Windows 10 Lean — Versi Baru Windows untuk PC Minim Storage!

Kalau kamu perhatikan, Windows 10 PC menjadi semakin ramah mobile. Tidak hanya terbatas kepada laptop dan hybrid saja, tablet Windows 10 pun terus bermunculan — termasuk juga laptop ARM yang punya tingkah laku always-on layaknya smartphone. (Baca: Kelebihan dan Kekurangan Laptop Windows 10 ARM)

Untuk semakin memperkaya dukungan terhadap perangkat mobile, Microsoft diketahui tengah mengembangkan versi baru Windows yang mereka beri nama sebagai Windows 10 Lean

Apa itu Windows 10 Lean — dan Apa Bedanya dengan Windows 10 Home / Pro Saat ini?

Mungkin kamu bertanya, apa itu Windows 10 Lean? Dan apa perbedaan Windows 10 Lean dengan Windows 10 Home / Pro saat ini? (Baca juga: Perbedaan Windows 10 Enterprise dan Pro — Mana yang Sebaiknya Dipilih?)

Windows 10 Lean merupakan versi baru Windows 10 yang ditujukan bagi PC dengan kapasitas penyimpanan minim. Targetnya adalah tablet ataupun hybrid low-end yang punya kapasitas penyimpanan 16GB saja.

Biasanya tablet atau hybrid low-end yang berkapasitas penyimpanan minim akan terjebak di OS Windows 10 yang disertakan oleh pabrikan, karena tidak bisa upgrade ke setiap update mayor akibat minimnya storage. Selain itu dengan kapasitas penyimpanan yang hanya 16GB saja, pengguna jadi mendapati sisa ruang penyimpanan yang amat sangat terbatas.

Nah Windows 10 Lean merupakan solusi Microsoft atas permasalahan itu. Pada dasarnya Windows 10 Lean sama seperti Windows 10 Home dan Windows 10 Pro — hanya saja berbagai komponen didalamnya sudah dibuang dan disisakan yang penting-penting saja bagi pengguna tablet / hybrid dengan storage minim.

Internet Explorer dibuang, Registry Editor dibuang, dan masih ada cukup banyak komponen lainnya yang juga tidak disertakan. Hal ini penting agar Windows 10 Lean bisa memiliki ukuran sekecil mungkin. Dibandingkan Windows 10 Pro misalnya, Windows 10 Lean memiliki ukuran file yang 2GB lebih kecil — cocok untuk tablet / hybrid dengan kapasitas penyimpanan minim.

Sedang Dalam Pengembangan

Status Windows 10 Lean saat ini masih dalam pengembangan. Jadi meskipun sudah ada di build Redstone 5 terbaru, tetapi masih ada banyak bug yang bakal kamu temui didalamnya.

Jika jadi dirilis, maka Windows 10 Lean bakal diperkenalkan Microsoft bersamaan dengan perilisan Windows 10 Redstone 5.

Punya pendapat seputar Windows 10 Lean ini? Silakan sampaikan di kolom komentar.

via windowscentral

  Hape 10GB RAM Buat Apa..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.