Home PC Belum Dapat Update ke Build 14901? Ini Dia Solusinya!

Belum Dapat Update ke Build 14901? Ini Dia Solusinya!

Tidak Mendapat Update ke Build 14901 Ini Dia Solusinya! (1)

Seperti yang kamu telah ketahui, kemarin Microsoft telah merilis Build 14901 yang mana Build tersebut merupakan Build Insider pertama dalam branch Redstone 2. Seperti biasa, untuk mendapatkan Build ini, kamu dapat mengunjungi halaman Windows Update di Settings.

Tetapi ada beberapa user yang mengalami permasalahan dengan opsi Build 14901 yang tidak muncul di halaman Windows Update, apa kamu mengalami juga?. Tenang, kamu tidak sendirian dan untuk itu WinPoin ada disini untuk memberikan kamu solusinya.

Before Start

Sebelum melakukan troubleshooting ini, kamu mungkin perlu memastikan beberapa hal dibawah ini. Diantaranya:

  • Pastikan Ring sudah tersetting ke Fast Ring.
  • Pastikan Microsoft Account kamu teregistrasi dengan Program Windows Insider.
  • Pastikan PC dalam status “You’re all set to get Insider Preview builds”. (Lihat pada halaman Windows Insider Program di Settings)
  • Pastikan kamu menjalankan bahasa Windows 10 yang support dengan Program Windows Insider. Selengkapnya bisa kamu cek disini.

Jika dirasa semua sudah benar dan kamu tetap tidak mendapatkan perbaruan Build, berikut langkah-langkah Troubleshootingnya.

Solusi 1

Buka Settings, lalu navigasi ke Update & Security – Windows Insider Program. Kemudian pada panel kanan, klik opsi Stop Insider Preview Builds. Lalu ketika muncul pop-up, pilih opsi Need to stop gettings Insider builds completely dan klik opsi Confrim.

Tidak Mendapat Update ke Build 14901 Ini Dia Solusinya! (1)

Setelah itu kamu perlu me-reboot ulang sistem. Ketika selesai, buka kembali halaman Windows Insider Program lalu ikuti lagi Program Insider. Dan lagi, kamu perlu melakukan re-boot untuk mendapatkan perubahan.

Terakhir ketika proses restart sudah selesai, navigasilah ke halaman Windows Update di Settings dan cobalah untuk mengecek perbaruan lagi. (Jika tidak muncul, tunggu prosesnya hingga 20-30 menit).

Solusi 2

Jika solusi 1 tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan solusi ini. Tapi cara ini tidak bisa kamu lakukan sendirian, melainkan kamu diharuskan untuk memberikan MachineID ke tim engineering Windows Insider.

Caranya buka Command Prompt as Administrator. Kemudian copy/ketikan perintah ini, reg query HKLM\SOFTWARE\Microsoft\SQMClient /V MachineId.

Tidak Mendapat Update ke Build 14901 Ini Dia Solusinya! (2)

Hasil dari MachineID tersebut, kamu kiriman ke Forum Answer Microsoft atau melalui Twitternya di @NorthFaceHiker. Guna agar mesin/PC kamu bisa di crosscheck.

 

Nah itu dia gaes, solusi jika kamu belum mendapatkan Build 14901 hingga sekarang. Meskipun WinPoin tidak menjamin masalah bisa 100% selesai dengan cara ini, tetapi ini worth untuk dicoba, Good Luck! ;)

Source Answer Microsoft and ChangeWindows

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.