Home Tutorial Tips Mengoptimalkan Lumia 1020 untuk Menangkap Gerak

Tips Mengoptimalkan Lumia 1020 untuk Menangkap Gerak

Nothing Else Come Close

Pada masa kejayaannya, Lumia 1020 menyandang slogan tersebut dengan bangga, karena memang seakan tidak ada smartphone lain yang ‘dapat mendekati’ kemampuan kameranya, apalagi kalau kita berbicara masalah sensor yang disematkan pada kamera ponsel. Namun tak butuh waktu lama bagi para pesaing Nokia untuk berfokus pada apa yang menjadi kelemahan Windows Phone yang unik ini: kecepatan shutter speed dan pascapemrosesan foto.

Lumia 1020 memiliki ketajaman gambar yang susah dicari tandingannya, lossless zoom yang memungkinkan kamu memotret objek dengan detail, serta PureView Technology yang menjadikan gambar tetap jernih di situasi minim cahaya, namun shutter speed-nya  sangat lambat. Ketika memotret sebuah objek yang bergerak, kamu harus memperhitungkan sekitar sedetik atau dua detik ke depan untuk mendapatkan hasil yang tepat – Ditambah lagi kamu masih harus menunggu beberapa detik untuk pemrosesan sebelum bisa menjepretkan kameramu kembali. Tidak masalah untuk still photography atau fotografi objek diam. Tapi kalau kamu ingin memotret objek bergerak atau momen tertentu, tanpa latihan khusus dijamin kamu akan lebih sering kehilangan momen. Nah, untuk membantu Lumia 1020 memotret objek bergerak, ada tips yang bisa kamu manfaatkan!

Selain kamera, lensa, dan teknologi pengolahan yang mumpuni, Lumia 1020 memiliki satu lagi senjata: Xenon flash! Blitz milik Lumia 1020 hampir sama besarnya dengan kamera asli. Dengan lampu pendukung seterang itu, kamu bisa mengompensasi kelambatan shutter speed, sehingga kamu bisa menggunakan kecepatan tertinggi shutter speed untuk menangkap objek bergerak.

Ingat kembali dasar-dasar fotografi: Semakin lambat shutter speed, berarti semakin banyak cahaya masuk, sehingga foto akan semakin terang. Sebaliknya, semakin cepat shutter speed, berarti cahaya yang masuk akan semakin sedikit, sehingga foto akan semakin gelap. Namun ini bukan masalah jika kamu memotret sebuah objek menggunakan flash yang sangat terang. Sedikitnya cahaya yang masuk akan digantikan oleh lampu kilat perangkatmu.

Lalu bagaimana komposisi terbaik untuk melakukan hal ini? Blogger dan Enthusiast Windows Phone yang saya kagumi, Steve Litchfield, melakukan penelitian terkait berbagai komposisi paduan shutter speed dan Xenon flash, sehingga mendapatkan hasil terbaik untuk memotret objek bergerak.

Penelitiannya menemukan fakta bahwa, jika kamu ingin memanfaatkan Lumia 1020 untuk menangkap objek bergerak yang tidak ekstrim – Dalam artian hanya untuk ‘membekukan’ gerakan normal hewan atau manusia, dalam situasi cahaya yang cukup, maka yang terbaik adalah menyetel shutter speed kamu di angka 1/125. Oya, jangan sampai lupa untuk mengaktifkan flash, karena inilah yang berperan besar dalam membantu kamu ‘menghentikan’ gerakan objek yang ingin kamu ambil gambarnya.

Bagaimana setting lainnya? Jangan khawatir, setelah kamu mengatur shutter speed di angka tersebut, pengaturan lain seperti ISO, white balance dan sebagainya akan menyesuaikan secara otomatis. Kamu tinggal mengatur fokus untuk memotret objekmu. Pengaturan fokus ini pun akan lebih mudah karena LED yang menyala dapat menjadikan kamu mengunci fokus lebih cepat. Oya, kamu mungkin akan melihat ikon lain (seperti ISO) menjadi merah, ini bukan masalah. Algoritma software kamera akan menyesuaikan diri dan mengatur komposisi ISO yang tepat untuk pengaturan shutter speed yang kamu tetapkan.

Satu tips lagi, jika kamu ingin lebih cepat mengambil gambar, maka fixed focus bisa membantu kamu. Jika kamu sudah punya perkiraan jarak objek yang akan kamu ambil gambarnya, maka memasang fokus secara manual di jarak tertentu akan menjadikan kamera kamu bisa mengambil gambar lebih cepat (karena dia tidak perlu lagi memproses fokus).

Shutter speed 1/125 didukung oleh Xenon flash serta pengaturan fokus yang baik akan memungkinkan kamu mengambil gambar objek bergerak yang lebih tajam dan jernih. Saya melakukan percobaan untuk memotret berbagai objek bergerak dengan komposisi tersebut, dan kamu dapat melihat hasilnya pada galeri foto di bawah ini.

Nah, dengan trik tersebut, kamu akan sedikit mengatasi kelemahan Lumia 1020 untuk mengambil gambar objek bergerak secara tepat. Dengan demikian, kamu dapat lebih mengoptimalkan perangkat dengan hardware kamera luar biasa ini. Punya tips lain untuk sukses memotret objek bergerak dengan nyaman? Sumbangkan pendapat kamu di kolom komentar!

Bonus: Dengan Xenon flash Lumia 1020, kamu akan dengan mudah mengambil gambar Mbak Sasha Blouse yang sedang asyik bercengkerama dengan lelaki dalam kerdus di sebelahnya – Jangan lupa musim depan Shingeki no Kyojin tayang kembali!

Sumber:

Phone Photography Plateau

How to take sharper, crisper Xenon flash photos on the Lumia 1020

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta