Home Review Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

Windows 10 Mobile Preview Build 10512 sudah dirilis tadi pagi, dan di versi ini semua fitur komplit Windows 10 Mobile sudah bisa kamu cicipi.

Nah bagi kamu yang menantikan review Windows 10 Mobile Preview Build 10512 sebelum memutuskan untuk mencobanya sendiri, berikut ini adalah review yang kita lakukan di device Lumia 730.

 

Proses Instalasi Lancar

Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

Overall Proses instalasi Windows 10 Mobile Preview Build 10512 berjalan lancar. Kita tidak mendapati permasalahan lamanya proses migrasi yang dikabarkan terjadi di beberapa device.

Hanya saja saat proses download update kita sempat mengalami stuck 0% cukup lama, sampai akhirnya langsung jump ke 40%.

Tetapi setelah proses instalasi selesai, kita cukup terkejut dengan mulusnya performa Windows 10 Mobile Preview Build 10512 ini.

 

Performa Mulus

Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

Secara performa Windows 10 Mobile sudah berjalan cukup mulus di build ini. Lag yang sebelumnya kadang muncul disana-sini sudah jarang lagi ditemui.

 

Banyak Update Apps

Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

Setelah menginstall Windows 10 Mobile Preview Build 10512 ini, ada cukup banyak update aplikasi yang muncul di Windows Store — termasuk juga Windows Store itu sendiri.

Proses update sendiri berjalan lancar dan kita hanya mendapati dua error update yang muncul di aplikasi Skype dan Nokia account.

 

Bisa Set Wallpaper dan Lockscreen dari Photos

Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

Kini kamu bisa langsung menjadikan foto yang kamu inginkan menjadi wallpaper dan lock screen melalui aplikasi Photos. Tentu ini sangat menghemat waktu saat ingin menjadikan foto sebagai wallpaper atau lockscreen, terlebih hal ini juga jadi senada dengan fitur yang ada di Windows 10 Desktop.

 

Apps di SD Card Tidak Lagi Bermasalah

Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

Di Build sebelumnya setelah melakukan restart seringkali aplikasi yang terinstall di SD Card jadi unavailable dan tidak bisa diakses. Untuk mengatasinya kita harus melakukan restart beberapa kali dan menunggu keberuntungan datang di salah satu restart hingga masalah tersebut tidak terjadi lagi.

Namun di build 10512 ini masalah tersebut sudah tidak ada lagi. Semua aplikasi termasuk yang terinstall di SD Card bisa terdeteksi dengan baik meskipun setelah melakukan restart.

 

Notifikasi Pesan Masuk Sudah Diperbaiki

Sebelumnya beberapa kali terjadi masalah dimana tidak ada notifikasi untuk SMS yang masuk. Kini permasalahan tersebut sudah tidak ada lagi dan semua pesan yang masuk telah muncul notifikasinya.

 

Tidak Ada Lagi Crash Touchscreen

Sebelumnya sesekali terjadi crash di touch screen setelah melakukan end call. Tetapi di build ini permasalahan tersebut sudah diperbaiki.

 

Tile Folder Sudah Rapi

Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

Sebelumnya muncul masalah dimana terjadi overlapping text di tile folder. Kini permasalahan tersebut sudah tidak ada lagi dan tile folder sudah terlihat rapi.

 

Aplikasi Android Masih Berjalan Mulus

Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

Setelah proses upgrade, aplikasi Android yang terinstall di build sebelumnya masih bisa dijalankan dengan lancar dan mulus. Tidak perlu lagi reinstall APK :)) (Baca juga: Seperti Inilah Cara Install Aplikasi Android di Windows Phone)

Bagaimana, tertarik untuk menginstallnya?? Namun pastikan sebelum memutuskan untuk menginstall Windows 10 Mobile Preview Build 10512 ini, kamu sudah mengetahui 7 permasalahan yang mungkin akan kamu hadapi setelah proses instalasi build terbaru ini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Mfr Alluy

    Textbox di bbm masih tertutup navibar tdk ?

  • Markodet

    Masalah Internet sharingnya muncul ga om Feb? Soalnya sy termasuk sering make fitur ini

    • Beni Setiawan

      Internet Sharing jadi known issue di build ini

      • user.unkwon

        Di Lumia 730,bisa sharing internetnya,cuma “limited”

        • Beni Setiawan

          ya memang limited. failure IP address

      • Di L535 saya, bisa internet sharing dan nda ada masalah

        • Beni Setiawan

          bisa tapi limited access… udah di cantumin di blog windows

  • Beni Setiawan

    Problem upload foto lagi si Photo Appsnya. kayak build 10149 …. #730

  • zainzacky

    ntuk seting lock scren n bacground dri gambar lngsung .dh ad dri build sblumnya…

  • Yasar Firdaus

    stuck terus di 0% mas padahal make wifi, gimana ya solusinya?

  • Wira

    Jadi mas febian suka warna pink ya, Hmm…

  • Satria

    Yg sudah coba di L625H tolong di share, apakah masih tidak bisa aktifkan mobile data? Di build sebelum2nya selalu demikian buat L625H

    • Yocko Anaxe Packman

      Min klo ngalamin data sell off cba ke pngaturan data sell n tambah APN sndiri cukup tulis internet trus simpan sy di L920 bisa slamat nmcoba…

      • Satria

        Walopun ga bisa di On data sell, kalo di L920 nya sell data nya ada on/off nya? Kalo di L625H saya ga ada sama sekali gan, kosong aja dibawah seluler dan buat tambah/edit APN ga ada (lupa udah rollback ke 8.1 soalnya)

        • Yocko Anaxe Packman

          Ad on off nya…di atasny kan ad sim:xl/telkosel gt nah it dpncet tar ad properti pncet properti tar ad pngaturan sellular lg..

          • Satria

            Nah di L625H saya ga muncul itu semua gan, emang bugs buat L625H kayaknya

      • zainzacky

        klo di lumia 625h emmg tu masalh yg sring terjadi

  • Ikhsan Bani Isra

    di L640 XL internet sharing ga bisa ON, dan masalah keyboard yg item doang klo di landscape jg masih ada -_-

    • zainzacky

      klo d build 166 lncar d build 512 bsa sbliknya

  • sepertinya di lumia 730 build ini sudah cukup lancar, ditunggu om review dari jazz :D

  • Hendra Ir.

    upgrade dari windows 8.1 langsung kok malah dapet build 10166?? apa harus upgrade lewat build 10166?? LUMIA 535

    • zainzacky

      klo mw k buid 512 hrus mlalui build 166.
      klo dari denim brrti upgred dua kali

      • Hendra Ir.

        EMM G2,. makasih om infox..

    • Yan Jabrix

      Itu si slow ring namanya

  • perlu di hardreset dulukah ? atau langsung via update ? tapi memori internal nya bengkak sih, memori system di NL 730 ane udah 4.3 GB, sebaiknya bagaimana ya?
    Hardreset dulu baru update ke build terbaru atau langsung aja update? Trims.

    • lumia

      hard reset aja dulu gan, barusan saya kelar update gak bisa instal karena memori internal gak cukup ,akhirnya hard reset.

    • Beni Setiawan

      kalo hardreset jangan lupa login akun microsoftnya pakai secondary email.

      • Yan Jabrix

        Ane ttp pk primary,, tp utk dpt vertifikasi ane buka pk device lain

  • Yocko Anaxe Packman

    Lumia 920 lancar kayany batre yg jd boros

    • Yan Jabrix

      720 ane smenjak 10166 & yg skrng!!!,, pipi panas bngt klo pk tlp(boros battery)

  • baresi

    Ratarata sekali update ukuran file nya berapa ya ? Mau ikut insider juga hehe

  • Fauzan Fithra

    Aplikasi camera udah bisa zooming??

  • dirga wahyu adi Aksa

    Lumia camera nya udah bisa buat pause video belum pas kita lagi ngerekam ?

  • yoko

    Untuk lumia 625h masih sama ,belum bisa aktifin paket data sam sms..tapi untuk yang lainya udah sangat oke.. Aku udah upgrade,.
    Tinggal roolback lagi ntar malem..haha

    • Syafri

      Pake modem atau wifi om yoyo?

      • yoko

        Ini baru beres

    • LB Pramono

      Makasih bro infonya…
      Aku dah kapok, ujung²nya rollback lagi…

      • yoko

        Tetep aja penasaran

    • Dennis Saputra

      Semoga diperbaiki di versi slow ring :v
      Aku rollback 3kali gagal trus ni, ada pencerahan?

    • fuu

      ya elaaahhhh,mungkin L625 mulai lelah…

    • Azizie

      Suwun agan… Infonya sangat membantu… Q dah kapok jg,,. Nunggu finalnya aja,,

      • yoko

        Iya .. Tapi tetep penasaran..

    • Yan Jabrix

      Ha ha ha hp cm utk review ya?, sama aja ky kita usia review plng lama 2 hr,, abis boncos Quota,, sharing hotspot si bisa,, tp masalahnya g bs connect Open WiFi (WiFi ID),, kalo secure WiFi si slalu bisa!!!

      • yoko

        Iya ini baru beres roollback

  • Marenda Setco Ardy

    Di Lumia 535, Quiet Hours tidak bisa di matikan

    • Yocko Anaxe Packman

      Sama gan ane L920.

    • Rizky Himawan Pramaditha

      930 juga

    • Dindin Suryadi

      L530 sama

    • Yusup Wardhana

      di 1520 juga sama.. -_____-

    • Muhamad Al-Isrö

      Puna saya lancar mas. Bisa di matiin. Hotspot wifi bisa dibidupin juga..

      • Marenda Setco Ardy

        Iya memang bisa tp “Limited”

  • Kirain ada Video Hands-onnya :3
    Well ditunggu ya buat pengguna 640 XL sama 520 :)

    • Muchamad Rifny Setyawan

      520 itu yang ditunggu… :’v

  • Fauzan Fithra

    Review di lumia 535 dong..

  • Hmmm… masih lama juga nih downloadnya… Masa cuma dapat paling tinggi 280Kbps? :v

    Mungkin server penuh, apalagi yang dipake Lumia 520 :D

    • Yan Jabrix

      Klo ane pk WiFi temen 1500KBPS paling tinggi 1600,, smentara klo pk WiFi kafe mentok” 1500,, klo rame drop mpe 400-500’an.. Tp kalo d taman komplek hotspot ni mpe 2000… Ingat itu bukan itungan Kpbs,, tp KBps… Kb & KB total beda

  • Nunggu kalo semuanya udah OK

  • ad galiih

    L535 langgeng..
    Lancar abis..
    Tancap.. Touch screen jadi lebih nyaman juga..
    Makasih reviewnya..

    • Mfr Alluy

      Kalo text di bbm masih ketutupan ga gan ??

      • ad galiih

        Masih gan…
        Emang bbm dr jaman dulu gq pernah update..
        Satu²nya aplikasi chat yg ga pernah update semenjak ada technical preview.
        Alternative pake WA atau Line.

    • Heri Paski

      Mobile hotspot nya bisa gan?

      • Indra

        Limited gan di lumia 535

      • ad galiih

        Bisa gan..
        Abisbane coba td sore…

  • ericktan

    Kayak nya yg paling ane tunggu dari tampilan nya belum pada review yach…

    Hmmm mungkin masih pada seneng hati,,,

    Sudah ada yg coba TILE VERTIKAL..?

    Dan apa sudah ada pengaturan wallpaper di home screen… Ingat home screen bukan start screen..?

    Bisa live nggak wallpaper start screen ?

    Tanks GAESSSS for youre answer..!?

  • Faradifan Sastra

    Kalo poin yg bisa set wallpaper dan lockscreen dr photo bukannya dr build 10166 udah bisa?

    • Yoga Ts

      Iya Gan… barusan ane mau komen gitu…

    • Jamood

      Iya gan bisa tapi kasus ane aneh gan…
      Awal update layanan ini memang ada di build 10166 gnti background dri foto, tapi setelah ane Hard reset lumia nya layanannya ilang gan, wkwkekw ,

      • Faradifan Sastra

        Namanya juga beta gan.. Klo versi final yg gtu ya itu aneh wkwkw

  • tept

    some update files missing….L 640 gagal update deh..
    kenapa ya

  • banaspati

    Punya ane mandek di 4% gk jalan2 lg gan udah seharian. Ada yg punya solusi agan? L1520 at&t

    • sufa

      Wah ane blm coba instal om

  • Mochammad Reza

    Min,mobile hotspot gimana? Bisa gak? Lumia saya 730 juga

  • Sultan

    lagi upgrade L720

    • abydarda

      kasih reviewnya gan kalo udah update, ane l720 juga nih

  • Muhamad Saiful Amin

    Di lumia 630 lancar, halus, no lag.

  • marzuki

    Fitur yg paling saya tunggu di win 10 adalah support USB OTG….gimana admin dan teman-temen yg sudah upgrade ke firmware terbaru……?

  • Aprianto

    Untuk lumia 730 d tunggu ane udh download tpi blum d pasang takutnya bugs nya parah. .

  • tolong min, kenapa bisa jadi gini? :'(

    • Jamshee Yusuph

      Begini apanya?

    • WSreset.exe gan coba

    • Radhen Mass Pungky

      Nah sama gan win 10 ane juga gtu . Live tile nya suka gelap sndiri trus jadi gelap bgt . Itu knpa ya

  • ada yang kena bluescreen BitLocker? ada yangg tau solusinya?

  • Kulo Widodo Mawon

    L925 paket data, sms, apps office, swipe foto, kalkulator gimana min, itu yang kusebutin bermasalah semua di build 10166 dan sekarang ane rollback ke wp 8.1

    • marzuki

      Apakah di build ini sdh mendukung usb otg…..gan….?penasaran soalnya sama2 pengguna L925 yg minim internal memory.

  • Angga Yanuar Putra

    Lgi update nih L730 ane..smoga lancar jaya..

  • banaspati

    Punya ane gk bisa2 gan hik hik

    • Ekobaco

      Lumia pa gan…..punya lancar gan…gak ada bug2an…..

    • Ekobaco

      Lumia pa gan…..knpa tdak bsa update..

  • Jamshee Yusuph

    Aduh sudah ga sabar ini tunggu finalnya Windows 10 Mobile, kapan sih rilisnya min? ada kabar ga?

  • Muhamad Al-Isrö

    Mobile hotspot bisa di l535

    • Beni Setiawan

      iya connect, tapi Limited Connection …. kan udah di jelasin di Blog Windows .. IP Failure

    • Fahru Azib

      gan aplikasi path sama instagram bisa gak gan? di ane gak bisa ke buka 2’2 nya, tolong bantuannya yah gan

  • sugeng

    di L535 sejauh ini lancar…awal pasca instalasi quiet hours kondisi off…. setelah update bbrp aplikasi bawwan OS…skrg quiet hours kondisi on ..tidak bisa di off..untuk kolom chat BBM masih tertutup…sptny BB yang harus update aplikasinya menyesuaikan perubahan di WM 10….(WA tidak bisa attach lgs dr kamera..)

    • Gilang Ramadhan

      Kalo line lancar ndak?

  • Novi Krishatno Putera

    Ane kok gagal trs update ke versi 10512 :( keluar tulisan error code 0x80070003. apa perlu di rollback ke 8.1 dl? Ane msh di versi 10166 soalnya. Mohon pencerahannya suhu2 lumia dimari.

    nb: Device ane L730

  • Dwi

    iya nih proses download updatenya stuck lama di 0%. sudah lebih dari 2 jam belum jalan juga

  • Rievky Benity

    Wah kalo set wallpaper/lockscreen dari aplikasi photos kayanya udah ada deh di build 10166, lumia 535 saya bisa kok

    • Yan Jabrix

      D 136 2 previous build’a Gan!!!,, 720 uda pnya option trsbt(10136 trdahulu)

  • Angga Yanuar Putra

    Sdkit riview di L730ku
    Yg pling mengganggu adlh quite hours gk mau mati2..
    Background udh bsa di gnti..yeaaay
    Lag masih sdkit ada saat scroll k atas n kbwah..
    Trs ada apps lumia selfie gnti design baru >.<
    Mslh sd card udh aman saat di restart..

    Mngkin smntara itu dlu…

  • Agi

    Min ane dapet mail nih “Enter the Windows 10 IoT Core – Home Automation Contest” dari microsoft . Jelasin dong

  • boms

    l 520 lancar, office full..nga ada lg ‘ not for resale’

  • Server penuh dugaannya saya…
    Sinyal bagus apalagi speednya, saya pake WiFi Pribadi (Bolt) speed normal itu 7Mbps bisa lebih (Mega bit)

  • Ham Dhani

    Untuk lumia 535 instagram path dan twitter ga bisa dibuka alias force close..mau di rollback juga kayaknya ni

  • chunz

    Lumia 730 saya masih sama,app yg d sd card suka error,trus aap line tidak bisa pakai data seluler harus pakai wifi,trus beberapa app seperti bbm,whatsaap dan 6tag tidak bisa mengakses camera,jadi klau mau share foto harus melalui album dulu tidak bisa langsng dari camera,,,terus untuk update app dari store taw download masih agak susah,,,

  • fahrizal ahmad

    Di ver ini winpoin ga bs ke buka gan, ada bugs notifikasinya…..

  • Wahyu Praptomo

    aku daftar insider aku cek update di L520 dapet updatean. tp blm berani update. mungkin dah ada yg nyoba? tolong kasih review :)

  • Aynu Rohim

    untuk lumia 535 dual sim kok aplikasi path sama aplikasi instagram beta gak bisa dibuka ya mas, aduh nyesel

  • Aynu Rohim

    oh ada updatelan lagi, malem ini tapi super dah lamanya semoga besok pagi udah selesai downloadnya, oh ya gan sekalian ini mau tanya, saya pengguna LUMIA 535, kok tombol back menu sama pencarian gak bisa diminalkan lagi ya, padahal pas windows 8.1 tombol back menu pencarian biasanya ngumpet sendiri, lah ini muncul terus, susahnya kalau mau chat di bbm, kemakan celah tombol back menu dan pencarian itu, tolong kalau ada yang tau cara meminimalkan tombol itu, makasih mas dan mbak mbaknya

  • perfectminor

    Tested by my Lumia

    Lumia 625H:
    – On/Off data masih sama, belum bisa diaktif dan nonaktifkan.
    – Proses uninstall app masih belum sempurna, kadang masih ada aplikasinya walaupun sudah diuninstall namun tidak bisa dibuka.
    – Baterai sangat cepat boros, masih baik dibuild sebelumnya.

    Lumia 820:
    – Proses buka Store sangat lama walaupun pakai data yg lumayan kenceng.
    – Install aplikasi juga lama.
    – sangat sangat sangat boros baterai, yg sudah diketahui Lumia 820 cuma 1650mAh. Tahan hanya 1 jam buat buka Groove Music.
    – Device menjadi lebih cepat panas.

  • Latif Brilliant Smartjunior

    L535 dh bsa upgrade gan? Yg dah nyoba tlong shre yaw, tq

  • di Build 10512 NL 730 DS, ane bermasalah sama notification nya, ada bacaan ” some settings are managed by your organization .” itu gimana cara memperbaikinya ya ? Thanks.

  • ada yang ngalamin masalah ini : “Some settings are managed by your organization” di sub notification and actions.
    ane gabisa fix-in daripada, mhon bantuannya.

  • Wahyu ELok Prastyawan

    Compatible kah di l535, kmrin saya barusan rool back

  • Surya Dirja

    Yang masih pakai build terbaru di L535 sampai sekarang bagaimana hasilnya? Tolong bagi pengalamannya ya

  • Exa

    Kapan min rilisnya windows 10 mobilenya ? Udah gk sabar pengen update nih .

  • AmoRutup

    Build 10512 di lumia 1020 malah tambah lambat, mendingan build sebelumnya

  • Kok di L535 ku downloadnya stuck di 0% ?? Ada solusi??? ….

  • H Icang Zakki SE

    di lumia 640xl ku masih tidak nyaman menggunakan winphone 10 ini…baik yg dulu sampai update terakhir… kadang kadang hape tidak merespon untuk ketuk 2 kali akhirnya cabut batere kadang wifi juga gak bisa konek…

  • fajar

    Untuk bbm bisa buka aplikasinya tetapi tidak bisa kirim foto dan gk bisa munculin keyboardnya,terus path tidak bisa ke buka sama sekali

    • Fahru Azib

      betul gan gua juga gak bisa buka aplikasi path sama instagram