Home News Satelit Telkom Bermasalah, Siaran TV dan ATM Terganggu

Satelit Telkom Bermasalah, Siaran TV dan ATM Terganggu

via vix.com

Satelit milik Telkom, Telkom 1 mengalami gangguan. Penonton televisi di Indonesia pun mengalami dampak gangguan ini. Kenapa?

Gangguan satelit Telkom 1 sendiri telah terjadi sejak Jumat (25/8) sore. Penonton televisi yang menyaksikannya melalui parabola mengeluhkan tayangan dari sejumlah stasiun televisi yang hilang.

Stasiun televisi yang mengalami gangguan tersebut diantaranya Trans TV, Trans 7, ANTV, dan NET. Tak lama kemudian, beberapa stasiun televisi nasional pun menyampaikan pengumumannya melalui akun sosial media.

Tak hanya stasiun TV, layanan ATM pun juga terganggu. Beberapa ATM milik BCA, Mandiri, hingga BNI dilaporkan mengalami sistem offline karena gangguan satelit Telkom.

Pihak Telkom sendiri menyampaikan permohonan maafnya dan membenarkan terjadinya gangguan pada satelit Telkom 1.

Berikut keterangan resmi Telkom:

Bahwa sekitar pukul 16.51 WIB hari ini (25/08) telah terjadi gangguan satelit Telkom 1. Saat ini Telkom dibantu oleh Lockheed Martin selaku pabrikan satelit Telkom 1 tengah melakukan proses recovery dan diperkirakan layanan kembali normal sekitar pukul 02.00 WIB (26/08).

Telkom 1 memiliki 36 transponder yang saat ini melayani kebutuhan transponder pelanggan di Indonesia dan Regional. Atas kejadian ini Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan yang terganggu.

Telkom senantiasa berupaya menjaga kualitas layanan guna menciptakan pengalaman terbaik pelanggan.

Satelit Telkom 1 diluncurkan pada tahun 1999 menggantikan satelit Palapa B2R. Satelit ini digunakan untuk mendukung perkembangan komunikasi di Indonesia.

Satelit ini mengorbit pada 108 bujur timur, dan memiliki masa waktu selama 15 tahun. Diketahui, satelit ini dihuni oleh beberapa stasiun televisi dan radio untuk mentransmisikan siaran ke masyarakat, serta digunakan untuk layanan broadband.

Update: Gangguan satelit Telkom 1 masih terjadi. Pihak Telkom meminta maaf dan akan mengalihkan ke transponder satelit Telkom 3S, dan satelit-satelit lainnya.

“Sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas kualitas layanan kepada pelanggan, Telkom saat ini melakukan recovery layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya.

Proses migrasi pelanggan Telkom 1 dimulai pada hari ini juga hingga seluruh pelanggan termigrasi. Dengan solusi migrasi ke satelit lain, diharapkan layanan pelanggan dapat kembali berjalan dengan normal.”

via Detik, CNN Indonesia

Televisi dan Gadget. Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi. Email: indrakrisnadi(at)hotmail.com