Seminggu lalu, Winpoin mengulas tentang update kumulatif darurat karena masalah Internet Explorer. Memang Microsoft sudah memberikan update kumulatif yang bertujuan untuk mengatasi masalah ini. Namun, karena memang Microsoft bukan pegadaian yang jago menyelesaikan masalah tanpa masalah, muncul laporan baru bahwa patch tersebut menimbulkan permasalahan yang gawatnya sampai menjadikan beberapa laptop spesifik dari produk Lenovo mengalami gagal booting!

Secara khusus, disebutkan bahwa laptop yang terdampak oleh masalah ini memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Laptop produk Lenovo
  2. Memiliki RAM kurang dari 8 GB
  3. Menjalankan build Anniversary Update (1607)

Jadi jika laptop kamu memiliki ‘klasifikasi’ sebagaimana tersebut di atas, maka kamu boleh mulai berdebar-debar tanpa perlu jatuh cinta.

Untungnya, ada cara untuk melakukan bypass terhadap proses booting tersebut dengan masuk ke UEFI lalu menonaktifkan Secure Boot. Perlu diperhatikan juga bahwa jika BitLocker diaktifkan, maka kamu harus melewati BitLocker recovery setelah menonaktifkan Secure Boot.

Setelah menginstal KB4467, Windows mungkin gagal menyala di beberapa laptop Lenovo yang memiliki RAM kurang dari 8GB Restart mesin yang terdampak menggunakan Unified Extensible Firmware Interface (UEFI). Nonaktifkan Secure Boot, kemudian restart.

Jika BitLocker diaktifkan di mesin kamu, mungkin kamu harus melalui BitLocker recovery setelah Secure Boot dinonaktifkan.

Microsoft sedang bekerja sama dengan Lenovo untuk memberikan update guna memperbaiki ini di rilisan selanjutnya

Saat ini, Microsoft sedang bekerja sama dengan Lenovo untuk mengatasi permasalahan ini. Jika kamu terdampak oleh masalah di atas, kamu perlu menerapkan trik yang saya ungkap di atas sembari menunggu perbaikan (lagi) dari Microsoft.

 

 

Sumber: HowtoGeek

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.