Bukan rahasia lagi kalau saat ini divisi smartphone Sony sedang terseok-seok, namun untuk urusan sensor kamera Sony masih jadi salah satu yang terdepan. Sensor CMOS dari Sony terbaru, IMX586, mampu mengambil gambar dengan resolusi 48 megapixel (8000 x 6000).

Kualitas gambar memang bukan ditentukan oleh jumlah pixel, namun jumlah pixel memberikan manfaat yang tak bisa diberikan oleh kamera dengan pixel sedikit. Salah satu kelebihannya adalah saat memotong gambar yang sedang di zoom. Kamu bisa mendapatkan detail yang lebih banyak pada gambar dengan resolusi yang lebih tinggi.

Sebelumnya Nokia 808 dan Lumia 1020 memengang rekor kamera resolusi tertinggi dengan satu modul kamera. Akan tetapi kamera tersebut menghasilkan ‘benjolan’ di body smartphone. Sony IMX586 mampu menekan ukuran diagonal hanya 8mm sehingga bisa meminimalisir benjolan.

Sekali lagi, kualitas gambar bukan hanya ditentukan oleh resolusi kamera, namun lebih ditentukan oleh kualitas lensa dan bagaiman software memproses gambar yang diambil. Resolusi kamera baru akan sangat berperan saat digunakan untuk digital zoom.

Sensor IMX586 ini akan dijual oleh Sony seharga $27 mulai bulan September nanti. Jika seandainya smartphone Nokia, Xiaomi, Sony, atau Samsung akan menggunakan sensor ini, akankah kamu membelinya? Bagikan pendapatmu disini ya!

 

via TheVerge

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.