Sebuah informasi menarik baru baru ini diumumkan leaker Windows 10, Albacore di Twitter, dimana kabarnya pada versi Windows 10 Insider Preview terbaru, Microsoft sudah mulai memisahkan Taskbar dengan Explorer.exe.

Dengan kata lain, nantinya taskbar sudah bukan lagi bagian dari explorer.exe dan proses berjalannya service keduanya tidak akan mempengaruhi satu sama lain.

Seperti dikutip dari tweet Albacore, Taskbar telah dipindahkan dari explorer.exe menjadi Taskbar.dll, dan meskipun sekarang Explorer masih mencakup code dari taskbar, namun dengan adanya Taskbar.dll maka implementasi DLL akan semakin jelas dan pemisahan ini bukan lagi menjadi sebuah kabar lewat semata.

Nah tepat seperti pada gambar diatas, jika kamu sudah menggunakan Windows 10 Insider Preview Build 21343 terbaru, maka kamu akan melihat Taskbar.dll di folder system32, dimana dengan ini maka membuka jalan bahwa taskbar suatu saat nanti akan berjalan sebagai process sendiri dan terpisah dengan explorer.exe.

Berdasarkan pendangan saya nih sebenarnya dengan dipisahkannya antara komponen UI ini sebenarnya adalah sebuah hal yang bagus, karena jika salah satunya not responding dan mengalami crash, setidaknya itu tidak akan mempengaruhi proses lain.

Nah bagaimana menurutmu mengenai kabar ini? dan yah sekali lagi karena ini hanyalah rumor dan bocoran awal, bisa saja Microsoft berencana lain kedepannya, jadi mari kita tunggu saja kabar resmi dari Microsoft sendiri.

Komen dibawah guys.

Via : Albacore, DeskModder

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.