Sebagian besar berita terkait Skype akhir-akhir ini adalah tentang Microsoft membunuh Skype Classic, dan memindahkan pengguna ke Skype 8.

“Kami merilis MSI terdistribusi yang diperbarui untuk Skype (versi 8) untuk desktop Windows, yang menggantikan MSI yang didistribusikan yang dapat didistribusikan dari Skype (versi 7) untuk desktop Windows. Jika Anda seorang administrator TI, cukup unduh file MSI baru untuk mulai mendistribusikan versi terbaru Skype ke organisasi Anda melalui perangkat lunak distribusi pilihan Anda.” Kata Microsoft

Dan kemarin berdasarkan informasi terbaru dari Blog Skype mereka akhirnya merilis Skype for Web. Namun seperti yang banyak diberitakan Media Online lain diluar sana, Microsoft telah mengambil keputusan untuk mengurangi jumlah platform yang didukung. Berdasarkan informasi dari Microsoft yang mengatakan bahwa kita sebagai pengguna harus menjalankan Windows 10 atau macOS 10.12 atau yang lebih tinggi dengan versi terbaru Google Chrome atau Microsoft Edge.

Lalu bagaimana dengan perangkat linux? apakah linux tidak diberikan dukungan terhadap skype for web ini? berdasarkan informasi tersebut bahwa skype for web yang menyertakan informasi bahwa pengguna harus menjalankan Windows 10 atau macOS 10.12, dan linux tidak disebutkan disana. Karena penasaran akhirnya saya mencoba menjalankan web.skype.com dan preview.web.skype.com pada sistem operasi linux kesayangan saya, ternyata skype for web masih bisa dioperasikan normal layaknya seperti menggunakan Windows 10.

Skype Web Sekarang Tidak Bisa Digunakan Selain dari Browser Dengan Basis Chromium!
web.skype.com dibuka melalui browser Opera
Skype Web Sekarang Tidak Bisa Digunakan Selain dari Browser Dengan Basis Chromium!
preview.web.skype.com dibuka melalui browser Google Chrome

Namun selain itu, jika kamu menggunakan browser diluar yang berbasis chromium, seperti Firefox, dan lainnya, kamu tidak akan bisa mengakses skype for web ini, dan akan mendapatkan pesan bahwa browser yang kamu gunakan tidak kompitable. Untuk browser based on chromium seperti Google Chrome, Opera sampai saat ini bisa menjalankan Skype For Web ini dengan lacar saja.

Skype Web Sekarang Tidak Bisa Digunakan Selain dari Browser Dengan Basis Chromium!

Skype Web Sekarang Tidak Bisa Digunakan Selain dari Browser Dengan Basis Chromium!

Microsoft mengungkapkan fitur yang dapat kita nikmati di Skype for Web diantaranya:

  • Panggilan video HD – Pengalaman HD dalam panggilan video satu-ke-satu atau grup, sekarang dengan reaksi panggilan.
  • Rekaman panggilan – Abadikan momen spesial dalam panggilan Skype dengan orang yang Anda cintai atau rekam pertemuan penting dengan rekan kerja.
  • Panel notifikasi – Ambil secangkir kopi dan cari tahu apa yang Anda lewatkan di panel notifikasi. Klik ikon bel untuk melihat reaksi terhadap pesan Anda, @ sebutan dalam percakapan grup, atau jika seseorang mengutip Anda – semuanya di satu tempat utama. Cukup klik pesan di panel notifikasi untuk beralih ke percakapan.
  • Temukan dalam percakapan – Sekarang Anda dapat dengan mudah menemukan pesan dalam percakapan saat ini dengan mengetikkan kata atau frasa yang ingin Anda temukan di kotak pencarian.
  • Galeri Media Obrolan – Mencari tautan atau foto yang dikirim beberapa minggu yang lalu? Galeri Media Obrolan memudahkan untuk menemukan file, tautan, dan foto yang dibagikan dalam percakapan, apakah itu kemarin atau bulan lalu. Tidak ada lagi menelusuri riwayat obrolan Anda – cukup klik Galeri di bawah nama obrolan untuk melihat semua file, tautan, dan foto dalam percakapan.

Berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah, apakah kamu sudah mencoba Skype For Web ini? Apakah browser favoritmu bisa membukanya? dan jika kamu pake linux apakah bisa dibuka juga? share ya..

Referensi : Blog Skype, News Softpedia, Beta News, MSPowerUser

  Misteri Fitur Baru MIUI 11 Sudah Terungkap  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.