Riwayat OS Tan

Mungkin kamu pernah melihat atau membaca di beberapa forum karakter-karakter imut yang mewakili generasi Windows. Karakter-karakter ini popular dengan nama OS~tan. Yup. OS yang dimaksud adalah Operating System, dan seperti yang kita tahu, Windows adalah OS paling popular di muka bumi ini. Sedangkan “tan” adalah akhiran yang merupakan panggilan kesayangan berkesan imut kepada orang yang dianggap lebih kecil (semacam plesetan dari ~chan untuk mengesankan keakraban).

Singkatnya, OS~tan adalah antropomorfisme, atau atribusi karakter manusia ke subjek yang bukan manusia, dalam hal ini seperti menghidupkan Operating System menjadi sebuah karakter utuh. Karena karakter yang dibuat dari sini kesemuanya mengutamakan keimutan, maka dalam istilah Jepang, ini adalah antropomorfisme moe dari Operating System (moe adalah istilah yang digunakan untuk menyebut ‘imut’ pada suatu karakter).

 

Riwayat

Keluarga OS~tan bermula dari aktivitas iseng member Futaba Channel atau yang populer dengan istilah 2chan, sebuah forum image board di Jepang (bayangkan saja Forum Winpoin, tapi sebagian besar digunakan untuk berbagi gambar). Dia menggambar karakter gadis berambut hijau yang imut tapi sangat bodoh dan ceroboh, untuk menggambarkan Windows ME yang sangat tidak stabil.

Riwayat OS Tan

Karakter ini popular karena sekaligus menjadi bahan bully bagi Microsoft, disebarkan melalui meme ataupun fasilitas kirim gambar. Beberapa saat setelah popularitas ME~tan meledak, anggota forum lalu ramai-ramai membuat versi moe dari semua produk Windows. Ini bahkan kemudian meluas ke berbagai produk IT lainnya seperti Internet Explorer, Mozilla, dan Chrome. Namun bagaimanapun juga, keluarga Windows, yang kemudian popular dengan sebutan OS~tan, memiliki popularitas tertinggi sampai-sampai dibuatkan karakter yang solid, dilengkapi dengan seiyuu (pengisi suara) yang handal – tentu saja dengan izin Microsoft, karena ini kemudian malah dijadikan iklan untuk produk Windows di Jepang.

Setelah kemunculan banyak karakter imut Windows, ME~tan tetap menjadi salah satu tonggak sejarah dan salah satu karakter terpopuler, bahkan muncul lewat video berbau sindiran berikut:

 

Berbagai Karakter OS~tan yang Imut

Karena begitu banyaknya versi Windows dan semuanya dibuatkan karakter, maka Winpoin hanya akan mengulas beberapa karakter saja, terutama yang populer.

MS-Dos~Tan

Riwayat OS Tan

MS-Dos~tan adalah gadis berambut kelabu yang membawa cartridge besar berbentuk tas dengan logo MSX-Dos. Popularitas karakter ini bahkan menjadikan Dos~tan sebagai heroine utama sebuah game.

 

Windows 95

Riwayat OS Tan

Sebagai OS Windows 32-bit paling tua, 95~tan diwakilkan dalam karakter seorang lady tradisional dari era awal modern di Jepang. Biasanya digambarkan sebagai wanita berambut coklat berpakaian kimono. Seringkali karakter ini digambarkan memegang katana dengan sikap yang agresif, melambangkan kemampuan dan dominasi Windows 95 pada zamannya.

 

Windows Me

Riwayat OS Tan

Seperti yang diceritakan di awal, Me~tan adalah karakter yang mengawali tren OS~tan. Digambarkan sebagai gadis imut berambut hijau nan ceroboh melambangkan Windows ME yang mudah crash dan mengalami masalah. Meskipun begitu, gadis ini adalah pekerja keras yang rajin loh.

 

Windows XP

Riwayat OS Tan

XP~tan diwakili oleh seorang gadis berambut hitam dengan ornament XP pada pita rambutnya. Penampilannya yang terlihat simpel dan ringkas ini menunjukkan betapa Windows XP sangat bermanfaat pada zamannya. Dan… Uhm.. Dadanya yang besar menunjukkan potensi tak terbatas Windows XP pada masa tersebut.

 

Windows 7

Riwayat OS Tan

Seven~tan mungkin karakter yang mengawali pemberian nama spesifik pada OS~tan. Dia diberi nama Nanami Madobe, bahkan untuk pertama kalinya dibuatkan suara yang diisi oleh seiyuu dan idol ternama di Jepang, Nana Mizuki. Akting suaranya yang terbaru dapat kamu saksikan di Cross Ange (Oh, wait… Sebaiknya kamu tidak menontonnya karena anime ini merupakan salah satu anime gado-gado mecha dan ecchi – alias robot-robotan campur mesum paling parah tapi paling laris sepanjang 2015). Gadis yang diakui sebagai salah satu seiyuu tercantik ini juga memiliki barisan penggemar berani mati yang konon selalu membeli semua produk yang diendorse Nana Mizuki.

Faktanya, Windows 7 bukan hanya OS paling populer sedunia, tapi juga merupakan OS~tan paling laris dan populer. Akiba PC, sebuah portal berita teknologi di Jepang melaporkan bahwa perilisan 7777 kopi dari Windows 7 Ultimate DSP edition, termasuk wallpaper khusus dan suara seven~tan ludes diborong beberapa hari setelah rilis. Satu premium set terdiri atas Windows 7 dengan tema menampilkan 3 wallpaper nanami, 19 set suara, serta CD dengan 5 ekstra suara Nanami. Menjadikannya OS~tan paling laris secara komersial.

 

Windows 8

Riwayat OS Tan

Windows 8 diwakili oleh dua gadis kembar (mungkin karena Windows 8 memiliki dua versi), yaitu Madobe Yu dan Madobe Ai. Paket Windows 8 dengan karakter imut ini juga laku keras (meskipun sedikit jauh dengan hasil seven~tan), terdiri atas 3 paket wallpaper, gambar password, Microsoft wedge touch mouse dan tentu saja suara dari dua karakter tersebut. Kali ini seiyuu untuk Yu dipercayakan pada Asuka Nishi, sementara Ai yang berambut panjang disuarakan oleh Nao Tamura.

 

Windows 10

Riwayat OS Tan

Meskipun belum rilis, sudah disiapkan karakter untuk OS~tan, bahkan sudah ditunjuk seiyuu untuk menyuarakan karakter yang sepertinya adalah versi Windows paling heboh ini. Belum banyak katerangan terkait Ten~tan. Diskusi Winpoin tentang OS~tan yang satu ini dapat kamu simak di sini.

 

Kesimpulan

Lini OS~tan menjadikan Windows yang selalu berkesan serius dan digunakan untuk bekerja menjadi lebih fresh dan menyegarkan. Beberapa orang memang betah berlama-lama bekerja bila ditemani ‘lingkungan’ kerja yang menyenangkan dan memompa semangat (seperti dikelilingi karakter-karakter imut). Fenomena OS~tan ini sekaligus menjadi amunisi bagi marketing Microsoft untuk terus menancapkan kukunya di pasar Jepang.

 

Bonus

Ekstra komik tentang XP~tan. Baca tiap baris dari kolom kiri ke kolom kanan (atas bawah kiri – lalu atas bawah kanan) ya…

Hal.1

XPstory_1XPstory_2

 

Hal.2

XPstory_3XPstory_4

 

Hal.3

XPstory_5XPstory_6

 

Hal.4

XPstory_7

Selamat jalan XP~tan… :(

Terima kasih sudah menemani kamiii… :(

  Ubuntu 18.10, Kurang Apa Lagi..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.