini karena Microsoft Edge masih belum sempurna dalam melakukan rendering webpage.

Begitu kembali ke Windows Phone 8.1, rasa nyaman ketika browsing bisa saya rasakan kembali dengan menggunakan IE.

 

Baterai Awet

Kembalinya “Si Anak Hilang” — Pengalaman Menggunakan Windows Phone 8.1 Lagi Setelah Berbulan-bulan Memakai Windows 10 Mobile

Dengan Windows 10 Mobile Preview, biasanya saya harus charging 2 – 3 kali dalam sehari untuk penggunaan standard. Hal ini membuat saya sampai-sampai harus membeli powerbank sehingga ketika ada event atau bepergian jauh tidak sampai kehabisan baterai smartphone.

Tetapi di Windows Phone 8.1 ini baterai terasa begitu awet hingga satu hari ini saya belum melakukan charging sama sekali.

 

Stabil

Di build Windows 10 Mobile Preview terbaru memang sudah jarang terjadil, tetapi di build sebelumnya sekitar dua atau tiga kali dalam seminggu pasti terjadi crash hingga harus menyebabkan restart paksa melalui lepas baterai.

Di Windows Phone 8.1 akhirnya saya bisa merasakan lagi kestabilan sistem operasi Windows Phone di Lumia 730 kesayangan.

 

Hal-hal yang Dirindukan dari Windows 10 Mobile

Jujur saja saya lebih nyaman berada di Windows Phone 8.1 daripada Windows 10 Mobile Preview, terlebih Lumia 730 ini memang merupakan smartphone utama saya untuk bekerja dan berkomunikasi.

Tetapi jika boleh sedikit sharing, beberapa fitur Windows 10 Mobile yang cukup saya rindukan setelah downgrade ke Windows Phone 8.1 adalah WordFlow, organisasi Settings yang lebih teratur, serta Outlook Mail terbaru.

Untuk UI meskipun Windows 10 Mobile Preview lebih cantik, tetapi belum mampu menggoda saya untuk balik kesana lagi setelah mencicipi kembali kestabilan Windows Phone 8.1.

Namun tentu saja, begitu build baru dirilis nanti saya pasti akan kembali menginstall Windows 10 Mobile lagi untuk melakukan review eksklusif disini — semua demi kamu dan teman-teman pembaca setia WinPoin lainnya.

Anyway, saya mau bernostalgia dulu dengan Windows Phone 8.1 ini..menikmati setiap aplikasi favorit saya yang sebelumnya bahkan tidak bisa terinstall semenjak berbulan-bulan lalu di Windows 10 Mobile Preview.

See you later ya gaes!

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.