Terinspirasi dari Tiga Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Akhir Windows 10 1803!, mengingat dukungan Windows 7 sudah berakhir 14 Januari 2020 kemarin, dengan update KB4534310 sebagai update terakhirnya, mari kita sedikit bahas Tiga Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Akhir Windows 7!.

Windows 7 Masih Bisa Diaktivasi dan Digunakan!

Cara Aktivasi Windows 7 (Tutorial + Gambar)

Ya, aktivasi Windows 7 masih dapat dilakukan seperti sebelumnya, jadi jika kamu melakukan Clean Instal Windows 7, kamu tidak akan mengalami masalah terkait aktivasi system operasi, ya setidaknya jika lisensi yang digunakan adalah lisensi original dan legal.

Selain itu secara fungsional, Windows 7 masih dapat digunakan sebagai mana mestinya, namun perlahan sama seperti Windows XP, dalam beberapa tahun kedepan aplikasi umum seperti Antivirus, Browser, dan lainnya akan mulai meninggalkan system operasi ini.

Oleh karena itulah, Microsoft merekomendasikan pengguna untuk beralih ke Windows 10.

“Windows 7 can still be installed and activated after end of support; however, it will be more vulnerable to security risks and viruses due to the lack of security updates. After January 14, 2020, Microsoft strongly recommends that you use Windows 10 instead of Windows 7,” Kata Microsoft.

Upgrade Windows 10 Gratis Masih Dapat Dilakukan!

Pertama kali Windows 10 dirilis, Microsoft memberikan promo selama satu tahun mulai dari Juli 2015 dan berakhir pada Juli 2016, dimana pengguna Windows 7 dan Windows 8 bisa mendapatkan lisensi Windows 10 secara gratis tanpa biaya sedikitpun.

Namun tanpa banyak orang sadari, ditahun 2020 ini pengguna masih bisa melakukan upgrade gratis Windows 7 ke Windows 10 dengan menggunakan Media Creations Tools. Hal ini pertama kali dikonfirmasi oleh Engineer Microsoft pada Desember 2019 lalu di Forum Reddit, dan dikonfirmasi kembali oleh Forbes beberapa hari lalu.

Gak Ada Alasan Untuk Upgrade! Kecuali…

Dengan diakhiri dukungan Microsoft terhadap Windows 7, maka system operasi yang melegenda ini tidak akan lagi mendapatkan Security Update apapun, dan akan sangat rentan sekali dari serangan Malware dan Tindakan Hacking. Jadi bisa dibilang tidak alasan lagi untuk tidak melakuan upgrade ke Windows 10.

Namun, bagi kamu yang masih menggunakan perangkat berspesifikasi rendah, seperti perangkat Aspire One D255 atau perangkat 2013 kebawah (Kecuali High End Device), melakukan upgrade ke Windows 10 bukanlah sebuah keputusan yang tepat. Memang secara teori masih bisa, namun kamu akan kehilangan kenyamanan ketika menggunakan perangkat tersebut karena performa yang diberikan akan sangat buruk.

Acer Aspire One D255

Atau bagi kamu yang memang menggunakan PC ber OS Windows 7 untuk keperluan Kasir, dan lain lain yang tidak membutuhkan koneksi internet (Offline), dan jarang sekali dilakukan update terhadap Windows 7 itu, maka menggunakan Windows 7 tentunya tidak menjadi masalah meskipun dukungan Windows 7 sudah berakhir. Bahkan dikampung halaman saya, Kasir masih ada yang pake Windows XP.

Kesimpulan

Dengan diakhirinya dukungan Windows 7, Windows 7 ini memang masih dapat diaktivasi dan digunakan tanpa ada masalah, namun dengan tidak dapatnya Security Update (non pengguna Extended Security Update), kamu tidak disarankan untuk menggunakan Windows 7 demi keperluan Email dan Internet Banking, selain itu perlahan dalam beberapa tahun kedepan, software seperti Antivirus, Browser, dan lainnya akan mulai meninggalkan Windows 7.

Nah kurang lebih 10 tahun kedepan, Windows 7 akan jadi Windows XP seperti sekarang. Dan lambat laun memang pengguna harus mulai meninggalkan OS legendaris ini.

  Cara Dapat Token Listrik Gratis — Resmi dari PLN!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.