Home News Kini Kamu Bisa Unlock Windows 10 Pake Fingerprint Smartphone Samsung

Kini Kamu Bisa Unlock Windows 10 Pake Fingerprint Smartphone Samsung

Kini Kamu Bisa Unlock Windows 10 Pake Fingerprint Smartphone Samsung

Seperti yang kita tahu, Windows 10 dilengkapi dengan fitur canggih bernama Windows Hello. Ini adalah fitur biometrik yang memungkinkan kamu untuk masuk ke Windows 10 menggunakan fingerprint ataupun scan retina. Tetapi tentu untuk bisa menikmatinya, laptop kamu perlu dilengkapi dengan sensor biometrik tersebut — atau setidaknya kamu beli sensor biometrik eksternal. (Baca: 15 Laptop yang Sudah Support Windows Hello)

Tetapi bagi kamu pengguna Windows 10 yang memakai smartphone Samsung, tidak perlu repot-repot membeli sensor biometrik eksternal, karena saat ini kamu bisa menggunakan fingerprint di smartphone Samsung kamu untuk unlock Windows 10 melalui Windows Hello. Fitur canggih ini bisa kamu gunakan di berbagai seri smartphone Samsung yang menggunakan Android Marshmallow atau yang lebih baru, seperti Galaxy S8, S8+, S7, S7 Edge, S6, S6 Edge, S6 Edge+, Note 5, A5, A7, dan berbagai seri lainnya.

Tidak hanya smartphone, kamu juga bisa menggunakannya di tablet Samsung ber-OS Nougat atau yang lebih baru, seperti Galaxy Tab S3, atau seri lainnya.

Cara Unlock Windows 10 Pake Smartphone Samsung

Lalu bagaimana caranya? Samsung menjelaskan bahwa hanya ada 3 hal yang kamu perlukan, yaitu:

  • Install driver Samsung Flow di Windows 10
  • Install aplikasi Samsung Flow dari Windows Store
  • Install aplikasi Samsung Flow di smartphone / tablet Samsung kamu

Link download ketiganya bisa kamu dapatkan disini.

Setelah itu kamu tinggal hubungkan saja smartphone Samsung dan PC Windows 10 dengan cara membuka aplikasi Samsung Flow baik di Windows maupun Android.

Kini Kamu Bisa Unlock Windows 10 Pake Fingerprint Smartphone Samsung

Setelah itu kamu tinggal melakukan pairing, termasuk konfirmasi psscode, register device, memasukkan PIN, hingga kedua perangkat saling terhubung satu sama lain.

Kini Kamu Bisa Unlock Windows 10 Pake Fingerprint Smartphone Samsung

Setelah itu kedepannya kamu tinggal scan fingerprint aja di smartphone / tablet Samsung untuk otomatis login ke Windows 10.

(Baca: Fitur Timeline Windows 10 Ditunda, Batal Rilis di Fall Creators Update)

Untuk bisa menggunakan fitur ini, Windows 10 kamu harus sudah berada di versi Creators Update atau yang lebih baru. Satu hal lagi, untuk bisa menikmatinya PC kamu tidak harus buatan Samsung, melainkan bisa PC apa saja selama Windows 10 terbaru terinstall didalamnya. (Baca: Cara Install Windows 10 Creators Update dengan Media Creation Tool)

Praktis sekali kan?

Tentu saja melalui strategi ini Samsung berharap banyak pengguna Windows 10 akan tertarik membeli smartphone / tablet Samsung demi terhubung lebih mudah ke PC mereka. Dan ngomong-ngomong, tidak hanya unlock Windows 10 saja, fitur Samsung Flow juga memungkinkan kamu untuk melihat sekaligus membalas notifikasi smartphone langsung dari PC, akses mobile hotspot dengan lebih mudah, hingga saling berkirim dan bertukar file secara wireless.

Kini Kamu Bisa Unlock Windows 10 Pake Fingerprint Smartphone Samsung

Microsoft sendiri sebenarnya sudah berencana merilis fitur semacam ini secara built-in ke Windows 10 melalui fitur Timeline. Sayangnya perilisan fitur yang direncanakan hadir di Fall Creators Update ini, akan mundur di update mayor selanjutnya. (Baca: Fitur Timeline Windows 10 Ditunda, Batal Rilis di Fall Creators Update)

Tetapi begitu dirilis, ini akan menjadi salah satu fitur terbaik di Windows 10, karena Timeline tidak hanya sekedar sinkronisasi biasa. Dengan fitur ini kamu bisa melanjutkan apa yang tengah kamu kerjakan di smartphone / tablet langsung di Windows 10. Sangat memudahkan bagi kamu yang punya banyak perangkat dan sering berganti-ganti device.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.