Home Accessories Seperti Inilah “Tangan Virtual” yang Membuat Virtual Reality Jadi Lebih Nyata

Seperti Inilah “Tangan Virtual” yang Membuat Virtual Reality Jadi Lebih Nyata

Seperti Inilah "Tangan Virtual" yang Membuat Virtual Reality Jadi Lebih Nyata

Teknologi VR (Virtual Reality) sebenarnya sudah berhasil membuat dunia digital menjadi lebih nyata. Melalui kacamata VR kita seolah-olah benar-benar ada disana, langsung menyatu dengan dunia digital di depan kita, entah itu game, animasi 3D, ataupun konten digital lainnya.

Namun dengan tambahan teknologi tangan virtual yang tengah dikembangkan Microsoft Research, VR bakal menjadi jauh lebih nyata lagi.

Microsoft Research menamakan teknologi tangan virtualnya sebagai Handpose. Tujuan utamanya adalah untuk membuat proses interaksi dengan teknologi menjadi jauh lebih natural.

Di dunia nyata kita berinteraksi dengan berbagai obyek melalui proses mengambil, menyentuh, menggerakkan, dsb menggunakan tangan kita. Dan di dalam dunia virtual, tangan virtual inilah yang bakal melakukannya.

Dengan memasang sebuah device hand tracker khusus, setiap pergerakan tangan kamu akan ditracking dan secara akurat akan diproyeksikan menjadi tangan virtual di dalam VR.

Hasilnya kamu bisa berinteraksi dengan dunia digital di dalam VR melalui tangan virtual tersebut. Kamu bahkan bisa menjadikan tangan kamu sebagai controller game di VR.

Bagi dunia bisnis & produktivitas, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi Handpose ini untuk berinteraksi dengan PC.

Katakanlah ada Skype call masuk, kamu bisa mengangkatnya dengan menggerakkan tangan seolah2 tengah mengangkat gagang telepon. Kemudian untuk mengakhiri call cukup dengan menggerakkan tangan seolah2 seperti ketika kamu menutup gagang telepon.

Atau ketika kamu ingin Lock komputer kamu, daripada menggunakan mouse ataupun shortcut keyboard, kamu bisa menggerakkan tangan seolah-olah tengah memutar kunci. Lebih cepat, mudah, dan praktis.

Jika nantinya teknologi ini dirilis sebagai produk jadi dalam bentuk hand tracker device yang bisa dihubungkan ke PC ataupun VR, bukan tidak mungkin bakal menjadi salah satu accesories yang laris manis di masa depan.

via microsoft research

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.