Seperti yang kita tahu, di Windows 10 ada dua versi aplikasi yang dapat pengguna install, UWP yang mana aplikasi ini dapat pengguna install dari Microsoft Store dan Win32 dimana itu adalah aplikasi classic untuk Windows yang sudah kita kenal sejak lama.

Mengenai dua jenis aplikasi ini, kali ini saya akan membandingkan mengenai salah satu aplikasi yang selalu aktif dan selalu saya buka, Slack.

Slack adalah aplikasi saingan Microsoft Teams, dan sudah sejak lama saya menggunakan layanan ini untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, dan saya suka, selain tampilannya yang simpel, fiturnyapun sangat bermanfaat untuk memenuhi keperluan kerjaan harian. Pada dasarnya Slack untuk Windows 10 memiliki dua buah versi berbeda, Slack UWP dan Slack Win32, dan mana sih yang terbaik dan cocok untuk kamu gunakan?, Berikut perbandingannya.

Performa

Dari segi performa dari apa yang saya rasakan setelah mencoba keduanya, Slack Win32 memiliki waktu respon yang lebih baik, entah itu ketika aplikasi baru berjalan atau ketika sudah berjalan di latar belakang.

Namun dalam beberapa kasus, terkadang Slack versi UWP memiliki respon yang baik juga, terlebih jika aplikasi sudah berjalan di latar belakang.

Satu hal yang saya kurang suka dari versi UWP, adalah ketika proses Startup, Window (jendela) Slack akan terbuka dan bukan hanya terbuka dan tampil ke Notifications Area saja, meskipun memang kita bisa mengubah konfigurasinya dengan menggunakan task scheduller, namun cara tersebut cukup ribet dibandingkan dengan versi Win32 dimana ketika Startup, Slack akan langsung masuk ke Notifications Area dan bukan tampil dengan Windows penuh terbuka.

Kemudahan Akses

Pada dasarnya untuk mengakses Slack sama saja, pengguna bisa klik aplikasi yang tersedia di Start Menu atau memanggilnya secara manual dengan mengetikkan “slack.exe” di Run Command, hanya saja dari segi instalasi dan proses Download, Slack UWP sudah tidak diragukan lagi kesimpelannya, dimana kita cukup buka saja Microsoft Store > Cari Slack > Download > Login, sudah deh, berbeda dengan versi Win32 yang harus kita download dulu installernya secara manual dengan masuk ke halaman Slack Download > Kemudian download file installernya > instalasi aplikasi > login.

Dari poin ini, saya rasa Slack versi UWP memiliki kelebihan karena terintegrasi dengan Microsoft Store, dimana jika ada update dari aplikasi Slack, kita bisa langsung saja mengupdate nya dari halaman Download & Update di Microsoft Store.

Kesimpulan

Nah berdasarkan pembahasan singkat diatas, sebenarnya baik Slack versi UWP atau Win32 bukanlah menjadi sebuah masalah dan menjadi pilihan yang sulit untuk kamu install dan kamu gunakan, jika kamu adalah pengguna Windows 10 dengan dukungan dan aplikasi Microsoft Store didalamnya, Slack versi UWP sangat cocok untuk kamu gunakan, namun tentu jika kamu lebih suka gaya classic dengan aplikasi Non UWP, Slack versi Win32 bukanlah opsi buruk yang dapat kamu coba.

Saya sendiri saat ini lebih prefer menggunakan Slack Win32 terlebih karena saya sekarang menggunakan Windows 7 Pro (di PC kerja), dan Windows 10 Enterprise LTSC ( di Laptop), jadi Slack Win32 adalah opsi terbaik untuk saya gunakan.

Nah apakah kamu pengguna Slack juga? komen dibawah guys, dan seperti biasa jangan sungkan untuk berikan pendapatmu mengenai perbandingan ini.

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.