Meski kalah gaung dibandingkan Google Assistant maupun Apple Siri, tapi Cortana diketahui cukup diminati bahkan menduduki peringkat pertama.

Firma Spiceworks melakukan survei kepada 500 perusahaan yang ada di Eropa dan Amerika Utara yang menanyakan layanan chatbot ataupun layanan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang mereka gunakan.

Hasilnya, Cortana memimpin sebesar 49 persen atau hampir separuh dari 500 perusahaan telah menggunakan Cortana.

Bahkan, hasil survei menyebutkan ada sebesar 12 persen perusahaan yang mengaku berencana untuk menggunakan Cortana dalam waktu hingga setahun kedepan.

via Spiceworks/Phone Arena

Di peringkat kedua ada Apple Siri yang kalah tipis dengan Cortana, yakni 47 persen. Sedangkan di tempat ketiga diduduki oleh Google Assitant yang digunakan sebanyak 23 persen.

Sedangkan layanan asistent virtual berbasis AI milik Amazon, Alexa digunakan oleh 13 persen perusahaan tersebut.

Hasil survei juga menunjukkan, para pengguna memlih menggunakan asisten virtual untuk membantu mengetik dengan menggunakan suara. Selanjutnya untuk melakukan kolaborasi dengan tim.

via Spiceworks/Phone Arena

Dalam segi banyaknya pengguna, Microsoft memang lebih beruntung sebab jumlah pengguna Windows yang banyak, dan kebanyakan perusahaan menggunakan Windows dibandingkan Mac. Ditambah Cortana sudah terintegrasi dalam Windows 10, pengguna pun tidak perlu menginstal aplikasi tambahan lagi.

Tentu tidak dengan Apple Siri dan Google Assistant, yang tidak banyak perusahaan menggunakan macOS maupun Chrome OS.

Kalau kamu, apakah sering pakai Cortana?

via Phonearena

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.