Salah satu janji menarik bagi para pengguna Windows 10 yang bersiap untuk mengunduh October 2018 Update dalam waktu dekat ini adalah: Microsoft tidak lagi memaksa agar pengguna menggunakan browser Edge sebagai default untuk membuka tautan dari aplikasi Windows 10 Mail.

Maret yang lalu, Microsoft mengumumkan bahwa mereka ‘menguji’ perubahan yang akan mengabaikan pilihan browser web default kamu saat mengklik link di aplikasi Mail. Tautan apa pun yang diklik dari Mail akan selalu terbuka di Microsoft Edge. Microsoft membela diri dengan mengatakan bahwa Edge “memberikan pengalaman terbaik, aman, dan konsisten di Windows 10”. Dengan membuka link dari Edge, Microsoft berharap adanya konsistensi pengalaman bagi pengguna. Namun saat mengumumkan hal tersebut, Microsoft tak lupa juga meminta masukan dari penggunanya mengenai rencana ini.

Sebuah blog berita Microsoft asal Italia, Aggiornamenti Lumia, mengungkap bahwa aplikasi Mail nantinya akan memiliki sebuah opsi tersembunyi yang secara default akan ‘membuka tautan di Microsoft Edge’. Mail akan mengabaikan browser default yang digunakan pengguna, kecuali jika pengguna tersebut secara sadar mematikan opsi tersebut.

Syukurlah, nampaknya Microsoft mundur dan tidak jadi memanfaatkan sistem tersebut. Pengujian yang dilakukan beberapa blog tekno menunjukkan bahwa build October 2018 Update menghormati pilihan web browser pengguna dan akan menggunakan browser default yang sudah dipilih pengguna untuk membuka link.

Ini mirip dengan kejadian beberapa minggu lalu, yang mana Microsoft juga berupaya ‘mempromosikan’ Edge dengan cara mengajukan opsi untuk menolak setiap kali pengguna ingin menginstal browser pihak ketiga. Ini juga sudah dibatalkan oleh Microsoft (karena protes banyak pihak).

Setidaknya Microsoft kali ini sudah lebih mendengarkan penggunanya dan tidak ragu-ragu menarik hal yang dikeluhkan pengguna. Semoga saja makin banyak perbaikan dan penyempurnaan dalam Windows 10 pada build-build selanjutnya, karena OS ini sudah menjadi penguasa pasar, dan akan merupakan hal yang baik jika Microsoft berusaha ‘menjaga’ para penggunanya tersebut.

 

Sumber: HowToGeek

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.