Sebenarnya Apa Kegunaan Safety Remove dan Eject pada Windows?

Ketika kamu memasukan removable disk, seperti Flashdisk, SD Card atau hardisk external, Windows mengharuskan kamu untuk melakukan Safely Remove sebelum melepasnya. Tahukah kamu kenapa hal ini dilakukan? Padahal tidak jarang orang melepas Flashdisk sebelum melakukan Safely Remove. Apa yang akan terjadi pada Flashdisk jika terus melakukan hal ini?

Tidak jarang WinPoin melakukan transfer data menggunakan Flashdisk atau Hardisk external. Kadang-kadang WinPoin lupa melakukan Safely Remove icon yang ada di system tray ketika melepas Flashdisk atau Hardisk external. Sejauh ini WinPoin tidak mengalami masalah dari Flashdisk dan Hardisk external tersebut. Lalu kenapa Windows memberikan fitur Safely Remove dan Eject pada Windows? Jika kamu pernah memiliki pertanyaan seperti ini, WinPoin akan mulai membantu kamu menjawabnya.

Sebenarnya Apa Kegunaan Safety Remove dan Eject pada Windows?

Jawaban singkat yang kamu dapatkan dari kenapa Windows memberikan fitur Safely Remove dan Eject adalah supaya Flashdisk, SD Card atau Hardisk external aman dan tidak menyebabkan file corrupt.

Ketika kamu memasukan Flashdisk, komputer akan bebas melakukan read dan write data, yang beberapa diantaranya cache. Cache tidak langsung disimpan di Flashdisk, tetapi ditulis terlebih dahulu di RAM. Jika kamu tiba-tiba mencabut Flashdisk sebelum atau ketika sedang read and write cache, maka file akan corrupt atau rusak. Tetapi Windows secara otomatis tidak menggunakan cache pada Flashdisk, kecuali kamu mengaktifkannya.

Jadi ketika kamu mencabut Flashdisk tanpa adanya proses read dan write data, tidak melakukan Safely Remove bukanlah masalah. Tetapi bila kamu melakukannya, Flashdisk akan lebih aman dan terhindar dari kerusakan. Bagaimana pengalaman kamu dengan Flashdisk yang langsung dicabut dari komputer? Sudah pernah mengalami file corrupt?

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.