Sempat menghebohkan jagat perwindowsan, Performance Monitor di Xbox Game Bar mendapatkan implementasi dan perubahan tampilan layaknya seperti Task Manager di Windows 10.

Untuk sekarang, Performance Monitor di Xbox Game Bar masih belum memiliki sejumlah fitur advanced, dan hanya mampu menampilkan informasi system usage secara keseluruhan saja.

Dan setelah cukup lama hadir untuk pengguna Insider, beberapa waktu lalu akhirnya Microsoft mulai meluncurkan Performance Monitor baru ini ke beberapa pengguna Windows 10 terpilih, dan mungkin kamu adalah salah satu yang sudah mendapatkannya.

Untuk mengakses Performance Monitor di Xbox Game Bar, kamu dapat masuk ke menu utama dengan cara klik tombol kombinasi Windows + G, selanjutnya pastikan bagian Performance sudah diaktifkan.

Dan jika kebetulan kamu adalah pengguna yang mendapatkan tampilan baru ini, kamu akan mendapati user interface seperti pada gambar berikut.

Sumber : Windows Latest

Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, tampilan Performance Monitor ini memiliki tampilan ala Task Manager dengan UI yang lebih Modern ala Windows 10, tentu beberapa informasi juga di masukkan disana, sebut saja CPU Usage, RAM Usage, Disk, dan GPU, yang kini telah ditampilkan system usage sesuai dengan aplikasi aplikasi yang sedang berjalan.

Selain itu, pengguna juga bisa menutup processes dari aplikasi yang sedang berjalan dengan klik pada icon “x” di samping kanan processes tersebut. Langkah ini akan sama dengan “End Task” di Task Manager.

Pendapat Saya, Task Manager vs Performance Monitor di Xbox Game Bar

Menurut saya, dengan hadirnya tampilan yang baru seperti pada gambar diatas dengan beberapa informasi yang mirip dengan tab process di Task Manager, Performance Monitor di Xbox Game Bar sangat menarik dan akan sangat bermanfaat dalam beberapa kondisi tertentu.

Meskipun fitur yang diberikan tidak se-advanced Task Manager, dengan beberapa informasi penting lainnya (seperti tab startup, uses, services, detail dan lainnya), dengan Performance Monitor di Xbox Game Bar ini, kita bisa dengan cepat menutup aplikasi atau proses yang berjalan tanpa harus membuka task manager dan keluar dari Window aplikasi lain yang sedang kita jalankan.

Kenapa hal ini bisa menarik?, seperti yang sudah kita tahu, Xbox Game Bar akan berjalan berjalan dimanapun dan kapanpun tanpa harus kita beralih Window atau jendela aplikasi yang sedang kita jalankan, cukup dengan Windows + G dan sebuah klik, nanti kita bisa menutup aplikasi / proses dengan sangat mudah dan cepat.

Belum Mampu Menggantikan Task Manager!

Seperti yang saya sebutkan diatas, Performance Monitor di Xbox Game Bar ini tidak memiliki segudang fitur informasi penting lain yang ada di Task Manager, seperti tab startup, uses, services, detail dan lainnya, dan dengan itu tentu dalam beberapa kondisi, Performance Monitor di Xbox Game Bar baru ini tidak dapat menggantikan Task Manager.

Untuk mendapatkan Performance Monitor di Xbox Game Bar baru ini, pastikan kamu sudah menggunakan Xbox Game Bar versi di Windows 10 1903 atau yang lebih baru. Namun tentu karena ini masih diluncurkan ke pengguna terpilih saja, kamu mungkin juga belum mendapatkannya.

Nah bagaimana menurutmu mengenai Xbox Game bar ini? apakah bisa menggantikan Task Manager? komen dibawah guys.

Via : Windows Latest

  Noise Cancelling Earphone Terbaik! Review Bose QuietComfort Earbuds Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.