Apakah kamu bertanya-tanya mengapa perangkat Windows 10 Mobile kamu lama tidak mendapatkan update software? Meskipun kita telah lama tahu bahwa proyek Windows 10 Mobile tidak akan lagi dilanjutkan setelah berakhirnya masa support yang diperkirakan adalah Desember 2019, namun umumnya perangkat ini masih terus menerima update rutin untuk software, terutama untuk pengguna Insider yang biasa mendapatkan pembaruan tiap minggu, sehingga pengguna Windows 10 Mobile masih terus berharap akan perubahan rencana Microsoft terkait hal ini. Namun harapan tersebut pupus setelah adanya konfirmasi terkini dari salah satu anggota tim program Microsoft Insider.

Brandon LeBlanc, salah seorang anggota tim Microsoft Insider menegaskan bahwa tidak akan ada build yang hadir dalam waktu dekat ini.

Para penggemar Windows 10 Mobile yang penasaran tentang maksudnya (karena biasanya OS mobile Microsoft ini mendapatkan update mingguan), mengejar Brandon untuk menjelaskan kalimat tersebut.

Dalam sebuah penjelasan singkat, Brandon menyatakan bahwa untuk Windows 10 Mobile, sudah tidak akan ada fitur baru yang ditambahkan. Meskipun demikian, Windows 10 Mobile akan tetap menerima update keamanan secara rutin.

Dari penjelasan tersebut, Steve Litchfield, seorang blogger yang menulis khusus tentang Windows Phone mengutarakan analisisnya bahwa memang ini sesuai dengan rencana Microsoft bahwa tidak akan ada penambahan fitur baru di Windows 10 Mobile. Kesimpulan Steve adalah:

  •  Ring Fast Insider masih digunakan saat ini untuk mencoba update baru bagi aplikasi inti Windows 10 (Skype, Outlook, Maps, dsb). Tapi dijamin kamu akan mendapatkan update ini setelah masuk status ‘produksi’ yang mungkin hanya berselisih satu-dua minggu dengan Fast Insider.
  •  Patch Tuesday dirilis bulanan ke semua ring, kecuali jika ada masalah keamanan yang mendesak seperti kasus Spectre dan Meltdown yang lalu.

Dengan demikian, Insider yang biasanya menerima update rutin tidak akan lagi mendapatkan update mingguan, akan tetapi mungkin juga sebulan sekali. Dapat disimpulkan bahwa menjadi Insider tidak akan lagi bermanfaat karena tidak ada lagi fitur yang dapat diintip terlebih dahulu. Sebaliknya, akan lebih baik jika dalam sisa masa support ini, jika kamu masih menggunakan Windows 10 Mobile, gunakanlah jalur utama atau build “Production”, karena software yang dirilis ke sana sudah lebih stabil dan minim bug.

Punya tips lain untuk menyikapi situasi Windows 10 Mobile? Tuangkan pendapat kamu di kolom komentar!

via All About Windows Phone

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.