Twitter baru saja mengeluarkan fitur baru yang nampaknya bakal memanaskan perang perangkat smartphone. Salah satu media sosial favorit anak muda ini kini menambahkan potongan informasi yang menunjukkan client yang mengirimkan twit, dalam artian: Kini Twitter menampilkan dari mana kamu ngetwit, apakah dari ponsel, aplikasi khusus, website, atau software pihak ketiga tertentu.

Fitur ini sebenarnya sudah lama dapat diakses melalui aplikasi TweetDeck. Kamu bisa melihat dari perangkat atau aplikasi apa twit tertentu. Namun Twitter nampaknya mengambil kebijakan yang lebih ekstrem, yaitu kamu kini bisa melihat informasi tersebut di aplikasi resmi Twitter untuk perangkat apa pun, atau melalui aplikasi PWA Twitter.

Jika kamu membuka twitter mobile atau Twitter PWA, maka kamu tinggal membuka twit tertentu untuk mengetahui perangkat atau aplikasi yang digunakan untuk ngetwit.

Hal yang sama berlaku untuk aplikasi Twitter resmi untuk Windows, iOS, Android, maupun MacOS.

Namun ternyata, jika kamu membuka Twitter Web melalui tautan twitter.com, ternyata kamu belum dapat melihat client twit atau asal twit tertentu. Hal yang sama terjadi jika kamu mencoba embed twit tertentu ke website. Twit yang ditampilkan tidak akan menyertakan informasi tersebut.

Apa manfaatnya ini? Netizen di seluruh dunia menuduh Twitter melakukan diskriminasi dan mencoba menjatuhkan martabat pengguna Android. Bisa dimaklumi karena brand image Apple yang prestisius, maka sepertinya ada kebanggaan tersendiri kalau ‘ketahuan’ ngetwit dari perangkat iOS. Terlebih lagi, memang Twitter sepertinya agak ‘menganaktirikan’ Android. Informasi untuk perangkat iOS dituliskan dengan lebih detail seperti “Twitter for iPhone” dan “Twitter for iPad”, akan tetapi untuk perangkat Android hanya disebutkan secara global saja, “Twitter for Android”. Netizen seluruh dunia nampaknya bereaksi agak panas terhadap kebijakan ini, sebagaimana dapat dilihat dari beberapa twit berikut.

Bagaimana pendapat kamu? Apakah benar menurut kamu media sosial yang satu ini makin memperparah adu gengsi yang terjadi di kalangan pengguna smartphone? Ungkapkan pendapat kamu di kolom komentar.

 

 

Sumber: Techcrunch

  RIP Windows Phone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.