Home PC Tidak Dapat Terhubung ke Internet ? Inilah Cara Mengaktifkan Offline Browsing di...

Tidak Dapat Terhubung ke Internet ? Inilah Cara Mengaktifkan Offline Browsing di Google Chrome

Offline-Chrome01Offline Browsing merupakan kebutuhan primer bagi kita yang punya keterbatasan akan akses internet dan tentu ketersedian hal tersebut paling dicari pengguna. Misalkan, ketika kamu bepergian dan tidak dalam kondisi memungkinkan untuk mengakses internet, padahal yang kamu perlu akses tak lain adalah halaman web yang pernah kamu kunjungi sebelumnya menggunakan Google Chrome.

Untungnya, Hal tersebut dapat kita akali dengan sedikit ubahan setting pada browser Google Chrome. Jadi, Ketika fitur Browsing Offline ini kita aktifkan maka setiap halaman web yang pernah kita kunjungi sebelumnya dapat kita akses tanpa harus terhubung ke internet.

Untuk mengaktifkan fitur ini sangatlah sederhana, namun sebagai syarat mutlak untuk mengaktifkan fitur Offline Browsing ini, pastikan Google Chrome yang kamu miliki versi terbaru. lalu ketik Chrome://flags” di addres bar dan tekan enter.

Offline-Chrome05

Kemudian, cari form “Enable show Saved Copy Button”, lalu pada menu drop down pilih “Enable: Primary” atau “Enable: Secondary“. Jika memililih opsi pertama maka tombol “Show Saved Copy” akan terletak di posisi paling menonjol pada laman error dan bila memilih opsi kedua akan terletak setelah tombol muat ulang. Tapi kita rekomendasikan pilih opsi yang pertama saja.Offline-Chrome04

Terakhir, setelah memilih opsi tersebut pilih Relaunch Google Chrome agar settingan tersebut dapat digunakan.

Offline-Chrome02Nah, untuk menguji fitur ini sudah dapat digunakan, baiknya putuskan terlebih dahulu koneksi internet dan buka halaman yang pernah kamu akses sebelumnya.

Maka yang akan tertampil tak lain adalah halaman error yang sudah familiar dengan icon dinosaurus tentunya, namun perhatikan dengan baik pada dibawah rincian error tersebut terdapat tombol “Show saved copy” yang berwarna biru dan jika di klik maka akan otomatis di alihkan ke halaman tersebut, tentunya menggunakan cache yang sudah tersimpan saat kita akses sebelumnya.

Offline-Chrome03

mengapa ini bisa dilakukan ?

Semua ini terjadi karena Google Chrome dan web browser lainnya menyimpan gambar, CSS, Java Script, HTML pada browser Cache. Namun, hal ini bisa bekerja dengan catatan kamu tidak menghapus cache dan history halaman yang sudah kamu akses. Sayangnya, fitur ini tidak bekerja untuk menampilkan video yang sudah kamu streaming.

Sudah mencobanya ? atau punya trik lain tentang offline browsing ? Mari bagikan kesanmu terhadap fitur ini di kolom komentar :)

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Ask me everything about Windows Mobile via Twitter @UFebri