Home News Skype Tidak Lagi Berjalan di Windows Phone 8.1 ke Bawah

Skype Tidak Lagi Berjalan di Windows Phone 8.1 ke Bawah

Untuk pengguna Windows Phone 8.1, nampaknya kita harus mulai merelakan beberapa aplikasi penting tidak lagi support cabang terdahulu Windows Phone ini. Setelah Messenger dimatikan pada akhir Maret, kini menyusul aplikasi yang sejatinya merupakan milik Microsoft sendiri, yaitu Skype.

Hal ini merupakan akibat dari perpindahan Skype dari layanan P2P ke pengoperasian berbasis cloud. Seiring pergantian sistem ini, Skype memutuskan untuk tidak lagi membuat aplikasi untuk WP 8.1. Sekitar bulan Mei yang lalu, ini sudah mulai diumumkan kepada pengguna melalui email.

 

Cara Menggunakan Skype di Windows Phone 8.1

Masih ada opsi lain jika kamu ngotot untuk memanfaatkan Skype di Windows Phone 8.1. Caranya adalah mengakses Skype versi web dengan browser Internet Explorer. Sejak perpindahan ke Cloud, memang Skype jadi mudah diakses dari mana saja, dan memang tujuan Microsoft adalah memudahkan mengakses layanan mereka apa pun platform-nya. Kamu bisa membuka https://web.skype.com/ lalu menyematkan halaman tersebut ke startscreen.

Cara yang sama bisa kamu gunakan untuk mengakali layanan Messenger yang sudah tidak dapat lagi diakses melalui aplikasi versi WP 8.1. Tentu saja banyak keterbatasan jika kamu menggunakan metode ini, misalnya, kamu tidak akan memperoleh notifikasi, akses yang mungkin agak berat, dan beberapa kekurangan lainnya.

 

Aplikasi Lain segera Menyusul?

Hingga saat ini, aplikasi lain seperti misalnya WhatsApp, Slack, dan Telegram masih rutin mendapatkan update, namun WhatsApp sendiri sudah mengumumkan untuk mengakhiri dukungannya pada platform Windows Phone 8.1 Desember mendatang. Keputusan ini bisa saja direvisi mengingat WhatsApp beberapa kali ‘mengundur’ keputusan untuk mengistirahatkan aplikasi ini (mungkin karena penggunanya masih terbilang banyak).

Bagaimana pendapatmu tentang ‘diistirahatkannya’ Skype untuk Windows Phone 8.1? Apakah kamu masih gigih menggunakan platform ini? Sumbangkan pendapat kamu di kolom komentar!

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta