Selain merilis Windows 11 Microsoft juga merilis informasi mengenai rencana siklus hidup dan layanan dari Windows 11 untuk pengguna mainstream dan korporat. Jadi informasi ini berkaitan dengan bagaimana Microsoft mendistribusikan update ke pengguna ekosistem Windows 11.

Siklus Update Windows 11

Windows 11 akan mendapatkan feature update setahun sekali, update akan dirilis pada paruh kedua pada tahun tersebut. Pengguna edisi Home, Professional, Professional for Workstations, dan Professional for Education akan mendapat dukungan selama 24 bulan semenjak feature update dirilis, sedangkan edisi Enterprise dan Education akan mendapat dukungan selama 36 bulan.

Windows 11 untuk pengguna mainstream

Pengguna end-user bisa mengendalikan Windows Update pada perangkat yang mereka gunakan, pengguna bisa menjadwalkan reboot, pause update, dan memilih optional update yang ingin di-install.

Upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 akan menjadi update optional. Penawaran upgrade akan muncul pada pengguna dengan perangkat yang memenuhi spesifikasi standar.

Windows 11 untuk korporat (Enterprise)

Sama dengan Windows 10, pengguna Windows 11 edisi Enterprise masih bisa menggunakan deployment tools seperti Windows Update for Business, Microsoft Endpoint Manager, dan Windows Autopilot.

Sebelum upgrade, pengguna bisa menggunakan Endpoint Analytics dan Update Compliance sebagai verifikasi apakah perangkat yang ada kompatibel dengan Windows 11 atau tidak.

Cumulative Update

Masih sama dengan Windows 10, Windows 11 juga akan mendapati cumulative update bulanan (atau disebut ‘release B’ atau patch tuesday) namun ukuran update-nya lebih kecil hingga 40% di Windows 11.

Selain itu Microsoft juga merilis preview update bulanan (atau disebut ‘release C’) untuk pengguna yang terdaftar pada program Windows Insider atau Windows Insider Program for Business.

Windows 10 version 21H2

Microsoft masih akan mendukung sistem operasi Windows 10 hingga 14 Oktober, 2025. Tahun ini, Microsoft akan merilis Windows 10 versi 21H2, bersamaan dengan Windows 10 edisi Long-Term Servicing Channel (LTSC).

Source: Microsoft

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.