Kabar buruk untuk teman-teman yang masih menggunakan Windows Phone 8.1, nampaknya Microsoft akan melakukan ‘eksekusi’ lebih awal terhadap penghentian proyek Windows Phone 8.1 ini.

Tiga bulan yang lalu, Microsoft mengumumkan kapan store Windows Phone 8.1 akan berhenti berfungsi.

Pada tanggal 1 Juli 2019 mendatang, Microsoft akan menghentikan update aplikasi untuk Windows Phone 8.x atau perangkat yang lebih awal. Developer tidak akan dapat menerbitkan update bagi aplikasi (termasuk yang terdapat di Windows Phone 8.x atau paket lebih awal). Namun, update ini bisa tetap diberikan ke perangkat Windows 10.

Sayangnya, meskipun sudah berjanji baru akan menghentikan skema update pada tanggal 1 Juli 2019 mendatang, developer melaporkan bahwa mereka tidak lagi dapat ‘mendorong’ update aplikasi bagi para pengguna Windows Phone 8.1. Popppyto, developer aplikasi Tubecast yang populer, melaporkan bahwa penggunanya di WP 8.1 tidak dapat mengunduh update yang diberikannya sejak 3 minggu yang lalu.

Dia juga mengungkap bahwa Microsoft nampaknya tidak berupaya untuk memperbaiki masalah ini. Mereka hanya mengirimkan support ticket (prosedur standar saat kita melaporkan sebuah bug), namun permasalahan ini tidak kunjung diperbaiki. Sementara itu, pengguna Windows 10 Mobile tidak menemui masalah ini.

Setelah mengumumkan secara resmi untuk menghentikan proyek Windows Phone 8.1 (dan sebenarnya Windows 10 Mobile juga), Microsoft secara perlahan, tapi pasti memang menarik diri dan dukungan dari perangkat tersebut. Akhirnya kita hanya tinggal memiliki kenang-kenangan perangkat yang sempat menjadi kuda hitam yang sangat menarik di dunia mobile ini.

 

Sumber: MSPoweruser

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.