Home Phone Tips Fotografi Lumia: Apakah kamu butuh Living Image?

Tips Fotografi Lumia: Apakah kamu butuh Living Image?

Lumia high-end seperti 930 dan 1520 termasuk yang paling sering mendapatkan peningkatan fitur pada kamera. Masih ingat saat pertama kali 1520 diluncurkan. Masih belum ada 4K Video, Living Image, Rich Capture, pembaruan algoritma, dan lain-lain. Setelah berjalannya waktu, pembaruan kamera pun diberikan secara bertahap. Hasilnya, kamera yang jauh lebih powerful daripada saat pertama kali diluncurkan.

Tips Fotografi Lumia: Apakah kamu butuh Living Image?

Salah satu fitur yang mungkin “Sepele” adalah fitur Living Image. Dengan fitur Living Images, maka gambar yang diambil dengan Lumia Camera akan menampilkan efek “hidup” seperti animasi sesaat. Cara kerjanya adalah merekam momen beberapa saat tepat sebelum kamera mengambil gambar. Gambar yang dihasilkan akan terlihat seperti animasi GIF, namun sebenarnya itu bukan animasi, namun gambar.

Cara Mengaktifkannya

Untuk mengaktifkannya, yang kamu butuhkan adalah perangkat seperti Lumia 930 dan 1520 serta Lumia Camera dengan update terbaru. Cukup masuk ke pengaturan, lalu geser ke menu Foto. Di sana akan ada pengaturan Living Images atau Gambar Hidup. Ubah pengaturannya ke “Aktif”, lalu ambil gambar seperti biasa. Maka living image akan langsung aktif.

Tips Fotografi Lumia: Apakah kamu butuh Living Image?

Apakah kamu benar-benar butuh?

Memang, living images membuat gambar lebih menarik karena terlihat seperti animasi pendek yang atraktif. Namun, dibalik itu semua, mungkin kamu akan mempertimbangkan beberapa faktor sehingga akan memutuskan apakah kamu akan menggunakannya atau tidak.

Lebih lama

Living Image akan membuat pengambilan gambar sedikit lebih lama. Memang sih mungkin tidak sampai 1 detik lebih lama saat pengambilan, namun proses pengolahan gambarnya juga akan lebih lama. Nanum bagi saya pribadi, tidak ada masalah soal lamanya proses tersebut, toh memang hanya Lumia High-end saja yang mendukung fitur ini karena dukungan prosesor yang lebih cepat.

Tidak akan tersimpan

Living Image tidak akan bisa dibuka bila gambar dipindahkan ke perangkat lain yang tidak mendukungnya seperti ponsel lain atau bahkan PC. Living Image hanya bisa dibuka di perangkat yang mendukung Living Image dan hanya bisa dibuka melalui Lumia Camera. Sedangkan jika dibuka dari galeri foto, maka tidak akan bisa dibaca.

Memori lebih besar

Living Image sudah jelas membutuhkan memori yang lebih besar dari pada gambar biasa yang tanpa Living Image. Meskipun begitu, Lumia yang mendukung Living Images juga sudah dibekali dengan memori yang besar pula.

Bagaimana menurutmu?

Kalau menurut saya, tidak ada salahnya menyalakan Living Images meskipun prosesnya lebih lama, tidak akan bisa dibuka di perangkat lain, atau karena memori yang dibutuhkan lebih besar. Selama ini saya menyalakan Living Images dan semua berjalan normal hehehe. Jadi, apakah kamu suka dengan Living Images?

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia