Seperti yang kita tahu, Apple telah meluncurkan Apple Silicon M1 yang sudah hadir pada beberapa lini perangkatnya, sebut saja Macbook Pro, Macbook Air dan Mac Mini, banyak sekali hal baru yang mengubah teknologi mereka, semua karena daya yang diberikan cukup minim tanpa meninggalkan performa yang tetap juara.

Bahkan Chip SQ1 yang dimiliki Microsoft pada perangkat Surface Pro X sendiri kalah saing dengan chip M1 tersebut ketika menjalankan Windows 10 ARM, bahkan itu via Emulator, kamu bisa melihat artikel Windows 10 ARM Berjalan Lebih Cepat di Apple M1 Dibandingkan Surface Pro X untuk melihat perbandingannya.

Karena tampak kalah saing, Microsoft juga sepertinya mulai mempertimbangkan untuk mengerjakan Chip ARM kustomnya sendiri, bukan seperti SQ1 dan SQ2 yang dikembangkan bersama Qualcomm, melainkan benar benar Chipset Microsoft sendiri.

Dan dilansir dari halaman Bloomberg, tujuan dari chip baru ini adalah untuk memberi daya pada produk Microsoft Surface dan Server, yang mana dengan itu Microsoft juga memiliki tujuan jangka panjang yang sama dengan Apple yaitu mengurangi ketergantungan pada Intel dan sebagai gantinya menggunakan produk internal yang lebih dioptimalkan untuk perangkat perusahaan sendiri, termasuk pada perangkat Server dan Azure mereka.

Meskipun begitu, sampai saat ini belum jelas informasi akan seperti apa chip baru ini, apakah chip ini hanya untuk Server atau Surface saja atau bisa juga untuk Desktop?, atau apakah chip baru ini akan kembali dikembangkan bersama Qualcomm, banyak pertanyaan mengenai hal ini, karena bagaimanapun Microsoft juga mengatakan bahwa ini hanyalah tahap pengembangan awal.

Setelah Chipset SQ yang dikembangkan Microsoft bersama Qualcomm sebelumnya, dengan kabar ini, bisa dibilang cepat atau lambat suatu saat nanti Microsoft akan dapat melakukan semuanya tanpa memerlukan mitra untuk mendukung produknya.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini?, apakah Microsoft juga akan meninggalkan Qualcomm untuk membangun chipset barunya, ataukah Microsoft akan tetap bekerja sama untuk meningkatkan generasi chip SQ lainnya?.

Silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : Bloomberg, News Softpedia

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.