Home Editorial OS~Tan – si Imut yang Melumerkan Hati Kamu

OS~Tan – si Imut yang Melumerkan Hati Kamu

Riwayat OS Tan

Mungkin kamu pernah melihat atau membaca di beberapa forum karakter-karakter imut yang mewakili generasi Windows. Karakter-karakter ini popular dengan nama OS~tan. Yup. OS yang dimaksud adalah Operating System, dan seperti yang kita tahu, Windows adalah OS paling popular di muka bumi ini. Sedangkan “tan” adalah akhiran yang merupakan panggilan kesayangan berkesan imut kepada orang yang dianggap lebih kecil (semacam plesetan dari ~chan untuk mengesankan keakraban).

Singkatnya, OS~tan adalah antropomorfisme, atau atribusi karakter manusia ke subjek yang bukan manusia, dalam hal ini seperti menghidupkan Operating System menjadi sebuah karakter utuh. Karena karakter yang dibuat dari sini kesemuanya mengutamakan keimutan, maka dalam istilah Jepang, ini adalah antropomorfisme moe dari Operating System (moe adalah istilah yang digunakan untuk menyebut ‘imut’ pada suatu karakter).

 

Riwayat

Keluarga OS~tan bermula dari aktivitas iseng member Futaba Channel atau yang populer dengan istilah 2chan, sebuah forum image board di Jepang (bayangkan saja Forum Winpoin, tapi sebagian besar digunakan untuk berbagi gambar). Dia menggambar karakter gadis berambut hijau yang imut tapi sangat bodoh dan ceroboh, untuk menggambarkan Windows ME yang sangat tidak stabil.

Riwayat OS Tan

Karakter ini popular karena sekaligus menjadi bahan bully bagi Microsoft, disebarkan melalui meme ataupun fasilitas kirim gambar. Beberapa saat setelah popularitas ME~tan meledak, anggota forum lalu ramai-ramai membuat versi moe dari semua produk Windows. Ini bahkan kemudian meluas ke berbagai produk IT lainnya seperti Internet Explorer, Mozilla, dan Chrome. Namun bagaimanapun juga, keluarga Windows, yang kemudian popular dengan sebutan OS~tan, memiliki popularitas tertinggi sampai-sampai dibuatkan karakter yang solid, dilengkapi dengan seiyuu (pengisi suara) yang handal – tentu saja dengan izin Microsoft, karena ini kemudian malah dijadikan iklan untuk produk Windows di Jepang.

Setelah kemunculan banyak karakter imut Windows, ME~tan tetap menjadi salah satu tonggak sejarah dan salah satu karakter terpopuler, bahkan muncul lewat video berbau sindiran berikut:

 

Berbagai Karakter OS~tan yang Imut

Karena begitu banyaknya versi Windows dan semuanya dibuatkan karakter, maka Winpoin hanya akan mengulas beberapa karakter saja, terutama yang populer.

MS-Dos~Tan

Riwayat OS Tan

MS-Dos~tan adalah gadis berambut kelabu yang membawa cartridge besar berbentuk tas dengan logo MSX-Dos. Popularitas karakter ini bahkan menjadikan Dos~tan sebagai heroine utama sebuah game.

 

Windows 95

Riwayat OS Tan

Sebagai OS Windows 32-bit paling tua, 95~tan diwakilkan dalam karakter seorang lady tradisional dari era awal modern di Jepang. Biasanya digambarkan sebagai wanita berambut coklat berpakaian kimono. Seringkali karakter ini digambarkan memegang katana dengan sikap yang agresif, melambangkan kemampuan dan dominasi Windows 95 pada zamannya.

 

Windows Me

Riwayat OS Tan

Seperti yang diceritakan di awal, Me~tan adalah karakter yang mengawali tren OS~tan. Digambarkan sebagai gadis imut berambut hijau nan ceroboh melambangkan Windows ME yang mudah crash dan mengalami masalah. Meskipun begitu, gadis ini adalah pekerja keras yang rajin loh.

 

Windows XP

Riwayat OS Tan

XP~tan diwakili oleh seorang gadis berambut hitam dengan ornament XP pada pita rambutnya. Penampilannya yang terlihat simpel dan ringkas ini menunjukkan betapa Windows XP sangat bermanfaat pada zamannya. Dan… Uhm.. Dadanya yang besar menunjukkan potensi tak terbatas Windows XP pada masa tersebut.

 

Windows 7

Riwayat OS Tan

Seven~tan mungkin karakter yang mengawali pemberian nama spesifik pada OS~tan. Dia diberi nama Nanami Madobe, bahkan untuk pertama kalinya dibuatkan suara yang diisi oleh seiyuu dan idol ternama di Jepang, Nana Mizuki. Akting suaranya yang terbaru dapat kamu saksikan di Cross Ange (Oh, wait… Sebaiknya kamu tidak menontonnya karena anime ini merupakan salah satu anime gado-gado mecha dan ecchi – alias robot-robotan campur mesum paling parah tapi paling laris sepanjang 2015). Gadis yang diakui sebagai salah satu seiyuu tercantik ini juga memiliki barisan penggemar berani mati yang konon selalu membeli semua produk yang diendorse Nana Mizuki.

Faktanya, Windows 7 bukan hanya OS paling populer sedunia, tapi juga merupakan OS~tan paling laris dan populer. Akiba PC, sebuah portal berita teknologi di Jepang melaporkan bahwa perilisan 7777 kopi dari Windows 7 Ultimate DSP edition, termasuk wallpaper khusus dan suara seven~tan ludes diborong beberapa hari setelah rilis. Satu premium set terdiri atas Windows 7 dengan tema menampilkan 3 wallpaper nanami, 19 set suara, serta CD dengan 5 ekstra suara Nanami. Menjadikannya OS~tan paling laris secara komersial.

 

Windows 8

Riwayat OS Tan

Windows 8 diwakili oleh dua gadis kembar (mungkin karena Windows 8 memiliki dua versi), yaitu Madobe Yu dan Madobe Ai. Paket Windows 8 dengan karakter imut ini juga laku keras (meskipun sedikit jauh dengan hasil seven~tan), terdiri atas 3 paket wallpaper, gambar password, Microsoft wedge touch mouse dan tentu saja suara dari dua karakter tersebut. Kali ini seiyuu untuk Yu dipercayakan pada Asuka Nishi, sementara Ai yang berambut panjang disuarakan oleh Nao Tamura.

 

Windows 10

Riwayat OS Tan

Meskipun belum rilis, sudah disiapkan karakter untuk OS~tan, bahkan sudah ditunjuk seiyuu untuk menyuarakan karakter yang sepertinya adalah versi Windows paling heboh ini. Belum banyak katerangan terkait Ten~tan. Diskusi Winpoin tentang OS~tan yang satu ini dapat kamu simak di sini.

 

Kesimpulan

Lini OS~tan menjadikan Windows yang selalu berkesan serius dan digunakan untuk bekerja menjadi lebih fresh dan menyegarkan. Beberapa orang memang betah berlama-lama bekerja bila ditemani ‘lingkungan’ kerja yang menyenangkan dan memompa semangat (seperti dikelilingi karakter-karakter imut). Fenomena OS~tan ini sekaligus menjadi amunisi bagi marketing Microsoft untuk terus menancapkan kukunya di pasar Jepang.

 

Bonus

Ekstra komik tentang XP~tan. Baca tiap baris dari kolom kiri ke kolom kanan (atas bawah kiri – lalu atas bawah kanan) ya…

Hal.1

XPstory_1XPstory_2

 

Hal.2

XPstory_3XPstory_4

 

Hal.3

XPstory_5XPstory_6

 

Hal.4

XPstory_7

Selamat jalan XP~tan… :(

Terima kasih sudah menemani kamiii… :(

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Aji Saputra Raka Siwi

    Bagaimana mungkin melihat paha bisa melumerkan hati? Yang ada melumerkan syahwat wkwkwk

    • :v

    • Andrie Anugrah

      Njir :v

    • Berarti kamu fokus ke arah yang salah… ( 0 0)/

      Coba perhatikan matanya yang berbinar, dadanya yang… Eh, maksudku matanya yang bulat teduh, helai-helai rambut yang berkibaran ditiup angin, dadanya yang… eh maksudku bibirnya yang merona merekah separuh menanti harap… da….

      *hosh hosh… Memang susah fokus ke arah lain* (> <)

    • Creeper

      Njeerrr :v iman kita diuji broo :p

    • njiiir … tobat nak … :v

    • Randy surya

      situ nafsu ngeliat 2d ? wah situ kelainan ya ?
      VVIBU LO

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        eeh biarkan dia berekspresi.. sesukanya..

  • Yusif madoka

    wah kapan nih winpoin buat karakter maskotnya padahal di tetangga sudah mempunyai maskot -tan nya

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      kenapa gak ambil saja keluarga somat dan bang jarwo?

      • Ojo Nessu

        aku setuju…

    • Wah, ide bagus. Ntar coba didesainkan (> <)/

      • Creeper

        Desainnya yg bagus om :)

      • Hamidun Nafi As Sabbr

        Buat sayembara.. Hehe

      • sip.

  • Nurcahya

    penulisnya pasti mas kiki :v

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      kentara banget.. waifu

      • hprabowo

        wkwkwk, kalo bahasanya waifu mesti mas kiki, :v

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          setuju..

    • pasti :v

    • Kalian semua tukang tuduh! (> <)

      Kebetulan banyak terjadi di bumi ini… (0 0)/

      • Nurcahya

        tuntutan pekerjaan ternyata :v

        • Lah, malah percaya… :D

  • Randy surya

    ga nyangka ternyata member winpoin ada yg wibusug dan otakudang
    bentar lagi pasti komentar gw di hapus pfft

    • Hlaah… Mana pernah hapus-hapus komen. Biasanya malah Randy dikangenin di sini ( 0 0)/

      *Minimal bukan aku yang hapus kalo ada kejadian gitu*

    • YanDhika

      :v ada yang punya tabung ijo :v ?
      masih mending otaku dari pada kau :v OTAK SINET ALAY :v JIPLAK ABIS

      • Randy surya

        VVIBU LO !

        • YanDhika

          kenapa? kau malu mengakui tontonanmu hasil jiplakan?

          • Randy surya

            sok tau ya
            gw nonton nya skrg hbo natgeo fox fx tuh

            yee dasar wibu
            suka kok sama 2d? atau jgn jgn lu suka cium sama jilatin monitor yaa ky otakudang lain :v

          • YanDhika

            kenapa? masalah? situ ngurus? urus dirimu sendiri :v semua orang punya kebebasan…
            daripada situ :v nuduh orang, puasamu BATAL :v kasihan banget

          • YanDhika

            terus? masalah? mau aku tularin? sini… sini aku tularin :v daripada hidup kau MONO TONE

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            “sok tau ya
            gw nonton nya skrg hbo natgeo fox fx tuh” ini debat OS apa langsung nonton tipi??

        • YanDhika

          oh iya satu lagi, KAU ORANG KESEPIAN KAH? kenapa nimbrung di mari? di sini nggak ada yang bahas laggy droid 512mb :P

        • YanDhika

          terus? daripada kau? BACOT BUKAN PADA TEMPATNYA :v kurang perhatian kah di rumah pppft :v ciri ciri JONES

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      nah.. ini namanya pencemaran nama baik.. ..

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      “ga nyangka ternyata member winpoin ada yg wibusug dan otakudang
      bentar lagi pasti komentar gw di hapus pfft” ciee.. yang berhak menghapus HANYA User berstatus sebagai Moderator… .. btw coba ulangi lagi.. komen lo yg kena hapus moderator

  • Pas baca bagian Windows XP begitu echi rasanya :v

  • Agi

    W suka win10

  • Ferdi Royen

    Dan… Uhm.. Dadanya yang besar menunjukkan potensi tak terbatas Windows XP pada masa tersebut.

  • Yofie Muhammad Al-Ghiffary

    Sedih banget gw liat XP~tan :'(

  • Andri Jaya

    Sedih ane liat xp-tan

  • Agung

    Jujur ane kurang ngerti anime gan, klo doraemon itu anime bukan yak? hehe..

    • YanDhika

      yap itu anime

    • Beda istilah aja kok. Kita nyebutnya kartun.

      Itu penyebutan Jepang sendiri terhadap film kartunnya.

  • YanDhika

    Cross Ange :v
    anime di mana char cowok kepalanya selalu nyungsep di
    ah sudahlah :v

  • ZAY

    :v That is om kiki

    _-_ hmmm sudah ku duga dan uhm …. yang besar menunjukan potensi tak terbatas windows XP pada masa tersebut

    uhm
    ehem

    ehem
    ehuk uhuk :v

  • goodbye xp-tan :'( ,
    seharusnya artikel ini berisi ulasan yang mencerminkan otaku om,bukan weaboo :D

    • Karena daku enggak berani ngaku otaku.

      Itu level dewa. Pengetahuanku masih kurang jauh. (> <)

      • kalau weaboo lebih parah om,itu untuk mengungkapkan orang yang merasa dirinya tinggal di jepang,dan jepang adalah negara terbaik baginya :D

  • Windi M Krisam

    lini Lumia kagak d bikinin nih sama Microsoft

    • RiDho Ahmad

      Lumia samain aja dirangkap.. misalnya Windows Phone 8 anggap OS-tannya Ai & Yuu juga .. kan Windows 8 & Windows Phone 8 sama aja

  • Mochammad Reza

    Haha,baru tau pemasaran OS Windows di jepang begitu,lucu ada ciri khas nya kalo di jepang anime…

  • Rasshid

    Masih mendingan Inori :v

  • njiir bagus nih artikelnya, Ctrl + D dulu.

    sip deh buat @Ambrosiana:disqus wkwkwk…

  • awan

    cross sange ??? 1 eps aja udah bkin gw muak ,mungkin yg bkin laris faktor nana mizukinya

  • Reza

    anjir nge feels :’v

  • BUDI

    Nambahan : sejak Nanami (Windows7-tan) mereka punya nama keluarga yaitu : MADOBE (Windows in English)

    Madobe Nanami (Windows 7)
    Madobe Yuu & Ai (Windows 8)
    Madobe ? (Windows 10)

  • akhirnya om mengaku :D wkwkwkwk

  • Susanto

    punya wallpapernya gak om? untuk dijadiin desktop background.
    bahrelway masa sih cross ange laris? di MAL aja score nya jelek, fansub indo yg garap pun cuma 2 atau 3 :o

    • Kalau skor mah wajar jelek. Ceritanya kacrut abis, plot twist maksa.

      Tapi yang nonton banyak tuh… Penjualannya konsisten di 7 besar per minggu episode.

      Alasannya sama kayak kenapa High School DxD laris :D

  • RiDho Ahmad

    ( rada badmood juga ngasih komen telat ke artikel yg udah sebulan .. maklum abis vakum (krisis internet) )

    kalau ane tidak berlebihan ini adalah salah satu postingan artikel di portal yg ane tunggu2 dan paling menyenagkan untuk dibaca :v .. mengingat ane cinta bgt ama OS-tan dari 2tahun lalu lengket bgt ama Nanami (laptop) & sejak tahun lalu ama si kembar (Smartphone WP)
    apalagi terlebih setelah bertapa 3 bulan, pas ke duniamaya udah banyak aja hal mengejutkan terjadi di dunia maya.. khususnya 10-tan udah lahir :D

    klo boleh ane tambahin OS-tan yg lain ada OS-tan Windows 3.1 ,
    Windows 98 & 98 SE , Windows 2000 , XP Home edition , dan Vista (3 edisi)
    OS-tan Windows yg Official itu cuma dari 7-tan, 8, serta ada juga Windows Azure dengan Claudia Madobe, IE dengan Inori Aizawa & Silverlight dengan Hikaru Aizawa; Inori ampe punya fb fanpage sendiri :v

    btw 10-tan belum punya nama, barusan nemu di haruhichan di postingannya bisa kasih polling/saran
    klo ane kasih nama Juuri Madobe / 窓辺十里

  • Ivan Arrianto

    Windows Vista-nya mana? Apa karena dadanya yang ehm, lebih waw dari xp-tan?