Home News Telkom Blokir Netflix, Kenapa?

Telkom Blokir Netflix, Kenapa?

Netflix-WebBelum sebulan hadir di Indonesia, layanan streaming film dan serial TV, Netflix sudah diblokir oleh Telkom terhitung sejak hari ini (27/1/16) pukul 00.00 WIB. Kenapa?

Tak tanggung-tanggung, semua layanan internet yang dimiliki oleh Telkom, memblokirnya, mulai dari layanan Indihome, WiFi.id, dan Telkomsel. Telkom menjadi ISP pertama yang memblokir layanan streaming film populer ini.

Berikut yang terjadi ketika Winpoin mengakses Netflix dengan koneksi internet dari Telkomsel.

Netflix-Block

Lalu apa alasannya? CEO Telkom Alex J Sinaga mengungkapkan karena konten-konten di Netflix berisikan film-film yang belum disensor oleh Lembaga Sensor Film sesuai Undang-undang 33/2009 tentang Perfiliman.

“Kami Telkom Group proaaktif memblokir netflix sampai mereka memenuhi regulasi dan ketentuan lain yang berlaku di Indonesia,” ungkapnya.

“Kita blokir Netflix karena ingin melindungi konsumen”

“Kami Telkom Group proaaktif memblokir netflix sampai mereka memenuhi regulasi dan ketentuan lain yang berlaku di Indonesia,” tambahnya.

Sebelumnya, Direktur Consumer Telkom Dian Rachmawan mengungkapkan, Netflix harus diblokir karena tidak patuh terhadap aturan dan tidak terikat kerjasama dengan operator di Indonesia.

“Kita maunya kalau berbisnis itu harus mematuhi aturan Indonesia. Di luar negeri mereka (Netflix) lakukan kerjasama dengan beberapa operator, masa di sini tidak? Padahal, jika kerjasama dengan operator lokal banyak manfaat didapatkan kedua belah pihak,” terangnya.

Menkominfo Rudiantara mendukung langkah pemblokiran Netflix yang dilakukan oleh Telkom.

“Pertama, saya dukung aksi Telkom. Itu judgment bisnis mereka. Jadi, boleh saja,” ujar Pria yang biasa disapa Chief RA ini.

“Kalau pakai regulasi sensor, nanggung. Pakai penyiaran juga tak bisa akomodasi semua. Makanya kita mau keluarkan aturan yang komprehensif untuk Over the top (OTT) seperti Netflix ini yang melibatkan multi stake holder,” tambahnya.

Nah, apa perasaan kamu dengan pemblokiran Netflix ini? Tulis aja di kolom komentar dibawah ini…

via IndoTelko

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Televisi dan Teknologi? Why not both Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi