Home News Tampilan Windows 10 PC Saat Dijalankan di Perangkat Seukuran Smartphone

Tampilan Windows 10 PC Saat Dijalankan di Perangkat Seukuran Smartphone

Microsoft Ikut Jualan Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+

Kalo kamu bandingkan Windows 10 dan Windows 7, bedanya jelas terlihat. Windows 7 murni OS desktop, sedangkan Windows 10 dibuat sebagai OS hybrid, dimana dia bisa berjalan di perangkat dekstop ataupun mobile (tablet & 2-in-1). Namun seperti apa jadinya jika Windows 10 PC dijalankan di perangkat seukuran smartphone?

Inilah yang dicoba oleh Vitor Mikaelson. Meskipun tidak dijelaskan apa perangkat yang dia gunakan dan berapa ukurannya, tetapi dari tampilannya jelas terlihat hanya seukuran seperti smartphone.

Hasilnya, Windows 10 tampil sangat manis di perangkat kecil seukuran smartphone ini. Bahkan jika dilihat sekilas tampak seperti sebuah Windows 10 Mobile — padahal ini adalah tampilan tablet mode dari Windows 10 PC.

Cantiknya Windows 10 di perangkat mini ini tidak lepas dari aplikasi UWP yang memang sudah mobile friendly dan bisa menyesuaikan dengan ukuran layar. Sehingga saat dijalankan di perangkat sekecil smartphone, aplikasi juga menyesuaikan hingga tampak seperti sebuah aplikasi mobile.

Namun demikian terlihat bagaimana Start Menu masih terlihat offside di sebelah kanan dan icon baterai di taskbar terpotong karena sempitnya ruang.

Cantiknya Windows 10 PC di perangkat seukuran mobile, dikombinasikan dengan sedang dikembangkannya Windows 10 ARM yang bisa berjalan di perangkat mobile, memunculkan sebuah pertanyaan menarik.

Mungkinkah Windows 10 ARM nantinya bakal menjadi OS smartphone yang menggantikan Windows 10 Mobile?

Jawabannya tentu tidak bisa kita temukan dalam waktu dekat, karena perangkat pertama Windows 10 ARM sendiri baru akan dirilis akhir tahun ini.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.