Hmm seperti biasa kali ini saya akan membahas sebuah opini dan pengalaman saya dalam dunia perwindowsan, karena banyak juga yang bertanya kepada saya di Twitter, rata rata pertanyaanya mirip mirip seperti ini “kalo saya punya budget segini, mending upgrade RAM apa SSD dulu ya?”. Nah kali ini saya akan bahas disini, poin poin penting dalam masalah upgrade dua perangkat tersebut.

RAM! Apa Itu RAM?

RAM bertugas sebagai cache yang sangat cepat untuk CPU kamu dan sebagai penyimpanan data yang sangat sedikit dibandingkan HDD atau SSD. Ia hanya menyimpan data sementara dari kinerja sistem operasi dan data dari aplikasi yang sedang kamu gunakan.

Semakin banyak RAM yang kamu miliki, semakin cepat kamu mengakses apapun. Seperti yang sudah dikatakan di atas, RAM tidak menyimpan data secara permanen, ketika tidak ada aliran listrik yang masuk seperti saat kamu mematikan komputer, data yang disimpan di RAM akan hilang. (Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel Winpoin Berikut : Inilah Hal Dasar yang Harus Kamu Ketahui Tentang Memory RAM)

Poin intinya, dengan semakin besar RAM, kamu bisa semakin cepat mengakses apapun, maksudnya itu bukan seberapa cepat buka aplikasi dan file di Windows ya, namun lebih kearah seberapa banyak multitasking yang bisa dikerjakan oleh perangkat yang kamu gunakan, jadi misalkan nih saya menggunakan RAM 12 GB, dengan ukuran seperti itu, saya bisa membuka Tab di Chrome hingga Puluhan, dan membuka banyak aplikasi sekaligus. Jika RAM digunakan misalkan 4GB kebawah, diambil oleh system sekitar 1.5 – 2 GB maka sisa sekitar 2 GB, belum lagi RAM yang di Shared dengan VGA, jadi dengan RAM yang kecil tentunya akan sedikit mengurangi produktifitas dalam bermultitasking.

Lalu berapa RAM yang dibutuhkan untuk perangkat Windows 10? Dari pengalaman saya, menggunakan RAM 8 GB sudah sangat cukup jika hanya ingin menggunakan keperluan harian, seperti Browsing, Nonton Youtube, Edit Photoshop, atau Edit Videp Ringan, Main Game juga usah lumayan lah, namun itu tentunya sesuai dengan kebutuhan kamu juga, kamu punya RAM gede gede buat apa kalo cuma dipake buka Office, sama buka Google Chrome buat internetan.

Update RAM atau SSD Mending Pilih Mana
Pemakaian RAM sehari hari

Untuk saya sendiri, Windows 10 ketika Startup sudah memakan RAM sekitar 2.4 – 3 GB, dengan alasan inilah saya suka dengan Linux. Keluhan seputar RAM bisa kamu baca disini.

SSD? Apaan Tuh?

Nah kali ini masuk ke segmen SSD yang memang menurut saya komponen ini juga sangat penting untuk Windows 10 yang memang sering bermasalah dengan Disk Usage 100%, terutama untuk HDD dengan Speed 5400 Rpm. Kamu bisa membaca artikel yang telah saya tulis di Winpoin (Alasan Kamu Harus Pake SSD di Windows 10).

SSD (Solid State Drive) merupakan sebuah media penyimpanan tanpa piringan yang berputar didalamnya, berbeda dengan HDD yang ada piringannya, Isi didalam SSD hanya terdapat chip memori yang biasa kita temukan di flash disk. Sehingga. Ya intinya gitulah. Dengan SSD proses baca tulis dari data di Windows menjadi lebih cepat, apalagi jika kamu menggunakan NVME SSD.

Dengan Menggunakan SSD ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan, diantaranya (Gak ada Disk Usage 100% kecuali sedang bekerja berat, Booting Windows 10 Super Cepat, Windows Update jadi ngerasa gak ngeganggu “kecuali kuota abis”, ya banyak deh ), masalah ini bisa kamu lihat lebih lengkap pada artikel (Alasan Kamu Harus Pake SSD di Windows 10).

Update RAM atau SSD Mending Pilih Mana

Dari pengalaman saya sendiri, setelah saya menggunakan SSD saya gak pengen lagi pake HDD sebagai penyimpanan System, karena emang kerasa banget bedanya. Nah ukuran SSD yang saya rekomendasikan 240GB aja udah cukup banget deh, saya juga cuma kepake 40 GB dari 240 GB (Termasuk System dan Aplikasi).

Update RAM atau SSD Mending Pilih Mana

RAM vs SSD

Masuk ke pembahasan utama, sekarang kamu harus pilih upgrade RAM apa SSD terlebih dahulu? berdasarkan poin diatas, sudah bisa ditentukan ya, kamu sebenarnya saat ini butuh apa dulu, jika kamu butuh membuka banyak aplikasi dalam satu waktu (Multitasking) tanpa adanya Lag, Not Responding karena RAM penuh, maka pilihlah RAM, karena semakin besar RAM, maka semakin banyak juga aplikasi yang bisa kamu buka bersamaan. 8 GB Aja udah cukup kok. Selain itu, jika kamu ingin mendapatkan kecepatan yang maksimal, anti Lag, buka aplikasi cepat, booting cepat, langsung aja pilih SSD, dijamin mantap deh.

Misalkan begini Kamu memiliki sebuah perangkat Windows 10 dengan konfigurasi berikut :

1#. Mesin A : RAM 4 GB, SSD 240 GB (Maka baca tulis data akan cepat, performa Windows akan maksimal, dan jika kamu membuka banyak aplikasi tapi RAM cuma 4 GB, tenang disinilah fungsi dari Pagefile akan bekerja) Lebih lengkap tentang Page File bisa kamu baca pada halaman Winpoin : Apa Windows Page File Itu?? Haruskah Diaktifkan?. Dengan adanya Page File atau di Linux itu SWAP, maka setidaknya RAM akan sedikit terbantu oleh Page File ini, apalagi dengan proses baca tulis SSD yang cepat.

Update RAM atau SSD Mending Pilih Mana

Update RAM atau SSD Mending Pilih Mana

2#. Mesin B : RAM 8 GB, HDD (Dengan konfigurasi ini udah bagus, multitasking bisa lebih lancar dibandingkan dengan Mesin A tadi, namun kekurangannya, baca tulis data akan lebih lambat, apalagi jika kamu misalkan menggunakan HDD untuk Windows 10, dan menjalankan Game secara bersamaan, maka prosesnya akan lebih terasa lagi, dan tentunya akan mengurangi rasa dan performa perangkat yang digunakan).

Kesimpulan

Pengen multitasking pilih RAM, performa baca tulis cepat, pilih SSD, kamu banyak duit, pilih dua duanya. Ingat, sesuaikan dengan kebutuhan kamu, jangan memaksakan jika memang tidak terlalu dibutuhkan. Karena apalah arti mesin yang maksimal jika tidak ada value yang didapatkan. 😊

Jadi RAM apa SSD?

  Ada yang Aneh di Xiaomi Mi A3  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.