uTorrent Dianggap Malware oleh Microsoft — dan Banyak Antivirus Lainnya

Siapa sih yang gak kenal dengan uTorrent? Terinstall di jutaan PC, uTorrent merupakan Torrent client paling populer yang banyak dipakai oleh pengguna Windows. Tetapi mulai beberapa hari terakhir ini, Microsoft dan berbagai vendor antivirus lain mulai menganggap uTorrent sebagai malware.

Pengguna uTorrent di Windows banyak yang melaporkan bahwa uTorrent tiba-tiba dideteksi oleh Windows Defender dan beberapa antivirus lainnya sebagai malware.

Windows Defender misalnya, menganggap uTorrent sebagai Potentially Unwanted Software dengan warning PUA:Win32/uTorrent — yang dari penjelasan Microsoft merupakan aplikasi dengan reputasi rendah dan merusak experience kamu dalam menggunakan PC. Hasilnya, Windows Defender memblokir uTorrent dari menggunakan koneksi internet sehingga tidak fungsional lagi.

BitTorrent Inc. selaku pembuat uTorrent menyatakan bahwa hal ini merupakan false positive — alias merupakan salah deteksi dari antivirus.

Masalah ini berawal di versi uTorrent terbaru yang tiba-tiba dianggap sebagai malware oleh Windows Defender dan berbagai antivirus lain seperti ESET-NOD32, TrendMicro, dsb. Namun meskipun mendera uTorrent versi terbaru, masalah ini tidak hanya dialami di instalasi uTorrent baru saja. Berbagai pengguna lawas uTorrent juga menyatakan mengalaminya — kemungkinan setelah melakukan terjadi update otomatis uTorrent ke versi terbaru.

Saat WinPoin cek, masalah ini tidak muncul di PC testing WinPoin yang menggunakan Windows 10. uTorrent tetap bisa diinstall dan digunakan dengan normal. Tetapi memang begitu WinPoin cek di VirusTotal, hasilnya uTorrent versi terbaru terdeteksi sebagai malware dan adware oleh 6 engine antivirus — termasuk Windows Defender milik Microsoft (klik disini untuk hasil deteksi VirusTotal)

uTorrent Dianggap Malware oleh Microsoft — dan Banyak Antivirus Lainnya

Sebenarnya meskipun uTorrent memang merupakan aplikasi Torrent Client yang sangat bermanfaat dan bisa diandalkan, jika kamu hanya pencet next next saja dan tidak teliti saat proses instalasi, maka PC kamu bakal terinstall dengan toolbar dan aplikasi lain yang tidak kamu perlukan. Mungkin hal inilah yang menjadi dasar bagi beberapa antivirus engine untuk mendeteksinya sebagai adware.

Bagaimana dengan kamu, apakah uTorrent di PC kamu juga terdeteksi sebagai malware? Bagikan experience kamu disini.

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.