Home News Skype untuk Windows 10 Mendapatkan Pembaruan Tampilan dan Fitur

Skype untuk Windows 10 Mendapatkan Pembaruan Tampilan dan Fitur

Meskipun sedikit terlambat, saya baru saja mendapatkan update untuk Skype di Windows 10 sebagaimana rilis berita dari Blog Microsoft pada hari Jumat yang lalu. Saya sangat antusias untuk update ini karena seperti yang banyak teman-teman tahu, saya adalah pengguna berat Skype. Setiap hari saya mengirim dan menerima pesan (sebagian besar untuk pekerjaan) melalui Skype, bahkan salah satu alasan saya ‘bermigrasi’ ke Windows Phone pada tahun 2012 yang lalu adalah karena Skype yang lebih reliabel. Meskipun banyak blogger tekno menyatakan bahwa ‘Microsoft mengacaukan Skype’, namun sebagai orang yang bisnisnya tergantung pada Skype, mau tak mau saya mengakui bahwa ‘sekacau’ apa pun Microsoft mengutak-atik Skype, pengalaman Skype di Windows tetap adalah yang terbaik dari sisi reliabilitas (Reliabilitas loh… Bukan tampilan warna-warni sebagaimana dirilis ke iOS beberapa saat lalu – Yang menurut Aji Saputra, kolega saya dari Macpoin – Justru makin boros data dan daya baterai).

 

Penyegaran Tampilan dan UX

Pada Skype Windows 10 terbaru ini, terdapat penyegaran UX. Sedikit perubahan pada menu di sebelah kiri yang langsung bakal terlihat jelas jika kamu sudah lama menggunakan Skype. Berikut ini tampilan Skype Windows 10 lama sebelum perubahan.

Cara Mengirim SMS Lewat PC / Laptop Windows

Sedangkan di bawah ini adalah tampilan Skype Windows 10 yang diperbarui. Foto profil dipindahkan ke tengah kolom menu kiri yang biasanya menampilkan percakapan terbaru dan kontak. Konon menurut Blog Microsoft, ini dilakukan dengan pertimbangan agar kamu dapat mengakses percakapan dan telepon (tanda dial) lebih cepat dan mudah.

Kalau mengklik profil, maka kamu dapat membuka menu tambahan terkait menambahkan mood, menonaktifkan notifikasi, atau membuat status bahwa kamu sedang “sibuk” pada saat ini.

 

Menanggapi Kiriman (React to Post)

React ini adalah fitur yang dipopulerkan oleh Path, menjalar ke Facebook, dan nampaknya kini Skype ikut latah menggunakannya. Kamu dapat menunjukkan reaksi kamu atas sebuah kiriman. Umumnya ini digunakan dalam situasi percakapan kelompok (group conversation). Sebenarnya saya kurang sependapat fitur ‘gaul’ seperti ini digunakan dalam aplikasi chat yang bisnis-sentris seperti Skype, tapi nampaknya memang Microsoft ingin menjangkau kalangan muda yang lebih luas.

 

Cara Baru Memulai Pesan dan Bermain dengan Bot

Dengan mengklik tanda (+), kamu akan dapat memulai percakapan baru atau menggunakan bot. Memulai percakapan baru juga dapat dilakukan dengan shortcut Ctrl + N, sedangkan membuka tab Bot dapat dilakukan dengan menekan tombol Alt + 3. Ada banyak pilihan Bot yang bisa diajak bermain jika kamu masih belum punya teman untuk diajak mengobrol di Skype!

 

Share Langsung Melalui Photos App

Fitur baru juga ditambahkan pada update kali ini. Kamu dapat membagikan gambar (share) ke Skype langsung dari Photos app. Caranya mudah sekali. Cukup klik kanan gambar atau foto yang kamu inginkan, lalu klik Share, kamu akan mendapati Skype sebagai salah satu target opsi berbagi foto.

 

Lantas kapan fitur dan tampilan baru ini bisa dirasakan di Windows 10 Mobile? Jangan khawatir! Sepertinya tidak akan lama karena sebenarnya Skype versi baru ini sudah dirilis ke build terbaru Creators Update di Slow Ring. Apakah kamu menemukan fitur lain yang saya lewatkan dari Skype? Bagikan wawasan kamu di kolom komentar!

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta