Home News Spesifikasi Minimum untuk Menjalankan Windows 10 Cloud

Spesifikasi Minimum untuk Menjalankan Windows 10 Cloud

Windows 10 Cloud Diperuntukkan Bagi Pelajar?

Windows 10 Cloud merupakan versi terbaru dari Windows 10 yang ditujukan untuk pelajar. Murah, ringan, sederhana, namun tetap produktif — itulah konsep utama dari Windows 10 Cloud ini. Bagi kamu yang ketinggalan info seputar apa itu Windows 10 Cloud dan apa bedanya dengan versi Windows saat ini, silakan baca posting WinPoin sebelumnya. (Baca: Microsoft Segera Memperkenalkan Windows 10 Cloud, Apa Itu?)

Windows 10 Cloud ini dibuat dengan tujuan menyediakan alternatif laptop murah bagi pelajar, sekaligus menjadi strategi Microsoft untuk bersaing melawan Chromebook. (Baca: Inilah Target Performa CloudBook vs ChromeBook)

Dari dokumen yang bocor beberapa waktu lalu, akhirnya terungkap spesifikasi minimum Windows 10 Cloud yang direkomendasikan. Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah spesifikasi minimum Windows 10 Cloud yang direkomendasikan oleh Microsoft:

  • Prosesor Quad-Core (Celeron atau yang lebih baik)
  • 4GB RAM
  • 32GB storage (untuk 32-bit) dan 64-GB storage (untuk 64-bit), menggunakan eMMC atau SSD
  • Baterai 40 Whr atau yang lebih besar
  • Pen / Touch (opsional)

Harga laptop Windows 10 Cloud ini juga bakal berkisar di angka 4 jutaan kebawah, yang memang disesuaikan dengan budget para pelajar / orang tua.

Sebagai informasi, Windows 10 Cloud dikabarkan hanya bisa menjalankan aplikasi dari Windows Store. Aplikasi desktop .exe tidak bisa dijalankan disana. Entah apakah dengan penyederhanaan ini Windows 10 Cloud bakal bisa masuk memenuhi kebutuhan para pelajar — khususnya pelajar di bidang IT yang seringkali membutuhkan akses ke aplikasi full desktop seperti Photoshop, Corel, Full Office dan sebagainya.

Tetapi memang bagi tipikal pelajar yang membutuhkan laptop untuk sekedar browsing, mengolah dokumen, dan menyelesaikan tugas, Windows 10 Cloud sangat bisa memenuhi kebutuhan tersebut, lebih dari sebuah Chromebook.

Hanya saja menurut saya, Windows 10 Cloud ini baru akan powerful setelah mayoritas aplikasi desktop klasik yang populer di kalangan pelajar sudah diconvert menjadi aplikasi UWP di Windows Store.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.