Microsoft Beri Satu Tahun Update Gratis Windows 7 Untuk Pengguna Terpilih!

Sedikit menyedihkan memang, mengetahui bahwa Windows 7 masa dukungannya akan berakhir mulai hari ini 14 Januari 2020 dan dengan berakhirnya dukungan keamanan untuk Windows 7, maka perangkat yang masih menggunakan OS Microsoft tersebut akan sangat rentan terhadap malware dan peretasan.

Baca Juga : Kenapa Kamu Harus Pake Windows 7 di Perangkat Lawas?

Meskipun dukungan Windows 7 sudah dihentikan, Microsoft mengumumkan bahwa user bisa memperpanjang masa keamanan dengan membayar Extended Security Updates (ESUs) hingga mereka siap untuk upgrade ke Windows 10, setidaknya untuk tiga tahun kedepan.

Selain itu berdasarkan statistik dari NetMarketShare, setidaknya laporan statistik bulan desember 2019 menunjukan masih ada sekitar 32.74% pengguna yang masih menggunakan Windows 7. Yang mungkin diantaranya beberapa perusahaan masih mengunakannya.

Baca Juga : Menggunakan Windows 7 di Penghujung 2017, Seperti Apakah Rasanya?

Via NetMarketShare

Hal tersebut dikarenakan masih banyak pengguna yang belum benar benar siap meninggalkan Windows 7, baik itu dikarenakan alasan perangkat yang digunakan, spesifikas kurang memadai, dan lainnya.

Baca Juga : Studi Tunjukan Dunia Belum Siap Meninggalkan Windows 7

Dengan diakhiri dukungan update Windows 7 ini juga, UK’s GCHQ memperingatkan pengguna untuk mulai berhenti menggunakan Windows 7 untuk keperluan Internet Banking, dan keperluan Email. Mengomentari penghentian dukungan untuk Windows 7, juru bicara dari National Cyber Security Centre (NCSC), yang merupakan bagian dari GCHQ, berkata:

“The NCSC would encourage people to upgrade devices currently running Windows 7, allowing them to continue receiving software updates which help protect their devices.
We would urge those using the software after the deadline to replace unsupported devices as soon as possible, to move sensitive data to a supported device and not to use them for tasks like accessing bank and other sensitive accounts.
They should also consider accessing email from a different device.”

Masih Bisa Digunakan?

Selain pengguna yang membeli layanan Extended Security Updates, pengguna memang masih bisa menggunakan Windows 7, hanya saja system operasi ini akan sangat rentan terhadap malware dan peretasan. Bagi yang menggunakan Windows 7 secara Offline memang tidak akan terlalu menjadi masalah, namun bagi pengguna bisnis yang selalu berkaitan dengan Internet Banking, dan aktivitas internet lainnya, disarankan untuk membeli Extended Security Updates atau melakukan upgrade ke Windows 10.

Rekomendasi Artikel : Apa Artinya Kalau Microsoft Menyatakan Berhenti Mendukung Versi Windows Kamu?

Nah bagaimana menurutmu? sudahkah kamu melakukan upgrade?

Via : telegraph, neowin

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.