Home Tutorial Tips Fotografi Lumia: 7 Cara Mengakali Grain pada Pemotretan dalam Ruangan atau...

Tips Fotografi Lumia: 7 Cara Mengakali Grain pada Pemotretan dalam Ruangan atau Kurang Cahaya

Tips Mengakali Grain

Selama dua minggu ini saya menggunakan Lumia 625 sebagai ponsel utama saya untuk kegiatan sehari-hari karena Lumia 820 saya mengalami kerusakan hardware dan menunggu pesanan, sementara Lumia 535 kurang memuaskan saya (karena masalah touch dan WiFi yang kurang kuat) dalam penggunaan sehari-hari. Saya terbiasa mengambil foto untuk artikel di Winpoin menggunakan kamera ponsel saya sendiri sekaligus ‘bermain-main’ dengan fitur kameranya. Segera saya menyadari bahwa kamera Lumia 625 ini buruk digunakan di tempat yang kurang cahaya. Selain cenderung gelap, juga grainy. Ini adalah istilah ketika gambar yang kamu hasilkan terlihat memiliki noise berupa banyak bintik atau butiran halus seperti pasir yang tentu saja mengurangi keindahan gambar tersebut. Setelah beberapa lama cuek terhadap kekurangan kamera ini, akhirnya saya mulai mencari cara untuk mengatasi problem grainy pada kamera Lumia 625 dan menerapkan tips-tips yang saya peroleh.

Untuk kamu yang merasa memiliki problem yang sama, apa pun jenis ponsel Windows Phone yang kamu gunakan, beberapa tips berikut ini dapat membantu kamu mendapatkan hasil yang lebih baik dalam situasi kurang cahaya. Namun tentu saja jangan berharap bahwa hasilnya akan sejernih Lumia 925, Lumia 1020, apalagi kamera DSLR! Meskipun demikian, saya yakin kamu akan dapat memperoleh hasil yang lebih baik dan memuaskan dengan beberapa trik ini.

Oya, sebelum saya mulai, tips berikut ini melibatkan pengaturan manual tingkat lanjut yang memang dapat diterapkan pada Lumia Camera. Akan tetapi lebih mudah lagi bila kamu menggunakan ProShot. Itulah mengapa teman-teman sering menyarankan untuk menggunakan ProShot bila kamu ingin memotret pada kondisi minim cahaya. Hasilnya lebih baik daripada menggunakan Lumia Camera atau Microsoft Camera. Kamu dapat mengunduh ProShot di sini. Aplikasi ini memang berbayar, namun jika kamu beruntung dan sabar menanti, ada beberapa momen Rise Up Games, developer ProShot, mempersilahkan pengguna untuk mengunduh aplikasinya secara gratis.

 

1. Kecilkan Resolusi Image

Tips Mengakali Grain

Menggunakan resolusi kamera maksimal dalam kondisi kurang cahaya memang cenderung menimbulkan hasil yang grainy. Salah satu trik yang mudah dilakukan adalah dengan mengurangi resolusi gambar yang dihasilkan. Bila menggunakan ProShot, kamu tinggal mengetuk viewfinder di sebelah kanan yang menunjukkan besar gambar yang kamu ambil (biasanya tertulis, misalnya: 5MP – IMG). Ini terutama manjur bila kamu memotret sebuah objek dekat dalam kondisi kurang cahaya. Seperti yang saya contohkan, saya memotret gantungan kunci di dalam ruangan yang kurang cahaya. Mengurangi resolusi cukup manjur untuk menghasilkan gambar yang memiliki grain lebih sedikit.

Namun tentu saja ini tidak berlaku ketika kamu berusaha mengambil gambar interior atau gambar kamu dan teman-teman dalam sebuah ruangan. Untuk skenario tersebut, akan lebih baik menggunakan resolusi maksimal, atau setidaknya jangan menggunakan resolusi gambar terkecil.

Dalam contoh gambar di atas, saya hanya mengurangi resolusi gambar menjadi 3MP, dan hasilnya sudah cukup lumayan. Tidak begitu banyak noise pada gambar tersebut.

 

2. Gunakan Pengaturan ISO dan Shutter Speed Manual

Butuh banyak latihan untuk dapat mengatur keseimbangan penggunaan ISO dan shutter speed manual guna memperoleh hasil yang diinginkan. Tingkat terangnya gambar terkadang berbanding terbalik dengan grainy pada gambar. Yang saya maksudkan adalah: dengan memperbesar ISO (pada Lumia 625 maksimal 1600 dengan ProShot), kita memperoleh hasil yang lebih terang, namun rentan grainy. Demikian juga dengan memainkan shutter speed. Semakin lambat shutter speed, gambar semakin terang, akan tetapi juga memiliki kecenderungan grainy. Jadi diperlukan latihan sampai kamu mendapatkan ‘resep’ yang tepat ketika bermain dengan pengaturan pengambilan gambar manual ini untuk memperoleh hasil yang cukup terang, sekaligus lebih sedikit noise.

 

3. Gunakan Fokus Manual

Bila kamu telah memahami jarak fokus yang pas, menggunakan fokus manual akan menjadikan hasil foto kamu memiliki lebih sedikit noise. Ini karena dalam kondisi kurang cahaya, terkadang fokus tidak dapat mengukur dengan tepat jarak objek yang ingin kamu bidik. Oleh karena itu, berlatihlah menggunakan fokus secara manual pada Lumia kamu.

 

4. Mainkan Exposure

Memainkan exposure, seperti halnya yang saya singgung pada pengaturan ISO dan Shutter Speed saat mengambil gambar, juga sedikit tricky. Terlalu tinggi menaikkan exposure memang menjadikan gambar kamu lebih terang, namun juga lebih banyak noise. Kamu perlu berlatih pada bar exposure untuk mendapatkan pengaturan yang pas dalam berbagai macam kondisi cahaya.

 

5. Gunakan Mode HDR pada ProShot

Mode HDR merupakan cara yang mudah dan efektif untuk mendapatkan foto yang terang dengan sedikit grainy. Untuk kamu yang tidak ingin bersusah payah mengatur segala sesuatu secara manual, kamu cukup memanfaatkan Mode HDR ini. Hanya saja, masih terdapat kelemahan. Hasil HDR mode terkadang (bahkan seringkali) over-saturated, yaitu memiliki warna yang terlalu cerah serta sangat berbeda dengan objek aslinya. Namun berdasarkan pengalaman saya, maksimal dari tiga percobaan, saya selalu mendapat satu hasil yang memuaskan (bila dilihat dari kondisi pemotretan yang kurang cahaya). Foto di bawah ini keduanya diambil dengan mode HDR, dan kamu bisa melihat bahwa perbedaan pengaturan warnanya cukup mencolok meskipun saya cukup menyukai keduanya.

Tips Mengakali Grain

6. Tambahkan Cahaya

Tips ini bisa dibilang merupakan hal ‘fisik’. Bila kamera Lumia kamu tidak dapat mengambil gambar yang bagus dalam kondisi kecahayaan saat itu, maka kamu perlu menambahkan cahaya, entah lampu yang terang atau sekedar lampu flash dari ponsel kamu. Hanya saja berdasarkan pengalaman saya, flash seringkali tidak mencukupi dan tidak begitu berguna, apalagi pada perangkat low-end seperti Lumia 625 (Oke, pada masanya ini dapat dikategorikan mid-range tapi kita perlu mengakui bahwa sekarang Lumia 625 masuk kategori low-end device).

 

7. Gunakan Pemrosesan Tingkat Lanjut (dengan Photoshop)

Bermain-main dengan aplikasi pengolah gambar di ponsel seperti Lumia Creative Studio akan membantu kamu meningkatkan hasil pemotretan kamu. Namun jika kamu bersedia menginvestasikan sedikit waktu, kamu bisa menggunakan Photoshop yang sudah kita kenal handal untuk mengurangi noise berupa gambar yang grainy, sekaligus juga mempertajam gambar hasil pemotretan kamu!

 

 

Demikianlah beberapa trik yang dapat kamu terapkan untuk mengurangi grainy pada kamera digital yang kamu gunakan. Sebenarnya ini adalah kondisi alami yang dialami kamera digital mana pun ketika kekurangan cahaya. Jadi kamu tidak perlu terlalu resah bila mengalami situasi semacam ini. Kamu punya tips lain untuk mengatasi masalah grainy? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar!

Update: Berkat usulan salah seorang pembaca setia Winpoin (Itulah gunanya kolom komentar kita yang asyik ini), saya mencoba Camera 360 sight yang menurut kesaksian teman kita ini sangat efektif mengurangi grain dalam pemotretan low light, selain itu Camera 360 Sight juga memiliki fitur noise reduction pada editornya. Setelah saya mencobanya, ternyata benar dan saya akan merekomendasikannya kepada teman-teman yang lain. Bahkan cukup dengan memanfaatkan aplikasi ini saja, kita dapat mengurangi grain pada pemotretan kurang cahaya dengan sangat signifikan! Terima kasih kepada Zulmi Kurniawan yang telah menyumbangkan pengalamannya!

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Budiです

    proshot masih mahal T,T nunggu gretongan aja deh <- padahal make L532 FF tapi masih pengen lebih :p

    • Fayyadh Muchlis

      rajin2 update Winpoin dan myappsfree gan, ane juga dulu dapet info proshot gratis dari winpon

      • Budiです

        Dulu emang ada gan. Tapi ane baru punya WP ini minggu kemaren :/

    • Gan Budiii… Aku sarankan jangan beli Proshot dulu selama pakai 532 (kecuali kalau dapat gratis). Masalahnya 532 fixed focus kameranya. Jadi manfaat yang diperoleh mungkin hanya sekitar 60-70% dari ProShot…
      Tapi kalau dapat gratisan, okelah! (^ ^)/

      • Budiです

        Pas coba ProShotnya emang ngga terasa sih perbedaannya Nunggu gretongan aja lah

  • Amirul Akbar

    Lebih tertarik ke shiro-nya >.<

    • No Game No Life :3

      • YanDhika

        anime lovers ngumpul :D

    • Shiro is mai waifu Gan. (^ ^)>

      • Amirul Akbar

        Weeehh.. Kita sehati gan.. ^^ loli lovers

  • NuZuL SyN2

    Iya gan punya ane noisnya malah lebih banyak gan dan pernah saya bandingkan dengan l520 hasilnya lebih baik di l520 padahal resolusinya kan sama 5Mp…
    Saya pake l535 pa nie bisa di perbaiki,, pa nie termasuk bugs yhaa gan…

    • 535 fixed focus.
      Nah, anehnya di mode auto, menurutku pribadi lebih kecil noise-nya 535 :D
      Tapi ini masih subjektif banget. Nunggu pendapat teman-teman lain aja.

  • Mochammad Reza

    Harus pake ProShot ya? Kalo pake kamera bawaan gak bisa?

    • Bisa. Tapi Proshot lebih lengkap.
      Untuk ganti image resolution (di tips menurunkan resolusi), aku gak nemu di Microsoft Camera dan Lumia Camera.

      • Fayyadh Muchlis

        HDR mode juga gak ada di Lumia camera, kecuali lumia yang support Lumia camera 5

      • Mochammad Reza

        Ohhh ,iya sih nyoba pro shot lebih oke gambar nya

  • Zulmi Kurniawan

    Kalo ane sih pake camera 360 sight tuk ngilangin noise yg banyak itu. Ada fitur noise reduction. Untung dulu download proshot pas gratis.haha
    Semakin lama pemakaian wp semakin berpeluang mendapat aplikasi berbayar gratis.hehe..

    • Tips bagus nih. Aku coba download juga ah… (^ ^)>

      • Zulmi Kurniawan

        Siip om. Cobain aja. Bagus kok hasilnya.hehe

        • Zulmi, aku bener-bener puas pakai Camera 360 Sight. Aku update artikelnya dengan memasukkan usulan Zulmi. Makasih banget ya. Semoga teman-teman yang lain juga dapat manfaatnya!

  • Brarti touch problem di L535 memang parah wlaupun udah pake screen guard ya.???

    • Parah sih enggak juga.
      Tapi untuk aku yang biasa megang Lumia tanpa gangguan touch seperti tanpa sengaja terketuk dua kali, gangguan akurasi pengetikan (meskipun tidak selalu terjadi sih), dan sebagainya, lebih baik aku pakai Lumia lainnya – apalagi kebetulan barangnya juga ada.

  • Dedy De

    Sayangnya di proshot nggk ada pengaturan shuter speed. Cuma unggul hdr aja sih menurut ane.
    Yang enak di proshot kalo ngatur fokus lebih mudah dibanding lumia camera.
    Tapi sama sama keren sih hehe

    • Fayyadh Muchlis

      Proshot ada kok pengaturan shuter speednya, coba pake mode manual

      • Dedy De

        Dibagian mana sih. Ane kok nggak nemu

        • Fayyadh Muchlis

          di pojok kanan atas gan, nanti ada pilihannya, ada auto, manual, custom 1, custom 2, dan hdr, agan pilih mode manual aja

          • Dedy De

            Kayanya hape ane aja yg beda
            Fitur manualnya yg nggk ada. Gan, cuma ada auto, progam c1 sama c2.
            Untuk keterangan gambar lebih jelas bisa dilihat komen diatas. Barangkali bisa ngasih solusi hehe

          • Fayyadh Muchlis

            masa sih gan?? di Lumia 720 ane kok ada mode manualnya,

          • Dedy De

            Nah itu dia ane juga nggk tau.
            Lagi apes mungkin. Atau emang dari sononya fitur ini gk suport buat 535.
            Tapi anehnya kalo pake lumia camera bisa ngatur shutter.
            Biarin aja lah gan. Haha

    • Tap bulatan di sudut kanan bawah, pilih “M”, biar dapat setting Manual sepenuhnya, trus cek lambang “SHR”.

      • Dedy De

        Wah kayanya beda gan.
        Ane pake 535 di pilihannya khusus manual nggk bisa dipilih (warna ikonnya transparan gk solid) apa emang buat lumia 535 gk disediain fitur ini ya ?

        • Wah, gitu ya.. Bisa jadi karena fokusnya fixed, jadi yang lain enggak bisa diatur-atur.

          Aku lagi gak pegang 535 nih, jadi gak bisa cek..

          • Dedy De

            Wahh sayang banget kalo gitu.
            Sebagai gantinya terpaksa pake lumia camera kalo mau ambil yg gelap gelapan.
            Oke om makasih udah bantu jawab

          • Dedy De

            Oh iya lupa gk ngasih tau.
            Udah beli juga padahal. Dulu pas trial emang gak bisa save gambar. Jadi coba coba beli pengen ngerasain soalnya hehe
            Eh tapi malah kecewa gara2 gak ada pengaturan shutter speed.

            Btw kalo kita udah pernah beli app di store trus di uninstall trus nyoba download lagi. Kita harus beli lagi apa enggak sih ?
            Mau coba reinstall ni app. Sapa tau muncul mode manualnya

          • Itu gak beli lagi kok. Asal pakai akun Microsoft yang sama. Semoga berhasil

          • Dedy De

            Udah dicoba reinstall dan tetep gk ada opsi manual.
            Wkwk sepertinya emang udah kodrat 535 gk bisa nikmatin fitur ini.
            Trims om udah berbagi

          • Ough.. Sayang sekaliii..

        • Mayza MyZone

          Itu bukannya mode auto, bisa di pindah ke mode manual ga autonya?

          • Dedy De

            Nah itu dia
            Mode manualnya transparan (ikon “M” tak terlihat). Jadinya Gk bisa dipilih. Yg bisa dipake cuma mode otomatis. Progam. Sama c1 c2
            Ada solusi ?

          • Mayza MyZone

            Sepertinya untuk lumia 535 fitur manual unavailable deh… Soalnya di kebanyakan ada. Terus mungkin spek kamera dari 535 masih bisa dibilang minim kali, mungkin 520 juga ga bisa.,, mungkin

          • Dedy De

            Emang gk bisa kayanya. Barusan udah coba reinstall proshotnya dan tetep ngk bisa. Kirain ada perubahan. Eh trnyata tetep ngk ada fitur manualnya.
            Kayanya udah jadi nasib user 535 dan saudaranya nih wkwk
            Biarin lah

  • Panji Mbr

    Om kiki l625 dah Windows 10 apa blm ?

    • Pernah, tapi aku balikin.
      Sementara Lumia 535-nya yang Windows 10 sama sekalian lihat perbaikan touch-nya.. :D

    • Bayu Firmansyah

      Semua seri lumia bisa kecuali lumia 930, dan windows 10 phone sekarang masih tecnical preview

  • wah,om kiki NGNL Lovers

  • Muhammad Al-Kuch

    lumia 535 g bisa di zoom Kamera n nya

    • Gak bisa, karena fixed focus… (00)/

      • F Satriantoro

        koreksi, Oom Kiki… L535 itu kamera utamanya auto fokus. Kamera depan yg fixed.

        • Wah, iya bener. Berarti aku baca di kardusnya berurutan… :D
          Tapi kok dia gak support banyak camera app ya? Aneh juga nih…

  • YanDhika

    cie… mimin suka anime
    No Game No Life tah :v ?

    • Lumayan sih. Tapi lebih suka lagi sama Ai Kayano (Seiyuu-nya Shiro).
      Makanya aku punya gantungan kunci Shiro, Mashiro, dan lagi nyari chara yang disuarakan Kayanon lainnya :D

  • Kasyah Rahmatullah Takhier

    Hahahahaaa lucu deh..

  • Nurcahya

    Miminnya Anim Lover :v
    Min beli gantungan kayak gitu dimana? pengen beli gantugan anim kayaknya keren kalo di tempel di kunci motor :v

    • Aku beli pas ada even Jejepangan gitu.
      Di Malang umumnya ada tiga kali even besar dalam setahun. Japan Daisuki, IT, sama satunya lagi lupa. Belum lagi bunkasai di setiap SMA. (00)/
      Banyak yang jual di sana. Gantungan kunci, Nendo, figurin, dan sebagainya.

  • Ronz

    Bisa diakalin mke noise reduction e adobe express

    • Zulmi Kurniawan

      Gratisan om? Baru nyoba sight sih. Udah lumayan bgt noise reduction nya

      • Ronz

        Login mke fb atw google,ntar versi pro nya kebuka

  • Yossi

    hape saya disebut horree #L925