Home PC Terdapat Telemetry di Windows 7 Convenience Rollup, Beginilah Cara Membasminya!

Terdapat Telemetry di Windows 7 Convenience Rollup, Beginilah Cara Membasminya!

menonaktifkan telemetry di windows 7 (0)

Beberapa waktu yang lalu, Microsoft merilis Convenience Rollup untuk pengguna Windows 7 SP1 yang isi dari patch tersebut adalah semua hotfix (security ataupun non-security) dari semenjak SP1 diluncurkan hingga bulan april. Tapi dibalik itu, Microsoft juga menginstal telemetry pada patch ini melalui “Customer Experience Improvement Program” (CEIP).

Sebelumnya kamu mungkin juga mendengar kabar serupa pada Windows 10. Dimana Microsoft menginstal telemetry (yakni rule dimana Windows 10 secara ‘diam-diam’ mengirimkan data ke Microsoft berupa user experience).

Meskipun Microsoft memastikan tidak akan mengambil data yang bersifat pribadi seperti identitas ataupun kontak, tetapi mungkin sebagian pengguna masih terganggu dengan hal tersebut.

Nah jika kamu ingin menonaktifkan telemetry tersebut. Berikut saya berikah-langkahnya.

 

Menonaktifkan Telemetry di Windows 7 Convenience Rollup

Untuk menonaktifkan Customer Experience Improvement Program. Buka Control Panel – System and Security – Action Center. Kemudian klik opsi Change Action Center settings.

menonaktifkan telemetry di windows 7 (1)

Kemudian scroll kebawah dan pilih opsi Customer Experience Improvement Program settings.

menonaktifkan telemetry di windows 7 (2)

Ketika jendela baru muncul, pastikan kamu memilih opsi No, I don’t want to participate in the program. Jika sudah klik Save Changes.

menonaktifkan telemetry di windows 7 (3)

Selain itu kamu juga perlu mematikan program telemetry tersebut pada Task Scheduler. Buka Task Scheduler (kamu bisa menggunakan fitur search untuk mencarinya). Kemudian navigasilah ke Task Scheduler Library – Microsoft – Windows – Application Experience.

Pada panel tengah, nonaktifkan task AITAgent dan ProgramDataUpdater. Caranya klik kanan lalu pilih Disable.

menonaktifkan telemetry di windows 7 (4)

Masih dalam subfolder yang sama, beralihkan ke folder Customer Experience Improvement Program. Kemudian matikan 3 task (ConsolidatorKernelCEIPTask dan Use CEIP tasks) yang ada didalamnya dengan cara yang sama dengan sebelumnya.

menonaktifkan telemetry di windows 7 (5)

Nah itu dia gaes langkah-langkah menonaktifkan telemetry bagi pengguna yang sudah menginstall Convenience Rollup, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah privacy 😁

Credit to @Winaero

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.